Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA

ISTILAH copas artikel blog adalah menyalin dan menempelkan posting blog yang telah disalinkan oleh "tersangka". Kepanjangan dari COPAS adalah salin atau salinan yang dimaksud adalah Copy, sedangkan menempelkan (tempel) adalah Paste. Jika disingkat, disebut dengan Copas.

Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA

Bagi saya secara pribadi, sebenarnya tidak ada yang salah apabila posting blog kita di copas oleh orang lain, itu menandakan bahwa artikel blog kita memang berkualitas. Ini loohhh yang dinamakan ciri-ciri konten berkualitas :D

Masalahnya disini adalah si "tersangka" tidak mencantumkan sumber informasi baik itu berupa link aktif maupun non-aktif sekali pun, itu pun artikel yang di copas secara utuh atau menyeluruh. Jadi, nggak ada cara lain selain mengadukan artikel blog yang di copas ke Google DMCA

INFORMASI ARTIKEL BLOG YANG DI COPAS


Disini saya mengambil contoh salah satu artikel terbaik saya, yakni Cara Mendapatkan Akun Google AdSense Premium. Artikel itu di copas secara utuh alias menyeluruh, tanpa ada menyertakan sumber informasi.

Saya mencari atau mendeteksi artikel blog tersebut dengan kalimat ini:

Perbedaan antara google adsense biasa dengan google adsense premium adalah kalau biasanya akun adsense biasa hanya bisa menampilkan 3 unit iklan saja dalam satu halaman, maka untuk akun adsense premium kita akan diberi keleluasaan untuk menampilkan 4 sampai 5 unit iklan dalam satu halaman di blog.

Tada! Artikel tersebut nongol di hasil pencarian SERP Google. Coba deh lihat gambar dibawah ini:

Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA

Berikut ini adalah cara mengadukan atau melaporkan artikel blog yang di copy paste oleh blog orang lain.

Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA


#1. MASUK KE GOOGLE DMCA

Hal yang pertama sekali yang harus kita lakukan adalah masuk ke halaman Pengaduan Google DMCA ini. Silahkan masukkan beberapa informasi kontak terkait pribadi kita dan nama blog kita.

Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA

#2. KARYA BERHAK CIPTA ANDA

Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA

  • Identifikasi dan Uraikan Karya Berhak Cipta: Masukkan sebuah kalimat dari artikel blog kita yang sudah di copas.
  • Dimanakah Kami bisa Melihat Contoh Karya yang Sah Tersebut: Masukkan link URL dari artikel blog kita yang sudah di copy paste.
  • Lokasi Materi yang Melanggar: Ini adalah kolom ketiga yang  wajib kita masukkan, yakni link URL dari artikel blog milik si "tersangka" dimana posting tersebut merupakan karya hak cipta kita.

#3. PERNYATAAN TERSUMPAH

Pertanyaan tersumpah disini adalah menyatakan bahwa artikel blog yang kita miliki memang di copas oleh blog orang lain. Ini menyatakan bahwa lampiran pengaduan atau laporan artikel copas tidak main-main.

Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA

Harap centang semua pilihan yang ada menjadi OK.

#4. TANDA TANGAN & SAYA BUKAN ROBOT

Untuk tutorial cara melaporkan dan mengadukan artikel blog ke Google DMCA pada tahap terakhir ini adalah menandatangani dan menekan tombol "saya bukan robot".

Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA

#5. CARA MELAPORKAN ARTIKEL YANG DI COPAS KE GOOGLE DMCA BERHASIL

Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA

Jika kita sudah mengirim tombol KIRIM maka selanjutnya adalah kita akan dibawa ke halaman "Penghapusan Hak Cipta".

KESIMPULAN

Pada dasarnya, dampak dan efek blog yang menerima pengaduan copas dari Google DMCA ini akan mendapatkan peringatan dari beberapa poin penting, yakni:

  1. Email peringatan: Email peringatan akan masuk ke email si "tersangka" yakni saran dari Google untuk menghapus artikel tersebut secara manual.
  2. Artikel Dihapus secara Otomatis: Jika hal tersebut tidak "diindahkan" atau tidak "digubris", maka Google akan menghapus artikel tersebut secara sepihak (Google).
  3. Blog Dihapus oleh Google: Salah satu penyebab mengapa sebuah blog dihapus atau no-indeks oleh Google adalah adanya pengaduan yang tidak diindahkan yang diberikan oleh Google kepada si "tersangka" (baca nomor 1 dan nomor 2 diatas).

Well.. Cukup berbahaya loh tindakan copas ini. Saya akui juga beberapa artikel di blog ini didapatkan dari berbagai artikel yang sudah pernah ditulis oleh blogger lainnya, tapi saya tidak lupa untuk menyertakan sumber informasi yang saya dapatkan.

Anggap saja itu backlink gratis dari blog kesayangan ini. Anggap pula itu sebagai tanda "terima kasih" saya kepada blog tersebut.

Seperti yang tertulis di halaman Tentang Saya, blog ini merupakan blog yang menyimpan atau mendokumentasikan pengetahuan saya selama ini, dimana 30%-nya berasal dari blog lainnya dan 70% berasal dari pengetahuan dan pengalaman saya secara pribadi. Good luck & happy blogging!

0 Response to "Cara Melaporkan Artikel yang di COPAS ke Google DMCA"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.