3 Ciri-Ciri Situs Web Penipu berhadiah Mobil & Motor via SMS

Share:

FB Google+ Twitter

3 Ciri-Ciri Situs Web Penipu berhadiah Mobil & Motor via SMS
Penipuan secara online kini marak terjadi. Nggak tanggung2 korbannya adalah orang tua; apalagi orang miskin. Astaghfirullah tega bangetlah itu.

Nah bagi kalian yang mempunyai orang tua coba deh saranin dan kasih tahu untuk mengantisipasi dan menghindari penipuan via SMS dan telepon berkedok hadiah gratis.

Yap... penipuan ini awalnya bermula dari SMS. Pada isi SMS tersebut kita disuruh untuk mengunjungi sebuah blog dimana dihalaman blog tersebut tertera jelas nomor seri atau kode sang "pemenang" yang beruntung.

Benar, loh... Nomor seri yang dikirimkan melalui SMS itu terpampang jelas di halaman blog tersebut, dengan kata lain kita adalah salah satu pemenang yang berhak mendapatkan hadiah! Bisa saja mobil, rumah, motor, voucher pulsa atau voucher belanjaan.

Untuk menghindari dan mengantisipasi penipuan secara online melalui web blog, kita harus memastikan terlebih dahulu apakah itu benar atau bohong.

3 Ciri-Ciri Situs Web Blog Penipu Online


#1. Menggunakan Domain Gratis

Kalau kita disuruh untuk mengunjungi sebuah blog, maka kita harus memastikan apakah itu benar-benar alamat link website dari provider atau tidak, misalnya telkomsel.com.

Semisal alamat situsnya telkomselberbagihadiah.blogspot.com.

Nah inilah salah satu penipuan online! Masa iya sih, menggunakan domain gratisan? Itu tuh, ada kata "blogspot"-nya. Dan kenapa juga bukan telkomsel.com yang ngirim informasi menang tersebut?

Contoh alamat situs penipuan online ini bisa kita lihat dari nama alamatnya, beberapa contoh diantaranya adalah:

  • telkomselberbagihadiah.blogspot.com
  • telkomselberbagihadiah.wordpress.com
  • telkomselberbagihadiah.tumblr.com
  • telkomselberbagihadiah.weebly.com; dan
  • beberapa diantara lainnya

Jadi abaikan saja SMS yang berisi alamat link website berhadiah tadi terkecuali pengirimnya adalah langsung dari telkomsel.com.

#2. Minta Dana "Tertentu"

Nah lagi2 kita diberi "arahan" untuk mengirim dana terlebih dahulu apabila ingin mendapatkan hadiah. Lah... Namanya juga hadiah, kok ada permintaan dana? Untuk apa? Pajak?

Ya gak mungkinlah. Pemenang kok dibebankan pajak? Kalau memang demikian, kembali ke poin pertama diatas.

#3. Nomor HP yang Bersangkutan Tidak Bisa Dihubungi

Penipuan via SMS yang menyertakan nomor handphone itu seringkali menggunakan nomor HP sekali pakai. Ketika SMS masuk ke HP kita, lalu kita mencoba menghubunginya, nomor HP tersebut tidak bisa dihubungi lagi.

Jadi kesimpulannya adalah nomor HP tersebut hanya dipakai sekali saja. Siap dipakai, langsung dibuang.

Kesimpulan

Apabila saudara-saudara sekalian menemukan SMS seperti diatas, yang menyuruh kita untuk mengunjungi suatu website, jangan mudah percaya.

Jika masih "kekeh", coba langsung saja ke Grapari terdekat, entah itu Telkomsel, Indosat, Telkom atau Grapari apa saja sesuai dengan isi SMS tersebut.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Internet, Tips Blogging

Thanks for reading 3 Ciri-Ciri Situs Web Penipu berhadiah Mobil & Motor via SMS. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "3 Ciri-Ciri Situs Web Penipu berhadiah Mobil & Motor via SMS"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.