3 Cara Membuat Password yang Kuat agar EMAIL Tidak Mudah Dibobol

PASSWORD itu sifatnya keamanan untuk privasi Anda. Jika password tidak kuat maka akan sangat mudah dibobol dan diretas oleh hacker (lebih tepatnya cracker). Apalagi password yang digunakan, dipasangkan di email Anda.

3 Cara Membuat Password yang Kuat agar EMAIL Tidak Mudah Dibobol

Email yang Anda gunakan saat ini mungkin saja terhubung ke beberapa akun sosial media Anda seperti Facebook, Twitter, Path dan Instagram.

Maka dari itu, jika Anda kehilangan email, lupa password atau email Anda dicuri oleh orang lain, maka akan sangat berdampak buruk terhadap keamanan dan privasi Anda. Bukan hanya itu saja, melainkan akun sosial media Anda tadi juga akan kehilangan akses untuk selamanya.

Tentu persoalan yang awalnya tampak mudah menjadi sulit karena email Anda mudah di retas. Penyebabnya hanya satu, yakni password yang Anda miliki tidak kuat sehingga mudah untuk di bobol dan di retas.

3 Cara Membuat Password yang Kuat agar EMAIL Tidak Mudah Dibobol


Intinya begini, pembahasan ini dibuat agar password email Anda tidak semata-mata sulit di retas oleh orang lain, melainkan untuk menebaknya pun sangat sulit. Berikut tips dan trik cara membuat password yang kuat.

#1. LANGKAH PERTAMA: Menggunakan Varian Huruf

Mengkombinasikan huruf besar (kapital) dan kecil merupakan hal pertama kali yang perlu Anda ketahui. Cobalah untuk membuat akun GMAIL dan lihat, pasti Anda disuruh untuk memasukkan dan menggabungkan huruf besar dan kecil.

Contoh password yang kuat: AkuGanteng.

#2. LANGKAH KEDUA: Menggunakan simbol unik di password

Demi keamanan yang kuat, sudah seharusnya Anda menggabungkan simbol-simbol unik ke dalam password. Bahkan, para para ahli dan pakar di bidang keamanan di dunia pun menyarankan agar Anda menggabungkan simbol unik di password.

Mengapa demikian? Simbol-simbol unik dan menarik ini sangat sulit terbaca dan terdeteksi oleh program-program jahat yang berfungsi mencuri password orang lain, seperti Keylogger.

Contoh password yang kuat: AkuGanteng!@#$% atau !Aku@#$Ganteng.

#3. LANGKAH KETIGA: Menggunakan angka

Kombinasi password dengan menggunakan angka pun juga menjadi perhitungan para pakar dan ahli di bidang keamanan email Anda.

Contoh password yang kuat: AkuGanteng2015dan2016.

KESIMPULAN

Silahkan kombinasikan ketiga cara diatas menjadi satu password yang kuat. Pastikan pula, hindari dan jangan pernah menggunakan satu password yang sama untuk semua akun. Tiap-tiap akun seperti instagram, facebook maupun twitter harus menggunakan password yang berbeda.

Silahkan simak pembahasan dari om-om dibawah ini:


Jika berbicara tentang fungsi, manfaat dan tujuan membuat password email yang kuat adalah menghindari, mengatasi dan mengantisipasi yang namanya pencurian password terhadap akun Anda. Ini semua untuk keselamatan akun Anda. Good luck!

0 Response to "3 Cara Membuat Password yang Kuat agar EMAIL Tidak Mudah Dibobol"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.