Pengertian dan Fungsi Web Hosting bagi Website Kita

SALAH satu perbedaan antara blog dan website adalah blog merupakan website sedangkan website belum tentu blog. Jika diibaratkan, blog layaknya sebuah ruangan yang ada di dalam rumah, sedangkan website adalah rumahnya.

Sebuah rumah (web) sudah pasti memerlukan pondasi yang amat kuat, salah satunya adalah hosting. Mengapa demikian? Karena fungsi hosting adalah mendukung terciptanya sebuah weblog seperti konfigurasi PHP, HTML, MySQL, tempat penyimpanan file dan data web (space), aplikasi dan bandwidth.

Pengertian dan Fungsi Web Hosting bagi Website Kita

Jadi, rumah (web) itu membutuhkan yang namanya ruang (hosting) untuk menyimpan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan, seperti lemari, bangku, alat perlengkapan memasak, gudang, dll.

Anda sudah paham sampai disini? Mari kita bahas apa itu hosting.

Pengertian dan Fungsi Web Hosting bagi Website Kita


Hosting adalah sebuah ruang yang mampu menyimpan berbagai data yang kita butuhkan, seperti halnya yang sudah saya sebutkan diatas tadi, ada space atau kapasitas ruang, sebagai pendukung terciptanya sebuah weblog, media penyimpanan aplikasi, konfirugasi MySQL dan lainnya.

Kualitas hosting ditentukan oleh berbagai faktor, seperti jenis paket hosting apa yang akan kita sewa, seberapa besar ruang dan kapasitas penyimpanan yang disediakan, harganya dan tentu saja kualitas dari si penyedia layanan web hosting.

Biasanya, paket web hosting unlimited merupakan jenis yang paling mahal. Namun, dibalik itu semua tentu saja ada faktor lainnya yang bisa menentukan mahal atau murahnya harga paket web hosting.

Sebenarnya pun, definisi hosting bukan hanya itu saja. Hosting juga sangat mempengaruhi kualitas website seperti kecepatan loading yang diakses apakah lambat atau cepat, masalah sering atau tidak di akses oleh pengunjung, dan berbagai masalah terkait lainnya.

Jenis-Jenis Web Hosting


Dengan meningkatnya persaingan bisnis hosting ini, beberapa pihak yang menyediakan hosting terus melakukan pembaharuan guna meningkatkan mutu, kenyamanan dan keunggulan hosting, diantaranya adalah:

  • Shared Hosting
  • Cloud Hosting
  • VPS Hosting
  • Dedicated Server

Untuk blogger yang melakukan blogging pada platform Blogger (bukan Wordpress), kita sudah disediakan Hosting oleh Google sebesar 15GB dan itu gratis. Happy blogging!

1 Response to "Pengertian dan Fungsi Web Hosting bagi Website Kita"

  1. Terima kasih Informasinya, tugas pun terselesaikan tentang web hosting. Thanks min :D Annas Tasyia

    ReplyDelete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).