Dampak untuk SEO apabila Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu

SAYA masih ingat sekali, dulu sebelum benar-benar menguasai dynamic heading, saya dihadapkan dengan suatu masalah, yakni heading tag H1 ada lebih dari satu H1 pada blog.

Kronologisnya begini... Sewaktu itu saya menggunakan New Johny Wuss V2 karya CBBlogger. Kebetulan waktu itu saya memiliki ekstensi tools SEOquake Google Chrome di browser saya, setelah dipasangkan di template blogger terus saya cek deh.

Dampak untuk SEO apabila Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu

Dihalaman Homepage, tag heading beraturan dengan baik dan benar. Namun, ketika saya sudah berada di dalam halaman single post (artikel, konten atau posting), H1-nya ada lebih dari satu, yakni ada dua.

Ketika di cek pada homepage, tertulis jelas informasi dari SEOquake bahwa, "Headings H1: 1, that is Good". Namun, ketika di cek pada posisi artikel posting blog, "H1: 2, that is Good, but 1 (one) is Better".

Masalah Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu


Usut punya usut, setelah bertanya langsung ke desainer template blog NJW V2, menjelaskan bahwa masalah heading tag H1 di blog lebih dari satu tidak dipermasalahkan sama sekali.

Kebetulan waktu itu saya yang bertanya langsung ke CB melalui Email... dan dijawab dengan sebuah artikel yang dipublikaskan sendiri oleh CB, ini dia: Heading H1 ada Dua, Bagus untuk SEO atau Tidak?.

Perhatikan tulisan ini, "H1: 2, that is Good, but 1 (one) is Better". Itu artinya bahwa tag heading H1 yang lebih dari satu tidak masalah.

  • It's now not only possible to have multiple <h1> level headings per webpage that will make sense to search engines, but in most cases it's actually the recommended course.
  • Google use multiple h1 in some of their web pages. It is allowed to use wisely more than one H1 in a page.

Dampak untuk SEO apabila Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu


Nggak ada yang tahu pasti bagaimana dampak heading H1 lebih dari satu pada blog apabila diteliti dari sisi optimasi SEO blog terhadap mesin pencari.

Namun, menurut salah satu komentator yang bernama Rainborick pada debat & diskusi pada WebmasterWorld, menjelaskan bahwa bukan tidak mungkin apabila tag H1 lebih dari satu bisa saja dianggap spam oleh search engine.

Tunggu dulu.... Matt Cutts says you can use multiple H1s! Matt Cutts yang kita kenal sebagai kepala webmaster Google menjelaskan bahwa kita bisa menggunakan H1 lebih dari satu pada blog.


KESIMPULAN

Kita ambil kesimpulan singkat saja. Pada video diatas itu adalah Matt Cutts, kepala tim webmaster Google yang mengelola search engine Google secara keseluruhan, termasuk pembuatan dan pengembangan algoritma.

Apapun yang dikatakan Matt Cutts, kita tidak bisa membantahnya. Bagaimana cara mengatasinya? Nanti saya bahas. Intinya kita boleh mengabaikan tag H1 ada dua (atau lebih dari satu).

Btw... Jujur saja, saya seringkali membantah perkataan Matt Cutts terkait fakta SEO pada penggunaan Bold, Italic & Underline. Coba deh di klik link tersebut. Bagaimana tanggapan Anda? Ditungguin nih... Happy blogging!

3 Responses to "Dampak untuk SEO apabila Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu"

  1. akhirnya saya bisa tenang, ternyata Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu itu tidak apa-apa toh, tadinya saya sempat galau karena tidak menemukan H1 yang dobel.

    ReplyDelete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).