6 Cara Jitu Mengecilkan Persentase Bounce Rate Blog

Share:

FB Google+ Twitter

6 Cara Jitu Mengecilkan Persentase Bounce Rate Blog
Bounce Rate adalah rasio pentalan, artinya perhitungan terhadap nilai rata2 persentase antara tingkat kunjungan situs dan pageview.

Pageview sendiri merupakan banyaknya laman yang dibuka dalam sekali kunjungan yang dilakukan seorang pengunjung.

Pada dasarnya Bounce Rate merupakan salah satu faktor (atau indikator) tinggi dan rendahnya kemungkinan (penentuan) apakah blog pantas ditempatkan pada ranking pertama atau tidak di SERPs.

Baca Juga: Apa itu visitor unique, bounce rate, pageview dan average time on site?

Contoh: Jumlah visitor 500 orang, menghasilkan pageview 3.000 kali. Maka 500 dikali 100% dan dibagi 3.000 maka hasilnya 16.66667 (16.6%).

Lantas bagaimana menurunkan persentase Bounce Rate blog?

6 Cara Jitu Mengecilkan Persentase Bounce Rate Blog


#1. Content is Still King!

Posting adalah raja. Semakin bagus kualitas artikel maka semakin bagus penilaian Bounce Rate.

Lha kok bisa? Kan nggak ada hubungannya.

Sebuah posting yang berkualitas sudah pasti banyak dibaca orang. Kenapa? Itu tadi, kontennya berkualitas. Kalau satu posting berkualitas, orang2 juga tidak segan untuk membuka artikel lainnya. Disinilah peran "pageview" bermain, gan!


#2. Internal Link

Internal link adalah tautan situs di dalam artikel; tautannya pun berkaitan erat dengan isi artikel.

Contohnya? Wikipedia ensiklopedia bebas.

Di setiap konten Wikipedia, mereka selalu memasangkan internal link di dalam artikel sehingga satu artikel dengan artikel lainnya saling berkaitan.

Link yang dipasangkan pun tidak bertentang, melainkan tautan link yang relevan. Inilah yang membuat pageview blog semakin bagus.

#3. Navigasi Menu

Navigasi Menu adalah menu yang berada di sidebar maupun dibawah header blog. Setiap navigasi memiliki label atau kategori tersendiri.

Contohnya saja blog ini. Ada Navigasi Menu yang diatur berdasarkan label atau kategorinya masing2.

Bisa di bilang blog ini sudah menganut "User Friendly" yang memudahkan para pembaca untuk memilah2 artikel yang ingin dibaca berdasarkan topiknya.

Semakin User Friendly semakin betah para pembaca di blog kita. Semakin betah, di dukung konten berkualitas, semakin bagus pula skor Bounce Rate.

#4. Memasangkan Widget Feed

Widget blog feed yang dimaksud adalah Related Posts, Popular Posts, Recent Posts dan Widget Recent Posts per Label.

Contohnya? Blog ini saja. Di sidebar saya pasangkan beberapa widget feed berdasarkan label kategorinya. Dibawah posting ada Related Posts.

Sesekali saya pasangkan Internal Link agar artikel saling berkesinambungan. Beberapa kali juga pernah saya pasang Outbound Link agar posting lebih kredibilitas dan sumbernya bisa dipercayai.

Memang memasang banyak widget sekaligus berefek pada kecepatan loading blog. Tapi untuk mengecilkan Bounce Rate, kadang kita harus berkorban sedikit.

Toh selama konten yang dibuat memang bagus dan berkualitas, kecepatan loading kayanya bukan masalah deh ya. Keep Posssttttt!

Baca Juga: Alasan Kenapa Fast Loading Blog itu Penting

#5. Judul Posting Clickbait!

Sebenarnya saya tidak menyarankan ini tapi atas nama mengecilkan persen Bounce Rate kadang kita perlu melakukan sedikit cara kotor.

Clickbait adalah istilah yang dipelajari oleh para jurnalistik untuk memanipulasi dan menipu para pembaca.

"Wah! Anak itu memakan belatung! Apa yang terjadi? Baca segera!"

Diatas adalah contoh judul berupa Clickbait yang paling rawan di klik, dibuka dan dibaca oleh para pembaca.

Belum lagi setiap laman terpasang widget feed, terus judulnya Clickbait dan kontennya menarik, bukan berarti pageview malah meninggi tapi malah menurun sesuai keinginan. Ngeri mastah!

Namun cara Clickbait ini tidak dianjurkan. Bahkan para media jurnalistik memusuhi cara ini.

Baca Juga: Cara Cek Harga Situs atau Website

#6. Download Gratis

Siapa sih yang gak suka sama gratisan? Saya saja suka. Apalagi makanan gratis, dibalenin (dibayarin) malah. Mau donggg... Itu rejeki namanya.

Rasulullah saja menganjurkan kita untuk tidak menolak pemberian dari orang lain. Artinya menghargai pemberian. Kalau di tolak kan menyakiti perasaan orang lain ^^

Nah karena niatnya ingin menurunkan skor Bounce Rate menjadi kecil, coba berikan template blog gratis atau file2 gratis yang berhubungan dengan topik blog. Contohnya E-book atau apalah gitu. Pasti Bounce Rate menurun secara drastis.

Yahhh intinya semakin banyak produk yang disediakan secara gratis dan bekerja sesuai fungsinya, otomatis Bounce Rate menurun dengan sangat cepat.

Baca Juga: Tips Membeli Blogger Template Berbayar (Premium)

Nah itu dia 6 cara jitu mengecilkan dan menurunkan Bounce Rate blog. Punya tambahan dari agan-agan sekalian? Boleh dong sharingnya.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Tips SEO

Thanks for reading 6 Cara Jitu Mengecilkan Persentase Bounce Rate Blog. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "6 Cara Jitu Mengecilkan Persentase Bounce Rate Blog"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.