Pengertian Google Sandbox serta Dampak apabila Blog Terkena Google Sandbox

GOOGLE sandbox 2.0 adalah sebuah filter yang digunakan oleh Google untuk memberikan denda kepada sebuah blog, situs atau website dengan cara "memenjarakan" web, dengan kata lain tidak meng-indeks atau blog yang terkena sanksi akibat dari berbagai pelanggaran.

Pengertian Google Sandbox serta Dampak apabila Blog Terkena Google Sandbox

Pelanggaran yang diberikan misalnya disebabkan karena mengoptimalkan SEO blog secara membabi-buta, melakukan spam (spammer or spamming) atau melakukan kegiatan yang dianggap oleh Google secara tidak wajar.

Berdasarkan hasil googling pula, apabila sebuah blog terkena google sandobx, maka dampak dan efeknya adalah blog tersebut tidak akan ditampilkan atau dihilangkan di Search Engine Result Page (SERP) Google.

Barangkali hanya halaman Homepage yang non-indeks, hanya beberapa artikel / posting blog atau bahkan seluruh halaman blog tidak akan di indeks oleh Google sama sekali.

Apa Itu Google Sandbox?


Seperti yang dijelaskan oleh Seochat, menjelaskan bahwa,

The Google Sandbox is an alleged filter placed on new websites. The result is that a site does not receive good rankings for its most important keywords and keyword phrases.

Even with good content, abundant incoming links and strong Google PageRank, a site is still adversely affected by the Sandbox effect.

The Sandbox acts as a de facto probation for sites, possibly to discourage spam sites from rising quickly, getting banned, and repeating the process.

Fakta atau Mitos: Google Sandbox Itu Memang Ada?


Pada faktanya, Google Sandbox sendiri tidak diakui oleh Google. Namun, menurut salah satu ahli dan pakar dibidang SEO Blogger, Barry Schwartz, menjelaskan bahwa Google Sandbox ini memanglah mitos, tidak ada sama sekali.

Pengertian Google Sandbox serta Dampak apabila Blog Terkena Google Sandbox

Akan tetapi, mengingat banyaknya blog yang melakukan spamming (spammer blog), bukan tidak mungkin apabila algoritma yang berkaitan dengan Google Sandbox akan diaktifkan sewaktu-waktu oleh Google sendiri.

3 Tanda Blog terkena Google Sandbox


Ada beberapa ciri-ciri blog yang terkena efek google sandbox, diantaranya adalah:

  1. Halaman utama (homepage) dari situs tidak akan tampil di SERP Google
  2. Beberapa artikel non-indeks di SERP; dan
  3. Barangkali Anda ingin mau menambahkannya sendiri?

Cara Menghindari / Mengatasi Google Sandbox?


Berdasarkan googling pula, ada beberapa hal dan upaya yang harus kita lakukan apabila blog kita masuk ke "kotak pasir google" ini, diantaranya adalah:

  1. Artikel karya pribadi (bukan copy paste)
  2. Berhati-hati ketika mengoptimasi keyword (kata kunci)
  3. Hindari duplikat konten
  4. Rajin update artikel; dan...

Memasang beberapa kode HTML di dalam template blogger yang berfungsi untuk menghindari duplikat konten, misalnya memasang kode ini diatas kode <head>:

<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

Serta jangan lupa untuk tetap memasangkan kode All Head Content di dalam template blog, kodenya sebagai berikut:

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>


Nah, itulah pengertian google sandbox, dampak dan efek buruk apabila blog terkena google sandbox serta ditambah dengan cara mengatasi menghindari google sandbox. Happy blogging!

0 Response to "Pengertian Google Sandbox serta Dampak apabila Blog Terkena Google Sandbox"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.