Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan

SITELINK merupakan hadiah yang diberikan oleh Google kepada blog yang pantas. Kata "pantas" yang dimaksudkan disini tentu saja blog berkualitas dan kaya akan informasi.

Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan

Sitelink, bisa dikatakan pula - secara tidak langsung - bisa menambahkan atau meningkatkan reputasi blog kita. Lebih dari itu, tampil atau tidaknya sitelink juga bisa digambarkan sebagai apakah blog kita berkualitas atau tidak sama sekali, atau belum mencapai tingkat berkualitas.

Pengertian Google Sitelink

Google sitelinks adalah navigasi menu menurun berupa link artikel pilihan algoritma Google secara khusus. Biasanya, minimal sitelink yang ditampilkan berjumlah dua buah. Kadang, bisa mencapai 10 sitelink.

Sitelink bisa diistilahkan pula dengan sebutan tautan situs, yakni tautan yang diberikan oleh Google kepada pemilik blog. Pemberian ini bukan asal-asalan, karena untuk mendapatkannya kita harus melalui proses yang amat panjang. Bisa dikatakan, sitelink ini merupakan "hadiah" dari Google.

Most web site operators view Sitelinks as a reputation enhancer, and also a way to control a greater area of the search results page.

Sampai saat ini, tidak ada yang tahu sama sekali bagaimana cara mendapatkan sitelink. Hanya saja, dari berbagai informasi yang saya temukan, faktanya google menggunakan algoritma khusus yang mengelola sitelink ini, apakah sitelinks tersebut ditampilkan atau tidak pada sebuah situs atau website.

Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan


Andaikata kita sudah mendapatkan sitelink. Namun, sitelink yang kita dapatkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Makanya, saya menulis artikel tentang cara menghapus atau menghilangkan sitelink yang tidak diinginkan.

Google menjelaskan pada laman Demote Sitelink,

If you think that a sitelink URL is inappropriate or incorrect, you can demote it. Demoting a URL for a sitelink tells Google that you don't consider this URL a good sitelink candidate for a specific page on your site. Google doesn't guarantee that demoted URLs will never appear as a sitelink, but we do consider a demotion a strong hint that we'll try to honor when generating sitelinks.

Nah, dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Google juga menyadari apabila sitelinks yang ditampilkan kadangkala tidak sesuai dengan apa yang kita mau.

Masuk ke Google Webmaster Tools. Pilih menu Search Appearance > Sitelinks.

Nah, sampai disini, kita harus mengcopas (copy & paste) link URL dari tautan situs yang tidak ingin kita tampilkan lagi di blog kita di halaman search engine result page. Misalnya, http://www.ariefghozaly.com/p/about.html.

Balik lagi ke Tautsitus tadi, atau halaman sitelinks google. Disini, kita akan melihat ada dua kotak, yang pertama untuk hasil penelusuran ini dan demosikan URL tautan situs.

Copas link URL yang sudah dipilih pada kotak kedua, yakni pada demote this sitelink url. Klik menu "demote" jika sudah yakin, selesai.

Baca Juga:


Proses demote link URL ini membutuhkan waktu setidaknya 24 jam atau lebih.

KESIMPULAN

Sebenarnya, google tidak yakin apakah cara ini berhasil atau tidak, karena seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa ada algoritma khusus yang menangani google sitelinks ini.

Saya juga sering menemukan artikel berupa sitelinks google ini, dimana proses demote merupakan cara mendapatkan sitelinks dengan cepat. Menurut saya ini salah, toh google juga sudah menerangkan bahwa "demote" yang dimaksud adalah menghapus. Bukannya mendapatkan.

Perlu diketahui, ada ribuan blogger bahkan lebih dari itu yang ingin mendapatkan sitelinks ini. Kalau blog Anda sudah mendapatkannya lalu Anda sendiri ingin menghapusnya, saya kira Anda kurang bersyukur. Semoga berguna.*

» Terima kasih sudah mau membaca konten Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.