4 Cara Mudah Mengatasi Hijack di Browser Lengkap

KOMPUTER dan laptop yang digunakan untuk browsing seringkali mengalami lemot, lambat dan bahkan macet tanpa disadari disebabkan karena hijack di browser.

4 Cara Mudah Mengatasi Hijack di Browser Lengkap

Ada beberapa ciri-ciri dan gejala sebuah browser terkena hijack, diantaranya adalah homepage browser berubah, add-on yang terinstall dengan sendirinya, banyak toolbar di browser, banyaknya inject iklan disaat browsing dan search engine berubah secara otomatis.

Sebelum membahas cara mengatasi hijack di browser dengan panduan lengkap dan mudah, sebenarnya penyebabnya apa sih? Berikut penyebab browser terkena hijack!

Penyebab Browser HIJACK


Pada dasarnya, browser yang terkena efek hijack ini berasal dari adware, dan melalui adware ini pula yang seringkali dimanfaatkan untuk dipasangkan di dalam installer freeware.

Ada pun beberapa penyebab lainnya, yakni:

  1. Tidak men-download aplikasi dari situs resmi sehingga aplikasi rentan dipasang hijack
  2. Tidak sengaja menekan tombol download dibeberapa situs torrent download, tanpa disadari download yang telah berhasil dilakukan berhasil melakukan instalasi secara otomatis dan terpasang di komputer/laptop kita.

Untuk mencegah dan mengatasi hijack di browser dengan panduan lengkap dan mudah, silahkan simak beberapa langkah mudah dibawah ini.

Cara Mencegah Hijack di Browser Lengkap


Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hijack di browser kita:

  • Download software langsung melalui situs resmi
  • Website yang menyediakan freeware harus aman dan terpercaya ketika diakses
  • Jangan sampai salah menekan tombol download
  • Ketika proses instalasi sebuah program aplikasi, pastikan bahwa Anda telah menghilangkan centang OK pada beberapa opsi instalasi, seperti penambahan tools, toolbar dan sejenisnya

Namun, dari sekian banyak cara mengatasinya, perlu diketahui juga bahwa hijack ini juga menyerang browser kita dengan cara menyisipkan hijack di attachment file yang masuk ke email kita. Maka, berhati-hatilah ketika download file attachment melalui kotak masuk email.

4 Cara Mudah Mengatasi Hijack di Browser Lengkap


#1. ADWCleaner

Untuk tutorial bagaimana cara mengatasi, menghapus dan menghilangkan hijack pertama, yang perlu kita miliki adalah ADWCleaner.

Dengan software ADWClaner ini, dipastikan browser kita terbebas dari hijack dengan ampuh dan jitu. Untuk mendapatkannya, kita bisa mengakses halaman ini:

https://toolslib.net/downloads/viewdownload/1-adwcleaner/

#2. Uninstall Adware / Tools yang Mencurigakan

Beberapa perangkat komputer dan laptop secara tidak sengaja sudah dipasangi oleh adware atau tools yang memang tidak dapat kita kenali.

Apabila memang tidak mengenalinya, bahkan lebih mengarah ke mencurigakan, silahkan hapus tools tersebut. Caranya sangat mudah, akses saja halaman Add or Remove Program di PC kita.

#3. Reinstall Browser

Sebenarnya tips ini tidak perlu dilakukan, namun tutorial ini perlu diperhatikan apabila Anda tidak mau repot-repot. Cukup menghapus browser yang sudah terinfeksi hijack, lalu menginstallnya kembali, semua masalah akan teratasi.

#4. Melakukan Reset Settings Browser (Opsional)

Seandainya kedua cara diatas tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita, kita bisa melakukan reset setting pada browser, bisa dikatakan inilah solusi mengatasi hijack di browser paling mudah.

Reset setting browser yang dimaksud adalah mengembalikan segala pengaturan yang ada menjadi pengaturan pabrik, dengan kata lain kita akan mengembalikan pengaturan ke semula atau secara default.

Kalau Anda punya cara lain, silahkan bagikan tips dan trik lainnya melalui kolom komentar. Good luck & happy blogging!

0 Response to "4 Cara Mudah Mengatasi Hijack di Browser Lengkap"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).