3 Tips Penting sebelum Menulis Artikel Blog SEO dan User Friendly

Share:

FB Google+ Twitter

3 Tips Penting sebelum Menulis Artikel Blog SEO dan User Friendly
Pada dasarnya menulis posting blog yang berkualitas, ada beberapa elemen penting yang tidak boleh kita lupakan atau wajib kita ketahui sebelum menulis artikel blog SEO dan User Friendly.

Elemen yang dimaksud adalah menerapkan teknik SEO (relatif - sesuai kebutuhan), tulisan terhadap search engine (mesin pencari) dan nyaman bagi pembaca blog.

Itu hanya 3 poin paling mendasar. Jika kita memecahkan ke 3 poin diatas menjadi beberapa bagian, tentu kita akan menemui banyak poin penting lainnya.

3 Tips Penting sebelum Menulis Artikel Blog SEO dan User Friendly



#1. SEO (Search Engine Optimization)

Untuk sebuah blog yang ingin bersaing dengan blog papan atas atau ingin mengalahkan blog pesaing di halaman SERP, menerapkan teknik SEO wajib diperhitungkan.

Untuk teknik seo sendiri, hal yang paling dasar adalah memahami apa itu SEO. Untuk menerapkan caranya sendiri, sudah pernah dibahas di kategori SEO. Silahkan di ubek-ubek sendiri.

Baca Juga: Pengertian Template Blog SEO

#2. SEO Friendly

Pengertian SEO Friendly adalah "bersahabat" bagi mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo maupun Yandex. Untuk menerapkan teknik SEO Friendly sendiri sudah dibahas di blog ini.

Semua yang dibahas yang berkaitan erat dengan seo friendly sudah di posting berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya secara pribadi. Silahkan memilah blog ini halaman per halaman, barangkali Anda menemukan artikel yang berguna.

Untuk menerapkan tips & trik SEO Friendly ini sebenarnya agak rumit. Jika dibahas di satu artikel ini, mungkin akan memakan banyak waktu sampai 2 hari.

Jadi saya ambil poin-poin pentingnya saja, ialah:

  1. Menggunakan template blog SEO dan User Friendly, Responsive, Mobile-Friendly & Fast Loading
  2. Memahami pengetahuan dan perkembangan berbagai algoritma mesin pencari, dimana algoritma ini adalah suatu perhitungan mesin pencari terhadap kelayakan blog apakah layak untuk ditampilkan di Page-One atau tidak sama sekali

Singkatnya blog yang kita miliki harus "bersahabat" terhadap mesin pencari sehingga pada akhirnya blog kita akan lebih mudah di indeks dan ditemukan oleh para calon pengunjung dan pembaca blog.

Baca Juga:

  1. Pengaruh template blog terhadap Mesin Pencari
  2. Peran penting Dynamic Heading Tags SEO blog pada Search Engine
  3. Head Keyword, Body Keyword & Long Tail Keyword
  4. Pengertian Trafik Organik & cara mendapatkannya Organic Traffic

#3. User Friendly

Istilah User Friendly ialah kebalikan dari SEO Friendly, kalau SEO Friendly fokus mengoptimalkan blog terhadap mesin pencari sehingga lebih mudah tampil dihalaman SERP; sedangkan User Friendly adalah "bersahabat" bagi pengunjung blog.

Yang dimaksud "bersahabat" adalah kenyamanan pembaca ketika mengakses blog.

Ada beberapa faktor dan alasan mengapa sebuah blog sudah dianggap User Friendly, yakni:

  • Memiliki kecepatan menampilkan tampilan blog (fast loading)
  • Adanya fitur mobile friendly dan responsive
  • Latar belakang blog berwarna putih sedangkan warna huruf font berwarna hitam
  • To the point
  • Adanya imbuhan Bold, Italic dan Underline
  • Artikel berkualitas dan kaya akan informasi yang sangat berguna
  • Adanya bullet dan numbering untuk menjelaskan beberapa hal pada poin-poin tertentu
  • Adanya jarak antara alinea per alinea dengan tiap-tiap paragraf berisi 3 - 4 baris kalimat (paling bagus 4 dan paling banyak 5, rekomendasi demi kenyamanan pembaca); dan
  • Kalau memungkinkan, Anda bisa menyisipkan beberapa artikel dalam bentuk hyperlink yakni kalimat yang diberi link URL dan apabila di klik akan mengarah ke artikel yang telah dipilih atau ditentukan (pastikan bahwa artikel yang akan diberikan hyperlink harus relevan!).

Sebenarnya mudah-mudah saja memahami tips penting sebelum menulis posting blog SEO dan User Friendly.

Berhubung blog ini adalah blog personal dimana saya manfaatkan sebagai tempat untuk mendokumentasikan pengetahuan saya, 90% semua poin-poin diatas sudah saya bahas di blog ini.

Sisa 10%-nya adalah algoritma search engine karena saya sendiri kurang berminat membahas algoritma terbaru mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo apalagi Yandex. Ndak seru! Good luck.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Tips SEO

Thanks for reading 3 Tips Penting sebelum Menulis Artikel Blog SEO dan User Friendly. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

1 Response to "3 Tips Penting sebelum Menulis Artikel Blog SEO dan User Friendly"

  1. sangat mantab penjelasan dan diskripsinya. Saya termasuk suka nulis, namun masih gaya bebas. Dengan display aturan diatas jadi agak care dengan ketentuan

    ReplyDelete

If you find any errors in this article, please comment.