9 Penyebab Sitelink Blog tidak Muncul Dihalaman Google

SETELAH membaca cara mendapatkan sitelink blog ini, mungkin beberapa diantara blogger telah melakukan upaya atau tindakan yang disesuaikan pada artikel tersebut. Hasilnya? Sitelink tetap tidak mau muncul, tidak ada atau tidak tampil di hasil pencarian mesin pencari Google.

9 Penyebab Sitelink Blog tidak Muncul Dihalaman Google

Apa Itu Google Sitelinks?

Google sitelinks adalah navigasi menu menurun berupa link artikel pilihan algoritma Google secara khusus. Biasanya, minimal sitelink yang ditampilkan berjumlah dua buah. Kadang, bisa mencapai 10 sitelink.

Most web site operators view Sitelinks as a reputation enhancer, and also a way to control a greater area of the search results page.

Beberapa blogger yang sudah lama ngeblog, meyakini bahwa sitelink - secara tidak langsung - menambah atau meningkatkan reputasi blog kita. Oleh karena itu, sitelinks bisa dianggap sangat berharga.

9 Penyebab Sitelink Blog tidak Muncul Dihalaman Google


Google tidak mengatakan bagaimana cara mendapatkan sitelinks. Itulah faktanya. Kalau pun memang ada, misalnya di laman Sitelinks Google ini, tidak begitu dimengerti.

Berdasarkan hasil googling, ditemukan fakta menarik bahwa ada beberapa penyebab mengapa sitelink blog kita tidak ditampilkan dihasil pencarian Google, diantaranya adalah:

  • Navigasi sulit di indeks oleh googlebot
  • Lalu lintas atau trafik organik yang belum tinggi (trafik organik masih rendah)
  • Kalah bersaing di halaman SERPs - Tidak menggunakan teknik SEO
  • SEO off page - Pemasaran situs/web yang kurang maksimal (apabila tidak menerapkan teknik SEO onpage)
  • Asal-asalan memasang Internal Links; dan
  • Pemasangan Internal Links kebanyakan menuju pada beberapa artikel
  • Halaman per halaman, secara keseluruhan, memiliki meta deskripsi yang sama
  • Artikel yang tidak berkualitas, hanya berisi sedikit kata, atau posting blog yang kurang informatif
  • Terjadinya duplikat konten pada artikel blog; dan....
  • Mungkin teman-teman mau menambahkannya sendiri di kolom komentar?

Faktor tidak munculnya sitelinks ini, mungkin atau tidak mungkin, beberapa diantaranya disebabkan karena hal-hal diatas tadi.

Google Menggunakan Algoritma Khusus untuk Sitelinks


Untuk menampilkan sitelinks ini, pada faktanya google menggunakan algoritma khusus yang mengelola sitelinks ini, apakah sitelinks akan ditampilkan pada sebuah blog atau tidak sama sekali.

Pada laman Webmaster Guidelines, dikatakan bahwa kita harus membuat situs dengan hirarki dan teks link (hyperlink) yang jelas. Make a site with a clear hierarchy and text links!

Hirarki adalah memahami sebuah masalah dengan menyusun tiap-tiap poin yang dianggap penyebab masalah, dengan cara ini ditemukan bagaimana cara kita menyelesaikan masalah tersebut, mengambil keputusan mana yang akan diambil.

Artinya, apabila kita mengulas sebuah informasi dalam bentuk artikel atau posting blog, pastikan bahwa kita menanamkan Hyperlink atau teks berupa link.

Contoh hyperlink yang bisa saya gambarkan adalah seperti dibawah ini:

9 Penyebab Sitelink Blog tidak Muncul Dihalaman Google

Nb: Tiap-tiap kata yang berwarna biru diatas adalah hyperlink. Link ini nantinya akan diarahkan ke arti, makna atau maksud dari tiap kata yang dipasangkan link.

INFORMASI

Sebagai informasi saja.... Saya pernah blogwalking ke forum-forum yang membahas SEO. Hanya saja saya bersikap "silent reader", hanya membaca. Barangkali ada informasi penting yang belum saya ketahui.

Nah, hasil dari blogwalking tersebut ditemukan bahwa sitelink muncul atau tidaknya itu tergantung peramban browser yang kita gunakan. Misalnya saja, sitelink tampil di google chrome, namun tidak muncul di mozilla firefox, UC browser, opera mini dll.

Intinya, sitelinks ini bikin pusing. Nggak perlu dipikirkan. Yang penting, keep blogging!*

3 Responses to "9 Penyebab Sitelink Blog tidak Muncul Dihalaman Google"

  1. Lumayan banyak juga ya penyebab sitelink blog tidak muncul di halaman Google, mungkin salah satu sebab yang sudah dijelaskan di atas penyebab sitelink blog saya belum muncul. Thanks:)

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.