7 Cara agar Baterai Laptop tidak Cepat Habis ketika Digunakan oleh Kita

BATERAI adalah salah satu komponen terpenting yang ada diperangkat laptop. Tanpa baterai, sebuah laptop tidak akan bekerja, bahkan untuk menyalakan laptop pun tidak bisa. Sebegitu pentingnya komponen ini.


7 Cara agar Baterai Laptop tidak Cepat Habis ketika Digunakan oleh Kita

Masih terkait baterai, dibawah ini Anda akan diberi penjelasan lengkap tentang panduan bagaimana cara agar baterai laptop tidak cepat habis ketika digunakan oleh kita sebagai pengguna atau user laptop.

Panduannya sangat mudah sekali, di simak baik-baik ya gaes.

7 Cara agar Baterai Laptop tidak Cepat Habis


#1. (DISABLE) MEMATIKAN BEBERAPA FUNGSI INTERNAL

Fungsi internal yang dimaksud adalah bluetooth, wireless, koneksi tethering dari HP dan hal-hal serupa. Tujuannya agar RAM tidak bekerja semaksimal mungkin padahal Anda sendiri tidak membutuhkannya.

#2. MENGURANGI CAHAYA LAYAR LAPTOP

Tinggi atau rendahnya kecerahan cahaya dari layar laptop itu mempengaruhi daya tahan baterai itu sendiri. Semakin cerah cahaya yang dihasilkan, maka akan memperberat proses kinerja dari perangkat laptop.

#3. NONAKTIF PROGRAM APLIKASI YANG TIDAK DIGUNAKAN

Bagi Anda yang baru saja memiliki laptop tentu merasa kebingungan mengapa dan apa penyebab daya tahan baterai laptop cepat habis. Ini wajar karena Anda baru saja mengenal dan memiliki perangkat laptop.

Program aplikasi yang terlalu banyak berjalan dalam satu waktu memberikan efek dan dampak yang cukup tinggi terhadap daya tahan baterai. Maka dari itu, matikan aplikasi yang tidak Anda gunakan di saat itu.

Caranya sangat mudah, yakni:

Masuk ke Task Manager > pilih dan tentukan salah satu program aplikasi yang akan dimatikan > selanjutnya adalah pilih tombol End Task. Sampai disini sudah selesai.

#4. EJECT MEDIA EKSTERNAL

Pada faktanya media eksternal itu sangat banyak, seperti flashdisk, DVDROM eksternal dan HDD eksternal. Jika Anda tidak menggunakannya, silahkan lepas media eksternal tersebut.

Lagian, untuk apa dihubungkan ke laptop sedangkan Anda tidak menggunakannya, iyakan? :)

#5. HINDARI LAPTOP KEPANASAN

Laptop yang mengalami kepanasan, istilahnya adalah overheat, merupakan biang kerok dari penurunannya daya tahan baterai.

Solusi agar daya tahan baterai tidak cepat habis adalah pastikan bahwa laptop tidak mengalami kondisi kepanasan. Jika memungkinkan, silahkan beli dan pasang FAN eksternal atau kipas angin yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah.

#6. MEMANFAATKAN POWER SAVING MODE

Power Saving Mode adalah salah satu tools yang sediakan oleh sistem operasi mana pun, fungsi dari power saving mode ini adalah mengatur software yang sedang berjalan, misalnya kapan layar akan dimatikan (baik standby atau terkunci).

Jika Anda bisa mengatur power saving mode dengan benar dan tepat, serta sudah sesuai dengan kebutuhan Anda, maka inilah salah satu solusi terbaik yang bisa Anda coba.

#7. DEFRAGMENTER HARDDISK

Pengertian apa itu defragmenter harddisk adalah merapatkan kembali file-file atau data-data yang terpecah belah di dalam harddisk. File-file yang terpecah itu akan disatukan kembali oleh sistem operasi.

Untuk menyatukan file dan data yang terpecah itulah yang membuat sistem laptop bekerja lebih keras tidak seperti biasanya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan defragmenter harddisk.

Caranya seperti berikut:

Windows > All programs > Accessories > System Tools > pilih Disk Defragment.

Disini adalah saatnya Anda melakukan defragment terhadap harddisk, pastikan proses defrag-nya dilakukan satu per satu (partisi).

KESIMPULAN

Intinya begini, tutorial diatas menjelaskan tentang cara menghemat baterai laptop agar tidak cepat mati ketika digunakan. Jadi, ini bukan tentang perawatan atau cara merawat baterai agar awet dan tahan lama. Punya komentar gaes? Good luck!

0 Response to "7 Cara agar Baterai Laptop tidak Cepat Habis ketika Digunakan oleh Kita"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.