Cara Mengatasi Ghost Referral Spam, Perusak Statistik Google Analytics Blogger

PADA dasarnya, google analytics kita fungsikan sebagai alat atau tools untuk melihat laporan perkembangan dari blog kita, misalnya saja seperti Unique Visitor, Pageviews, Avg Time & Bounce rate blog.

Namun, dalam beberapa kasus, kita mendapatkan kunjungan atau trafik pengunjung blog berasal dari sumber yang tidak dikenal, misalnya saja link URL yang berbentuk seperti sebuah spam.

Tahukah Anda bahwa link URL yang tampak seperti link spam tersebut adalah ghost referral spam? Menurut beberapa data dan fakta yang berhasil dikumpulkan, ghost referral spam ini memberikan efek dan pengaruh terhadap statistik analytics, artinya akan mempengaruhi statistik google analytics.

Cara Mengatasi Ghost Referral Spam, Perusak Statistik Google Analytics Blogger

Nah, bagi beberapa blogger yang kurang percaya terhadap keakuratan data dan fakta dari Google Analytics terhadap blog yang kita miliki, bisa disimpulkan bahwa penyebabnya adalah ghost referral spam.

Berikut pengertian ghost referral spam dan cara mengatasi, menghilangkan dan menghentikan trafik ghost referral melalui teknik filter ghost referral di google analytics.

Pengertian Ghost Referral Spam


Ghost referral spam adalah Bot mesin pencari. Layaknya Bot milik google dimana mereka akan meng-crawl atau membaca seluruh halaman dan elemen yang ada di blog kita.

Namun, perlu diketahui disini adalah Bot berupa ghost referral ini tidak benar-benar mengunjungi situs kita.

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari ghost referral spam ini adalah bot ghost referral hanya "menyentuh" Javascript yang terhubung ke Google Analytics, hingga pada akhirnya Bot ini pun layaknya seperti pengunjung blog, seolah-olah pengunjung berasal dari trafik organik. Ingat, trafik organik.

Cara Mengatasi Ghost Referral di Google Analytics


Untuk cara mengatas ghost referral spam blog, perusak statistik google analytics blogger, menghilangkan dan menghentikan trafik ghost referral spam di blog ini, kita bisa menggunakan filter khusus di layanan Google Analytics.

  1. Masuk ke Google Analytics
  2. Pilih Admin > All Filters > Add Filters
  3. Silahkan isi Filter Name, Filter Type dan Exclude Filter serta Filter Pattern (lihat gambar dibawah)
  4. Jika sudah, simpan pengaturan yang sudah kita ubah
  5. Sampai disini sudah selesai.

Cara Mengatasi Ghost Referral Spam, Perusak Statistik Google Analytics Blogger

Kita bisa melihat bahwa untuk mengatasi referral spam di blog ini, kita menggunakan metode khusus, dengan kata lain Custom. Untuk proses menghentikan spam referral blog ini dibutuhkan waktu setidaknya 24 jam (1 hari).

Oh iya, hampir saja lupa. Bagi situs atau website yang sudah terkena pengaruh referral spam blog lebih dari 1 situs, misalnya ada beberapa situs dengan nama domain inicontohsaja.com, inicontohsaja1.com, inicontohsaja2.com dan seterusnya....

...kita bisa menggabungkannya dengan tanda pemisah "|" (tanpa tanda petik). Contohnya seperti dibawah ini:

http://android-app//com.google.android.apps.plus/https/plus.url.google.com/mobileapp | inicontohsaja.com | inicontohsaja1.com | inicontohsaja2.com

Tujuan Referral Spam di Blog


Kalau berbicara tentang tujuan menerapkan ghost referral spam ini, maka tujuannya adalah untuk menarik para pengunjung.

Sederhananya, setelah kita memeriksa situs tersebut di google analytics, lalu kita penasaran situs tersebut seperti apa, maka kita akan mengunjungi website tersebut. Secara tidak sadar kita telah meningkatkan trafik situs yang tidak kita kenali tersebut.

KESIMPULAN

Banyak blogger yang beranggapan bahwa trafik blog miliknya tidak sesuai dengan tingkat kunjungan blog di dashbor blogger dengan google analytics tool.

Padahal, penyebabnya adalah ghost referral spam ini, yakni bekerja untuk mengacaukan statistik yang ada (real).

Perlu diketahui juga bahwa Ghost referral Spam ini juga mempengaruhi nilai persentase Bounce Rate blog milik kita. Semoga berguna, wassalam.

0 Response to "Cara Mengatasi Ghost Referral Spam, Perusak Statistik Google Analytics Blogger"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).