Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector dan Penyebab Harddisk Bad Sector

HARDDISK merupakan media penyimpanan yang sering kita manfaatkan dan berfungsi untuk menyimpan berbagai file dan data penting yang kita miliki, baik itu gambar, video maupun lagu.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector dan Penyebab Harddisk Bad Sector

Namun, ada masanya dimana harddisk mengalami bad sector. Nah, apa itu bad sector? Pengertian bad sector adalah suatu keadaan dimana salah satu sektor yang terdapat di dalam harddisk mengalami kerusakan, sehingga menganggu segala proses yang dikerjakan oleh harddisk.

Penyebab Harddisk Bad Sector


Rasanya kurang afdol kalau kita tidak membahas faktor dan penyebab, serta alasan mengapa harddisk mengalami bad sector. Jadi, setidaknya ada 7 penyebab harddisk mengalami bad sector, yakni:

  • Komputer dan laptop mati secara mendadak atau tiba-tiba tanpa melalui proses yang sudah ditentukan
  • Perangkat tidak pernah di maintenance, yakni tidak pernah melakukan proses defragmenter harddisk
  • Adanya kaitan terhadap serangan virus
  • Umur harddisk yang sudah terlalu lama
  • Daya tegangan dari power supply yang diberikan tidak beraturan, kadang berlebihan dan kadang kekurangan
  • Harddisk terkena medan magnet atau terlalu berdekatan dengan benda-benda yang mempunyai unsur magnet sehingga efeknya berimbas terhadap harddisk; dan
  • Human error, yakni istilah yang menggambarkan seorang manusia melakukan kesalahan terhadap harddisk, seperti terjatuh atau terkena air.

Nah, itu dia penyebabnya. Jika Anda punya faktor dan penyebab lainnya, silahkan ditambahkan dikolom komentar. Sekarang, mari berlanjut ke inti pembahasan artikel ini.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector


Jadi, untuk memperbaiki harddisk yang mengalami kerusakan bad sector, Anda wajib men-download sebuah program aplikasi dimana aplikasi ini nantinya akan memulihkan dan memperbaiki kerusakan yang terjadi. Nama aplikasi tersebut adalah EASUS Partition Manager.

Perlu diketahui, blog ini tidak menyediakan link URL dimana link tersebut mengarah ke tempat download program tadi. Jadi, Anda harus mencarinya secara mandiri.

Katakanlah Anda sudah menemukan dan meng-install program EASUS Partition Manager tadi di perangkat komputer atau laptop Anda, selanjutnya adalah menjalankannya seperti biasa.

Pilih salah satu partisi dari disk drive yang Anda kira-kira sudah terkena bad sector, klik kanan untuk tombol delete dan pilih DELETE PARTITION untuk menghapus partisi tersebut. Pilih tombol Apply, selesai.

PERINGATAN

Sebelum proses pemulihan bad sector diatas dilakukan, alangkah baiknya jika Anda memindahkan beberapa file dan data yang Anda anggap penting. Istilah ini dikenal dengan sebutan Backup File & Data.

Itu pun jika memungkinkan bagi Anda untuk masuk ke sistem operasi seperti biasanya. Jika tidak bisa, maka resikonya akan mengalami kehilangan data secara permanen. Good luck!

0 Response to "Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector dan Penyebab Harddisk Bad Sector"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.