Matched Content: Iklan Google AdSense seperti Artikel Terkait (Related Post)

PERNAH melihat iklan google adsense seperti artikel terkait atau related post dibagian akhir posting blog? Nah, itulah yang dinamakan Matched Content atau Iklan Konten Sesuai.

Matched Content: Iklan Google AdSense berupa Artikel Terkait (Related Post)

Iklan Matched Content sendiri memiliki tampilan yang cukup unik. Untuk contohnya, kita bisa melihat gambar diatas. Itulah tampilan adsense Matched Content.

Matched Content: Iklan Google AdSense seperti Artikel Terkait (Related Post)


Jika dijelaskan lebih sederhana, matched content sendiri adalah konten yang tersesuaikan. Dikalangan blogger, istilah ini dikenal juga dengan sebutan related post, atau daftar artikel yang memiliki label/kategori yang sama dengan postingan yang sedang kita baca.

Yang membedakan iklan adsense matched content dengan iklan adsense pada umumnya, yakni memiliki tampilan yang cukup unik dan begitu menarik. Intinya, tampilannya sudah diatur sedemikian rupa oleh Google.

Sejarah iklan google adsense matched content ini berawal pada tahun 2015 lalu melalui laman bantuan Google. Masalahnya, informasi yang berkaitan langsung dengan iklan matched content tidak dibahas secara detail, ala kadar dan begitu sederhana.

***

Pengertian matched content adalah iklan google adsense yang diberikan oleh Google kepada suatu blog, secara khusus dan eksklusif bagi blog atau situs yang memiliki trafik organik yang sangat tinggi.

Bukan hanya itu saja, melainkan website tersebut memiliki banyak konten, serta berbagai faktor dari hal-hal lainnya yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan apakah sebuah website layak mendapatkan dan menampilkan iklan Matched Content atau tidak sama sekali.

Maka dari itu, untuk bagaimana cara mendapatkan iklan Matched Content ini dan menampilkan iklan google adsense seperti artikel terkait atau related post di blog, perlu diketahui ada beberapa kriteria atau ciri-ciri blog yang memiliki kelayakan pemasangan iklan Matched Content ini, diantaranya adalah:

  1. Trafik organik yang tinggi
  2. Memiliki artikel yang sangat banyak dan konten berkualitas; dan
  3. Hal-hal lainnya yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan kelayakan dari iklan Matched Content ini.

Sebenarnya saya tidak tahu persis bagaimana tutorial pemasangan iklan google adsense model Matched Content di blog.

Menurut hasil observasi yang saya lakukan, kita akan dihubungi oleh pihak Google melalui email adsense. Nah, di email itu nantinya kita akan mendapatkan informasi bahwa blog kita telah mendapatkan fitur iklan adsense matched content ini, serta akan diberi penjelasan langkah-langkah cara pemasangan iklan Matched Content di blog.

  1. Pilih menu My Ads
  2. Lalu cari unit iklan Matched Content atau Iklan yang Sesuai
  3. Silahkan tempatkan iklan tersebut di blog > simpan.

Penempatan iklan Matched Content bisa ditempatkan di bawah artikel atau sebelum related post, bisa juga dipasangkan di sidebar atau samping blog.

Fungsi Iklan Matched Content AdSense


Apakah iklan matched content ini menghasilkan earning di blog? Jawabannya tentu tidak, itulah yang sangat disayangkan oleh kita. Namun, ada tapinya. Melalui iklan matched content ini, blog akan mengalami peningkatakan dari sisi pageviews blog.

Jika dipikir-pikir, dari situlah earning yang akan kita dapatkan, dan tentunya akan bertambah secara terus menerus. Hal ini berdasarkan RPM iklan dari penayangan iklan di blog kita yang terus bertambah seiring banyak yang mengklik iklan matched content milik kita.

Mau mendapatkan iklan istimewa ini? Bekerjalah dengan giat dan niat yang tulus, insya allah blog akan mengalami peningkatakan dari sisi trafik organik! Good luck.

Sumber:

http://adsense.blogspot.co.id/2015/04/introducing-matched-content.html
https://support.google.com/adsense/answer/6111336?hl=en
https://support.google.com/adsense/answer/6111393?hl=en
http://juragancipir.com/forums/topic/cara-buat-artikel-terkait-dari-iklan-google-adsense-gimana/

3 Responses to "Matched Content: Iklan Google AdSense seperti Artikel Terkait (Related Post)"

  1. ternyata harus punya trafiq tinggi ya..
    pantesan ane cari2 gak ada...

    ReplyDelete
  2. gan mau nanya nih gan. cara menerapkan iklan nya di blog gemna ya gan, kode script apa yang harus di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosesnya seperti ini gan, kurang lebih... Kita dapet email dari Google. Kita diberi sebuah kode HTML dan nantinya kode ini kita pasang langsung di widget via Layout Blogger.

      Gak semua orang memperoleh Matched Content karena iklan jenis ini hanya khusus untuk web blog, situs atau website yang sangat bagus.

      Delete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).