Pengertian SEO - Search Engine Optimization: SEO On Page dan SEO Off Page

DALAM beberapa kasus yang dialami oleh blogger pemula, seringkali bertanya-tanya mengapa blog, situs atau pun website yang dimilikinya sepi dari pengunjung blog. Jika saja mau mencari tahu, maka jawabannya karena blogger tersebut tidak menerapkan teknik SEO.

Pengertian SEO - Search Engine Optimization: SEO On Page dan SEO Off Page

Sebenarnya SEO itu apa sih? Bagaimana menerapkan teknik SEO? Berikut pengertian SEO yang terbagi menjadi dua bagian, SEO On Page dan SEO Off Page serta pengaruh dan efek apabila blog menerapkan teknik SEO terhadap situs.

Pengertian SEO - Search Engine Optimization secara Lengkap


#1. PENGERTIAN SEO MENURUT WIKIPEDIA

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Pengertian SEO - Search Engine Optimization: SEO On Page dan SEO Off Page

#2. PENGERTIAN SEO MENURUT PARA AHLI & MASTER SEO

Sebenarnya, pembahasan ini sudah saya tulis jauh-jauh hari, lebih tepatnya pada tahun lalu yakni pada Juli 2015, definisi SEO menurut para pakar mesin pencari.

  • Danny Sullivan, pengertian seo menurut Danny Sullivan a.k.a Godfather of SEO (Searchengineland) adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
  • Neil Patel, pengertian SEO menurut Neil Patel adalah sebuah seni untuk memahami mesin pencari (search engine) dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah situs/website memiliki peringkat lebih tinggi pada search engine.
  • Dax Herrera, Misi Google adalah mengorganisir seluruh informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah di akses dan bermanfaat. Sedangkan misi SEO adalah mengorganisir informasi dari klien untuk membuatnya dapat di akses oleh robot dan menghasilkan uang.
  • Rand Fishkin, Pengertian SEO menurut Rand Fishkin adalah kombinasi dari teknik, taktik, dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, seperti kemudahan penggunaan (friendly), fokus pada konten (artikel), penargetan audiens, pengembangan situs, dan desain, penelitian tentang kata kunci (keyword), link building dan segala macam elemen online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
  • QuadsZilla, SEO adalah ketika seseorang mencoba untuk melakukan kecurangan dan mengambil jalan pintas sehingga situs/website mereka akan tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian (menurut ranking) daripada yang sepantasnya mereka terima.

Jenis Optimasi SEO: SEO On Page & SEO Off Page


Pada dasarnya, SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis penerapan teknik pengoptimalan website, yakni SEO On Page dan SEO Off Page.

Perbedaan antara SEO On Page dan SEO Off Page adalah kalau On Page lebih fokus mengoptimalkan situs di dalam situs tersebut, sedangkan Off Page adalah mengoptimalkan situs di luar situs tersebut.

Dengan berbagai informasi yang ditemukan, sebenarnya telah banyak yang membahas bagaimana cara menerapkan teknik SEO on page dan SEO off page itu sendiri. Untuk kelengkapan artikel ini, sila disimak baik-baik.

#1. Teknik SEO On Page

  • Menggunakan template blogger atau wordpress SEO friendly seperti fast loading, responsive, mobile friendly dan telah mendukung fitur dynamic heading tag pada blog
  • Mengisi deskripsi blog
  • Memasang deskripsi singkat pada artikel atau posting blog
  • Mengedit link URL artikel dengan menyisipkan keyword (kata kunci)
  • Memanfaatkan berbagai tools yang berfungsi melacak keyword
  • Memanfaatkan Long Tail Keyword
  • Membuat artikel untuk mesin pencari
  • Mendaftarkan blog ke mesin pencari, seperti search engine Google, Bing, Yahoo dan Yandex
  • Mengoptimasi gambar dengan cara mengisi Alt dan Title dengan judul artikel blog
  • Menggunakan meta tags yang seo killer di template blog untuk mendukung optimasi yang akan dilakukan; dan
  • Masih banyak lagi.

#2. Teknik SEO Off Page

  • Mencari dan menciptakan backlink blog, yakni link yang berasal dari luar yang mengarah ke blog kita, misalnya blogwalking sehingga terciptanya backlink natural
  • Melakukan promosi website di jejaring sosial media, seperti facebook, twitter, pinterest, instagram, path dan aplikasi sosmed lainnya

Sebenarnya banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk menerapkan teknik SEO off page itu sendiri. Namun, kebanyakan penerapan teknik yang dijelaskan dan disarankan berbau SPAM, dengan kata lain berbahaya bagi blog kita.

Kenali Juga: Teknik White Hat SEO, Black Hat SEO & Gray Hat SEO.

Pengertian SEO - Search Engine Optimization: SEO On Page dan SEO Off Page

KESIMPULAN

SEO itu sebenarnya sangat luas. Kita akan berhadapan langsung dengan yang namanya algoritma mesin pencari, yakni sebuah mekanisme pencarian pintar yang dilakukan oleh search engine untuk memfaktorkan blog apakah layak untuk ditampilkan di halaman pertama (pageone) atau tidak sama sekali.

Pengertian SEO diatas pun berbeda dengan pengertian Search Engine Marketing (SEM), Sosial Media Optimization (SMO) dan Social Media Marketing (SMM). Untuk SEM sudah dibahas, Pengertian SEM.

Untuk beberapa pengertian diatas lainnya, akan menyusul. Good luck & happy blogging!

0 Response to "Pengertian SEO - Search Engine Optimization: SEO On Page dan SEO Off Page"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.