2 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang pada Perangkat" saat Install Aplikasi di Android

PERNAH mendapatkan peringatan berupa pesan kesalahan "tidak cukup ruang pada perangkat" ketika meng-install aplikasi android di playstore? Itulah yang saya alami beberapa hari belakangan. Mumet!

2 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang pada Perangkat" saat Install Aplikasi di Android

Mungkin akan terasa panik ketika hal ini pertama kali terjadi pada kita, namun bagi beberapa orang yang sudah lama menggunakan android dan tentunya sudah pernah mengalami permasalahan ini, itu semua menjadi hal yang mudah untuk diperbaiki.

Perbedaan Memori Internal dan Eksternal di Android


Memori adalah sebuah media yang memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai data dan file yang kita anggap penting, seperti foto, video dan lagu.

Pada dasarnya, perangkat android menyediakan fitur dan layanan gratis yakni memori internal, sebuah memori default yang terpasang di android melalui mekanisme sistem. Tentu, ini berbeda dengan memori eksternal.

Memori sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni memori internal dan memori eksternal.

Perbedaan antara memori internal dan eksternal di android yakni memori internal adalah memori yang terpasang secara "alami" di dalam android, sedangkan memori eksternal adalah memori tambahan yang kita pasang di android, baik dalam bentuk MicroSD maupun dalam bentuk lainnya.

Penyebab "Tidak Cukup Ruang pada Perangkat" saat Install Aplikasi di Android


Banyak yang tidak tahu bahwa penyebab dari tulisan "tidak cukup ruang pada perangkat" yang tampil di layar android karena memori internal sudah penuh, dengan kata lain ruang penyimpanan sudah terpenuhi.

Penyebabnya penuhnya memori internal ini berdasarkan berbagai faktor dan penyebab, diantaranya adalah:

  1. Terlalu banyak memasang program aplikasi dimana hasil instalasi ditempatkan di memori internal
  2. Memori internal sudah "sesak" dengan berbagai foto, video dan lagu yang Anda koleksi; dan
  3. Penyebab lainnya.

Nah, itulah penyebab muncul pesan error "tidak cukup ruang pada perangkat" di android. Sekarang, mari kita perbaiki kesalahan error ini melalui beberapa langkah mudah dibawah ini.

2 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang pada Perangkat" saat Install Aplikasi di Android


Untuk mengatasi dan memperbaiki kesalahan "tidak cukup ruang pada perangkat" ketika meng-install aplikasi di android playstore ini cukup mudah.

PERSIAPAN AWAL

Untuk persiapan awal, persiapkan dan pasangkan memori eksternal di android kita. Jika sudah punya, cobalah untuk menghapus beberapa file dan data yang dianggap penting agar proses ini berhasil dilakukan.

#1. KONFIGURASI TEMPAT PENYIMPANAN OTOMATIS DI KARTU SD

Pada dasarnya, tiap-tiap aplikasi yang kita update atau kita perbaharui, atau program aplikasi terbaru yang kita install di android, akan tersimpan secara otomatis di kartu memori internal.

Maka, cara pertama ini adalah mengalihkan tempat media penyimpanan yang awalnya berada di kartu memori internal dialihkan ke kartu memori eksternal.

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Pilih Penyimpanan > pada Lokasi Pemasangan yang Disukai
  3. Pilih Kartu SD (eksternal)

Seperti yang sudah dijelaskan barusan, aplikasi yang akan di install akan ditempatkan di memori eksternal tadi. Kita sudah berhasil mengalihkan tempat media penyimpanan secara otomatis. Tempatnya bukan lagi di memori internal, melainkan sudah dialihkan ke memori eksternal.

#2. MEMINDAHKAN PROGRAM APLIKASI KE MEMORI EKSTERNAL

  1. Masuk ke Pengaturan (Setelan)
  2. Pilih Kelola Aplikasi (disini kita akan melihat berbagai aplikasi yang berhubungan langsung dengan perangkat android)
  3. Silahkan pilih salah satu (klik saja)
  4. Akan ada pilihan menu Pindah ke SD > pilih tombol ini
  5. Tunggu hingga proses pemindahan berhasil dilakukan, selesai!

Tutorial kedua ini adalah memindahkan instalasi program aplikasi yang telah dilakukan dimana yang awalnya berada di memori internal, kita alihkan ke memori eksternal. Dengan begitu, kita pun bisa menghemat ruang media penyimpanan di memori internal yang kita miliki.

KESIMPULAN

Oh iya, istilah lain dari pesan error ini adalah Error downloading "File Manager". There is insufficient space on the device.

Panduan tips dan trik diatas berdasarkan hasil pengalaman saya selama menggunakan android Lenovo A600 Plus yang saya miliki. Beberapa panduan juga berlaku untuk android Oppo, Samsung, Xiaomi dll. Good luck!

» Terima kasih sudah mau membaca konten 2 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang pada Perangkat" saat Install Aplikasi di Android. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "2 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang pada Perangkat" saat Install Aplikasi di Android"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.