3 Ciri-Ciri Situs Web Blog Penipu Online - Hadiah Mobil dan Motor via SMS

PENIPUAN secara online kini marak terjadi, nggak tanggung-tanggung korbannya adalah orang tua yang gaptek (gagap teknologi). Nah, bagi kalian yang mempunyai orang tua, coba deh saranin dan kasih tahu untuk mengantisipasi dan menghindari penipuan via sms berkedok hadiah gratis!

Yep, penipuan ini awalnya bermula dari SMS. Pada isi SMS tersebut, kita disuruh untuk mengunjungi sebuah blog dimana dihalaman blog tersebut tertera jelas nomor seri atau kode sang "pemenang" yang beruntung.

3 Ciri-Ciri Situs Web Blog Penipu Online - Hadiah Mobil dan Motor via SMS

Benar, loh... Nomor seri yang dikirimkan melalui SMS itu terpampang jelas di halaman blog tersebut, dengan kata lain kita adalah salah satu pemenang yang berhak mendapatkan hadiah! Bisa saja mobil, rumah, motor, voucher pulsa atau voucher belanjaan.

Untuk menghindari dan mengantisipasi penipuan secara online melalui blog, situs atau website, kita harus memastikan terlebih dahulu apakah itu benar atau bohongan.

Inilah ciri-ciri situs web blog penipu online, situs yang menyertakan informasi hadiah mobil dan motor via SMS.

3 Ciri-Ciri Situs Web Blog Penipu Online - Hadiah Mobil dan Motor via SMS


#1. Menggunakan Domain Gratis

Kalau kita disuruh untuk mengunjungi sebuah blog, maka kita harus memastikan apakah itu benar-benar alamat link website dari provider atau tidak, misalnya Telkomsel.com.

Kalau bukan Telkomsel.com, semisal telkomselberbagihadiah.blogspot.com, nah inilah salah satu penipuan online! Masa iya sih, menggunakan domain gratisan? Itu tuh, ada kata "blogspot"-nya. Dan kenapa juga bukan Telkomsel.com yang ngirim informasi menang tersebut?

Jadi, abaikan saja SMS yang berisi alamat link website berhadiah tadi, terkecualinya pengirimnya adalah langsung dari Telkomsel.com.

Contoh alamat situs penipuan online ini bisa kita lihat dari nama alamatnya, beberapa contoh diantaranya adalah:

  • telkomselberbagihadiah.blogspot.com
  • telkomselberbagihadiah.wordpress.com
  • telkomselberbagihadiah.tumblr.com
  • telkomselberbagihadiah.weebly.com; dan
  • Masih banyak lagi platform yang menyediakan blog gratisan.

#2. Minta Dana "Tertentu"

Nah, lagi-lagi kita diberi "arahan" untuk mengirim dana terlebih dahulu apabila ingin mendapatkan hadiah. Lah... Namanya juga hadiah, kok ada permintaan dana? Untuk apa? Pajak?

Ya gak mungkinlah. Pemenang kok dibebankan pajak? Kalau memang demikian, kembali ke poin pertama diatas, atau baca kesimpulan dibawah, deh.

#3. Nomor HP yang Bersangkutan Tidak Bisa Dihubungi

Penipuan via SMS yang menyertakan nomor handphone itu seringkali menggunakan nomor HP sekali pakai. Ketika SMS masuk ke HP kita, lalu kita mencoba menghubunginya, nomor HP tersebut tidak bisa dihubungi lagi.

Jadi, kesimpulannya adalah nomor HP tersebut hanya dipakai sekali saja. Siap dipakai, langsung dibuang.

3 Ciri-Ciri Situs Web Blog Penipu Online - Hadiah Mobil dan Motor via SMS
Mengatasnamakan MetroTV Pula, Parah...
Kadang, menyertakan foto bapak Presiden kita, Jokowi.. Dih...

KESIMPULAN

Apabila saudara-saudara sekalian menemukan SMS seperti diatas, yang menyuruh kita untuk mengunjungi suatu website, jangan mudah percaya.

Jika masih "kekeh", coba langsung saja ke Grapari terdekat, entah itu Telkomsel, Indosat, Telkom atau Grapari apa saja sesuai dengan isi SMS tersebut. Good luck!

» Terima kasih sudah mau membaca konten 3 Ciri-Ciri Situs Web Blog Penipu Online - Hadiah Mobil dan Motor via SMS. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "3 Ciri-Ciri Situs Web Blog Penipu Online - Hadiah Mobil dan Motor via SMS"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.