5 Tools yang Wajib Digunakan oleh Blogger - Online Blogging Tools

UNTUK mengetahui bagaimana tingkat kesuksesan blog kita dihasil pencarian Search Engine Result Page (SERP), setidaknya ada 5 tools yang wajib diketahui dan digunakan oleh blogger, istilah ini dikenal Online Blogging Tools.

Dengan memanfaatkan kelima situs ini, kita akan berhadapan langsung untuk mengetahui skor SEO, kecepatan loading blog, google webmaster, structured data testing tool dan feedburner.

5 Tools yang Wajib Digunakan oleh Blogger - Online Blogging Tools


Kelima tools tersebut adalah CHKME, GTMetrix, Google Webmaster, Structured Data Testing Tools dan Feedburner.

5 Tools yang Wajib Digunakan oleh Blogger - Online Blogging Tools

#1. Chkme: Menguji skor SEO blog

Chkme ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar tingkat skor SEO dari template blog yang kita gunakan. Minimal, template blog yang baik memiliki skor 80%.

Baca Juga: Pentingkah skor SEO? Saya rasa tidak.

#2. GT Metrix: Menguji Kecepatan Loading Blog

GT Metrix merupakan tools yang berfungsi mengidentifikasi kecepatan loading situs ketika diakses oleh para pengunjung. Semakin tinggi nilainya, semakin bagus untuk bersaing di SERP.

Nilainya sendiri yang paling rendah adalah E, sedangkan A adalah nilai tertinggi. A sudah pasti memiliki nilai diatas 90%.

#3. Google Webmaster Tool

Bagi blogger yang ingin bersaing di halaman SERP tentu harus mendaftarkan blognya ke Google Webmaster Tool agar seluruh artikel/posting blog terlihat di search engine.

Sebenarnya, bukan hanya Google saja. Masih ada mesin pencari selain Google, seperti Bing dan Yahoo!. Pastikan blog sudah terdaftar di tiga mesin pencari ini.

#4. Structured Data Testing Tool

Structured data testing tools pada dasarnya mengecek kesehatan blog kita, apakah ada bagian yang mengalami masalah atau tidak. Misalnya, warning atau error di Author.

Perlu diketahui, salah satu faktor yang mempengaruhi blog di SERP adalah kesehatan blog kita. Semakin baik kesehatan blog kita, maka semakin mudah terindeks oleh Google.

#5. Feedburner

RSS Feed milik Google. RSS Feedburner berfungsi menyebarkan artikel ke email si pelanggan (pembaca/pengunjung) artikel blog kita.

KESIMPULAN

Perlu ditekankan disini adalah 5 online blogging tools diatas merupakan salah satu rahasia yang wajib dipelajari oleh blogger pemula, blogger yang baru saja masuk ke dunia blogging.

Mau tidak mau, kita sebagai blogger pemula harus bersaing dengan para ahli dan master SEO. Jika pun tidak, situs tersebut memiliki anggota sebagai teknisi di bidang SEO. Good luck!

» Terima kasih sudah mau membaca konten 5 Tools yang Wajib Digunakan oleh Blogger - Online Blogging Tools. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "5 Tools yang Wajib Digunakan oleh Blogger - Online Blogging Tools"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.