CLICKBAIT - Judul Berita Jebakan yang Menipu para Pembaca & Pengguna Sosial Media

SEBAGAI salah satu pengguna sosial media Facebook, kita akan dengan sangat mudah menemukan banyak sekali artikel yang dibagikan dengan judul berita yang WAH dan sensasional tidak menentu, penuh misteri dan tanda tanya.

  • Ini hal memalukan yang terjadi kalau lo tumbang. Tonton & jangan sampai ini terjadi ke lo!
  • Astaghfirullah, Kembang Api Berbahan Baku Al-Qur'an Beredar Di Tengah Masyarakat, Bantu Share Agar Pembuat Kembang Api ini Segera Tertangkap
  • Di Jamin Nangis Setelah Membaca ini !
  • Jadi Tersangka Korupsi Stadion Gede Bage, Ini Komentar Sekretaris Dinas (Kompas)
  • Bolehkan Memakai Busana yang Tidak Sempurna Menutup Aurat ? Berikut Penjelasannya
  • Masih Ingat Dengan Artis Cantik Asmirandah yang Resmi Murtad? Mengejutkan!! Ini Nasibnya Sekarang

Yap... Itulah beberapa contoh CLICKBAIT. Istilah clickbait ini merupakan judul berita yang tergolong SAMPAH, dengan kata lain jurnalisme sampah.

CLICKBAIT - Judul Berita Jebakan yang Menipu para Pembaca & Pengguna Sosial Media

Tujuannya untuk mencari trafik situs agar meningkat secara drastis, pageviews atau jumlah kunjungan website yang mereka miliki. Intinya, semakin tinggi nilai persentase pengunjung, maka penghasilan google adsense mereka pun semakin meningkat.

Menurut Vice, judul berita clickbait seperti contoh diatas adalah jurnalisme sampah (garbage journalism). Bisa disebut juga dengan jurnalisme amatir.

Pengertian Click Bait


Apa itu clickbait adalah konten, artikel, atau posting online yang menggunakan judul berita yang "wah" dan sensasional untuk menggoda dan menarik para calon pembaca untuk mengklik atau membuka artikel tersebut.

CLICKBAIT - Judul Berita Jebakan yang Menipu para Pembaca & Pengguna Sosial Media

Menurut romelteamedia, clickbait adalah judul berita yang memanipulasi dan menipu para pembaca. Isi beritanya gak penting, biasa-biasa saja, bukan jurnalistik yang baik. Abaikan clickbait! Just SAY NO TO CLICKBAIT!

Tujuan Clickbait


Judul berita clickbait ini memiliki tujuan untuk membuat para pembaca penasaran, sehingga tautan artikel tersebut di klik.

Lagi-lagi, seperti yang saya katakan diatas, tujuan clickbait adalah agar meningkatkan pagevies atau jumlah kunjungan website secara drastis.

CLICKBAIT - Judul yang Menipu para Pembaca & Pengguna Sosial Media


Ciri khas dari judul berita click bait, umpan klik atau jebakan klik disini seringkali menggunakan kata "inilah", "Ini dia", "berikut penjelasannya" dll yang bertujuan menyembunyikan isi dari berita tersebut.

CLICKBAIT - Judul Berita Jebakan yang Menipu para Pembaca & Pengguna Sosial Media

Clickbait juga merupakan salah satu praktik buruk jurnalistik dan media komunikasi online. Kadangkala, info beberapa tahun lalu pun bisa menjadi berita "segar" (fresh content) kalau menggunakan clickbait.

Nggak ada salahnya apabila kita tidak membuka tautan clickbait di facebook. Secara, kita bisa melakukan googling untuk mendapatkan berita dan informasi terbaru yang kita inginkan.*

0 Response to "CLICKBAIT - Judul Berita Jebakan yang Menipu para Pembaca & Pengguna Sosial Media"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.