Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

YANG namanya virus itu bermacam-macam yaa.. Ada trojan, malware, ini dan itu. Banyak banget, saya saja sampai lupa apa-apa saja nama dari virus yang menyerang komputer dan laptop kita hahaha.

Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Nah, yang akan dibahas kali ini adalah tips dan trik bagaimana cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk, cara mengatasi dan menghindari virus shortcut yang menyerang flashdisk kita.

Penyebab Adanya Virus Shortcut di Flashdisk


Agak kurang afdol kalau kita membahas cara mengatasi virus shortcut di flashdisk tapi tidak membahas apa, kenapa dan penyebab mengapa adanya virus shortcut di flashdisk yang kita miliki.

Flashdisk adalah media yang berfungsi memindahkan file dan data berupa gambar dan video dll dari komputer ke komputer lainnya. Nah, perpindahan inilah yang menjadi faktor mengapa muncul virus shortcut di flashdisk Anda.

Baca Juga: 3 Cara paling Mudah mengantisipasi Virus Shortcut di Flashdisk.

Perpindahan file dan data yang dilakukan akan sangat beresiko terhadap rawan atau tidaknya flashdisk terkena virus. Mungkin komputer atau laptop Anda bersih dan aman dari virus, tapi bagaimana dengan perangkat milik teman Anda tersebut? Dipastikan terserang virus!

Bersumber langsung dari beberapa pengalaman pengguna komputer dan laptop, berikut saya simpulkan beberapa faktor dan penyebab mengapa flashdisk terserang virus shortcut:

  1. Memindahkan data dari perangkat satu ke perangkat lainnya
  2. Antivirus tidak pernah di update terbaru
  3. Perangkat teman Anda terserang virus ini, sehingga berpindah ke perangkat Anda
  4. Tidak sengaja mendownload software dimana software tersebut sudah terpasang dengan virus; dan
  5. Melalui media internet atau googling, tanpa disadari PC terkena virus dan virus tersebut berpindah ke flashdisk Anda.

Cukup banyak juga ternyata. Hmm. Nah ini dia tips dan trik bagaimana cara membersihkan virus shortcut di flashdisk, cara mengatasi dan menghindari virus shortcut.

Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk


Beberapa sistem operasi Windows seperti XP, 7 (seven), 8 dan dll memiliki penempatan atau konfigurasi yang berbeda. Namun tujuannya tetap mengarah ke satu titik. Jika ada yang belum jelas, silahkan ditanyakan di kolom komentar.

  1. Masukkan flashdisk ke PC
  2. Pilih Organize > Folder and search options
  3. Aktifkan (centang OK) menu show hidden files, folders and drives dan hapus centang OK pada Hide protected operating system files (Recommended) - Pilih OK untuk melanjutkan jika muncul peringatan oleh sistem operasi

Sampai disini, Anda akan melihat beberapa folder, file atau data yang sebelumnya telah disembunyikan oleh virus. Ingat, hanya beberapa. Lakukan proses selanjutnya seperti dibawah ini.

  1. Buka command prompt atau cmd (Windows + R secara bersamaan)
  2. Jika kolom cmd sudah muncul, ketik E: untuk lokasi partisi dari flashdisk
  3. Jika sudah, ketik attrib -s -r -h /s /d dan silahkan tekan enter. Selesai.

Sampai disini sudah selesai. Seluruh folder yang berisi file dan data akan ditampilkan kembali oleh sistem. Kini, Anda bisa menghapus beberapa folder yang tidak Anda kenali sebelumnya.

PERHATIAN

Untuk memastikan cara diatas, tiap-tiap orang berbeda pendapat. Ada user yang mengatakan bahwa tutorial diatas terbukti ampuh dan jitu, sedangkan beberapa orang lainnya mengatakan bahwa virus shortcut kembali lagi menyerang.

CARA MENGATASI & MENGHINDARI VIRUS SHORTCUT

  • Update antivirus yang Anda miliki, seperti Smadav, Avast, Avira dll
  • Memasang antivirus di perangkat
  • Sebelum proses memindahkan file melalui flashdisk, pastikan kedua perangkat dalam keadaan bersih dan terbebas dari yang namanya virus apapun
  • Sebelum memindahkan data, scan perangkat dengan antivirus; dan
  • Masih banyak lagi.

KESIMPULAN

Dari sekian banyak tutorial yang mungkin saja Anda dapatkan di search engine google, tetap bahwa program antivirus adalah cara aman untuk menangkal, menghindari dan mengatasi virus shortcut ini. Good luck!

0 Response to "Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.