Dampak Menggunakan Robot.txt "Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0" di Blog

SEPERTI yang dijelaskan oleh google, robot.txt adalah file pada akar situs Anda yang menunjukkan bagian dalam situs yang tidak Anda izinkan untuk diakses oleh perayap mesin telusur.

Untuk lebih sederhananya, robot.txt adalah sebuah file berformat text (.txt) yang berfungsi mengontrol, mengatur atau memberi perintah sebuah halaman apakah akan di indek atau non-indeks oleh (bot crawler) spider google.

Dampak Menggunakan Robot.txt "Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0" di Blog

Pada pembahasan terkait robot.txt ini, kita akan menemukan beberapa istilah penting, yakni:

  • “User-agent: Mediapartners-Google”
  • “Disallow: ”
  • “User-agent: *”
  • “disallow: /search”
  • “allow: /”
  • “Sitemap: ”
  • Disallow: /?m=1
  • Disallow: /?m=0
  • Disallow: /*?m=1
  • Disallow: /*?m=0; dan
  • Masih banyak lagi

Namun, yang menjadi topik kali ini adalah dampak buruk dan efek bahaya dari penggunaan robot.txt "Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0" di blog ini.

Sebenarnya, pembahasan ini sudah banyak dibahas oleh blogger mana pun, biasanya ditulis untuk menghindari duplikat konten artikel / posting blog.

Baca Juga: Duplikat konten bukanlah Masalah Google.

Dampak Penggunaan Robot.txt "Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0"


Dampak buruk dan efek bahaya dari penggunaan robot.txt disallow m=1 dan m=0 ini adalah hilangnya deskripsi artikel blog kita.

Deskripsi untuk hasil ini
tidak tersedia karena robot.txt situs ini
pelajari lebih lanjut.

Hal ini berdasarkan riset saya sendiri, saya alami dan ditemukan secara tidak sengaja.

Kejadian ini berawal pertama kali terjadi pada tahun lalu, saya mencoba cara untuk menghindari duplikat konten dengan memasangkan kode dibawah ini, custom robot.txt bawaan blogger, dengan kata lain standart default blogger.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
Sitemap: http://tipsseokiller.blogspot.co.id/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Hasilnya? 24 jam kemudian, deskripsi artikel blog saya malah menghilang di hasil penelusuran Google. Karena panik dadakan, akhirnya saya melepas kode diatas.

Btw... meskipun saya sendiri memasang kode robot.txt diatas, tetap saja artikel saya berada di halaman pertama (pageone) di Google. Tapi ya itu, kurang "srek" dilihat kalau robot.txt dicekal oleh bot google.

Jadi, tidak ada pengaruh sama sekali hasil penelusuran dengan queri tertentu sehingga artikel blog kita tampil di pageone dengan kode pencekalan diatas tadi.

Kesimpulannya adalah jangan gunakan kode diatas jika memang Anda sendiri tidak membutuhkannya. Selain deskripsi artikel tidak muncul, katanya sih bisa mempengaruhi ranking blog.

Masa sih? Untuk ranking blog, saya pribadi tidak mempercayainya karena sudah di uji langsung di blog ini. Tidak ada pengaruhnya ke ranking blog kita. Happy blogging!

1 Response to "Dampak Menggunakan Robot.txt "Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0" di Blog"

  1. Saya juga pake defaul aja karena sperti diatas penjelasannya kadang mobile friendlynya gak bisa bila aktifkan robot modif

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.