7 Cara Membedakan Situs Toko Online Asli dan Penipu

BOHONG itu apa? Berdosa. Meski pun berdosa, tetap saja banyak orang yang melakukan kebohongan. Nggak tanggung-tanggung, orang tua yang sudah sakit-sakitan pun juga dibohongi. Neraka tuh orang hahaa....

7 Cara Membedakan Situs Toko Online Asli dan Penipu

Ada sebuah hadits yang diwasiatkan oleh Nabi SAW terhadap kaum muslimin agar berpegang teguh pada kejujuran dan membuang jauh-jauh sifat berbohong, yakni:

“Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan menghantarkan kepada surga. Seseorang yang berbuat jujur oleh Allah akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya bohong itu akan menunjukkan kepada kezaliman, dan kezaliman itu akan menghantarkan ke arah neraka. Seseorang yang terus menerus berbuat bohong akan ditulis oleh Allah sebagai pembohong.” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim).

Rasulllah SAW pun bersabda:

“Pertanda orang yang munafiq ada tiga: apabila berbicara bohong, apabila berjanji mengingkari janjinya dan apabila dipercaya berbuat khianat” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim).

Nah, bener kan... Berbohong itu adalah berdosa dan merugikan orang lain, serta juga diri sendiri. Pada artikel ini, saya sendiri ingin membahas cara membedakan situs toko online asli atau penipuan. Membedakannya cukup mudah, kok.

7 Cara Membedakan Situs Toko Online Asli dan Penipu


Berikut ini adalah cara membedakan blog, situs atau website toko online dan penipuan. Dengan kata lain, perbedaan antara situs toko online yang bisa dipercaya maupun tidak sama sekali.

#1. TIDAK MENGGUNAKAN DOMAIN TLD

Domain TLD adalah domain level tingkat atas, berbeda dengan yang gratisan seperti blogspot.com, wordpress.com, weebly.com dan sejenisnya.

Salah satu contoh top level domain adalah Google.com. Langsung berakhiran .com (dotcom) tanpa ada imbuhan seperti blogspot, wordpress, weebly dan lainnya.

Sebuah toko online sudah seharusnya menggunakan top level domain, tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan dari konsumen terhadap produk dan barang yang ditawarkan.

#2. TAMPILAN WEBSITE

Sebuah website toko online sudah seharusnya berpenampilan menarik dan khas. Kalau acak-acakan atau tidak beraturan, bahkan tidak sesuai standart, kita bisa langsung mem-vonis web tersebut adalah SCAM (penipuan).

#3. KONTAK & ALAMAT

Padahal, yang namanya toko online itu sudah seharusnya menyediakan kontak dan alamat. Kontak dan alamat yang diberikan sudah seharusnya betul-betul benar bisa dihubungi oleh calon konsumen.

Sebuah blog yang tidak menyediakan kontak dan alamat yang tidak jelas, kita bisa langsung mem-vonis bahwa blog tersebut adalah penipuan!

Kontak dan alamat yang jelas bisa kita gambarkan sebagai berikut:
  • Phone: +62 22 1234567
  • WhatsApp: +81122345678
  • Fax: +62 22 1234567
  • Email: alamatemail@gmail.com
  • Foto: Berupa kumpulan gambar atau video si pemilik website
  • Testimoni: Hasil perekaman atau screencapture dari transaksi jual beli online
  • Kantor: alamat kantor disini; dan
  • Masih banyak lagi informasi yang perlu ditambahkan.

#4. HARGA BARANG & JASA (PRODUK)

Harga barang dan jasa yang ditawarkan oleh web scam seringkali lebih murah apabila dibandingkan dengan harga sebuah barang secara resmi.

Jika dijual dengan harga 1 juta, maka web scam pun menawarkannya dengan harga yang menggiurkan, yakni dibawah harga 800 ribu! Ya kali aja cuci gudang hehehe...

#5. WEB SCAM YANG TERTUTUP

Website penipu seringkali tertutup terhadap konsumennya. Kalau dihubungi pasti sulit tersambung. Kalau diajak bicara pasti terbata-bata atau informasi yang diberikan tidak jelas, ribet, rumit dan ngehe.

#6. CS SULIT DIHUBUNGI

Salah satu ciri-ciri website penipu yang menyertakan kontak dibagian Customer Service, seringkali nih dihubungi.

#7. TERKESAN AGRESIF

Sebuah website yang dipastikan penipuan seringkali agresif ketika menawarkan barangnya. Kadangkala, kita dihubungi berulang-ulang untuk meyakinkan agar produknya dibeli dengan berbagai embel-embel.

KESIMPULAN

SCAM atau penipuan memang sudah marak terjadi, beberapa orang menjadi korban atas penipuan di dunia maya (Internet) ini. Salah satunya ya seperti diatas.... Toko Online, istilah kerennya situs E-Commerce.

Memang sih, belanja secara online itu mudah dan praktis. Cukup memilih dan menentukan, mengontak si admin, mengirim atau transfer biaya yang diperlukan, maka barang pesanan pun akan terkirim ke alamat kita.

Begitulah kira-kira. Intinya, tetap berhati-hati. Good luck!

1 Response to "7 Cara Membedakan Situs Toko Online Asli dan Penipu"

  1. Sip gan ...
    Sangat Bermanfaat sekali buat calon konsumen sangat rekomendasi tips nya..
    Pusat Kaos bandung

    ReplyDelete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).