Waspada! Penipuan Google AdSense terbaru melalui E-Mail Phising

Share:

FB Google+ Twitter

Waspada! Penipuan Google AdSense terbaru melalui E-Mail Phising
Setiap blogger tentu ingin menghasilkan uang melalui internet, salah satunya adalah Google AdSense yakni sebuah program periklanan yang disediakan oleh Google untuk berbagi rezeki kepada penggunanya.

Cara kerja dari Google AdSense adalah memasarkan sebuah produk yang diberikan oleh perusahaan tertentu; perusahaan tersebut membayar ke Google dan Google pun membayar kita juga apabila di dalam blog ada unit iklan Google AdSense yang terpasang.

Masalahnya tidak semua web blog, situs atau website yang mengikuti program periklanan ini. Paling umum jawaban penolakan berupa "konten tidak memadai". Betul, kan?

Lebih dari itu pun, konten yang sudah diperbanyak tetap saja di tolak. Apa sih maunya Google? Begitulah kira2 hahaha.

Nah sudah ketemu kesulitannya bagaimana kan? Dan baru2 ini saya mendapati sebuah email yang menyatakan bahwa saya harus login pada akun Google AdSense saya. Melalui email! Setelah saya selidiki memang tidak ada yang beres! Hmm... Apa itu?

Waspada! Penipuan Google AdSense terbaru melalui E-Mail Phising!


Bersumber langsung dari blog mas sugeng, saya mendapatkan informasi bahwa saat ini sedang marak terjadinya penipuan AdSense melalui email dalam bentuk laman phising.

Phising adalah suatu metode hacking yang dilakukan hacker (maupun cracker) untuk mencuri ID, username, email dan password yang telah ditarget dengan cara menggunakan "fake" form login pada situs palsu (memanfaatkan CTRL + U) yang menyerupai situs aslinya.

Pada gambar dibawah ini terlihat bukti penipuan yang telah dilakukan. Tertulis alamat web yang tidak kita kenali.

Waspada! Penipuan Google AdSense terbaru melalui E-Mail Phising

Hmm kalau ditanyakan apakah ini sedang marak2nya atau tidak, saya kurang tahu pasti. Ntah berapa banyak korbannya. Atau baru kali ini terjadi? Ntahlah. Sing penting harus mewaspadainya!

Untuk menghindarinya sangat mudah, perhatikan alamat URL yang dikirimkan. Kalau memang mencurigakan, wajib dipertanyakan.

Saya berikan contoh agar lebih jelas.

Misalnya kita sedang login dan bermain2 di dalam Facebook, sedang enak-enaknya mengirim dan membalas chatting, tiba2 kita redirect (atau beralih) ke halaman login Facebook lagi.

Halaman yang dimaksud masih dalam bentuk halaman facebook. Lalu secara paksa kita harus melakukan login padahal sebelumnya kita telah dalam keadaan login.

Dua kata, Jangan Login!

Perhatikan sekali lagi alamat URL tersebut. Kalau memang www.facebook.com silahkan login kembali karena bisa jadi ada perbaikan password dari akun facebook kita.

Nah kalau alamatnya www.facebok.com (huruf o hanya satu), jangan login! Sekali lagi, ini halaman phising cuy!

Awal mula dan sejarah halaman phising yang saya tahu diawali tahun 2012 kalau tidak salah. Waktu itu banyak pembajakan akun Facebook secara globa / internasional. Saya salah satunya. Dan itu menyakitkan karena akun di retas, otomatis berbagai hal aneh dilakukan oleh si hacker pada akun profil saya. Saya malu.

Ya intinya waspadalah. Himbauan juga untuk para blogger sekalian, apalagi blogger pemula. Kalo kata bang napi mah, waspadalah... waspadalah... ting.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Google AdSense

Thanks for reading Waspada! Penipuan Google AdSense terbaru melalui E-Mail Phising. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "Waspada! Penipuan Google AdSense terbaru melalui E-Mail Phising"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.