Algoritma Google versi Terbaru, Google Update Penguin 2016

Setelah menunggu hampir 2 tahun lamanya atau lebih tepatnya belum di update pada tahun 2012 lalu, tepat pada tanggal 23 september 2016 hari ini, Google resmi memberikan informasi bahwa algoritma Penguin sudah di update ke versi terbaru dan ini adalah versi terakhir.

Penguin is Now Part of Our Core Algorithm, artinya sekarang Penguin adalah bagian inti dari algoritma, begitu kata Google.


Algoritma Google versi Terbaru, Google Update Penguin 2016

Seperti yang kita tahu selama ini, ada 200 sinyal unik atau "petunjuk" terhadap apa yang kita cari. Sinyal-sinyal tersebut dikatakan memberi pengaruh terhadap kata-kata tertentu yang muncul di website, fresh content (kesegaran konten atau artikel), lokasi kita dan PageRank.

Nah, dari 200 sinyal itu terdapat sinyal khusus dari algoritma yang disebut Penguin, yang pertama kali dibuat dan diciptakan pada tahun 2012 dan kini telah di update dengan cara kerja real time.

Algoritma Google versi Terbaru, Google Update Penguin 2016


Algoritma Penguin pada dasarnya bekerja dengan cara mencari, menyaring dan menangkap situs yang melakukan tindakan spam (spamming) atau situs / web blog yang melakukan hal-hal yang tidak wajar.

Terakhir kali, Penguin di update pada 17 Oktober 2014 lalu. Setelah Google memberikan kebebasan bagi berbagai web blog yang senantiasa melakukan spamming, akhirnya Google melakukan update dan ini harus diwaspadai oleh blogger yang menggunakan teknik black hat seo.

Saya sendiri sudah blowalking ke situs-situs luar negeri yang berkaitan dengan SEO. Ternyata informasi ini sudah cukup heboh dan banyak artikel yang langsung di tulis ulang untuk dibagikan kepada para pembaca blog mereka.

Google menjelaskan bahwa algoritma Penguin kali ini adalah versi terakhir, dengan kata lain tidak akan ada lagi pembaharuan. Algoritma ini nantinya bekerja secara refresh real-time dimana terus menerus akan melakukan perbaikan berskala secara terus menerus.

Bagi artikel-artikel yang sebelumnya sudah terkena dampak recrawls atau reindexs, akan dinilai lagi oleh filter dari algoritma Penguin ini. Nantinya, artikel tersebut akan dibebaskan atau tetap dianggap spam oleh Penguin.

Sebenarnya, bagaimana efek nantinya masih banyak dipertanyakan oleh kalangan blogger apakah hanya akan berdampak pada satu artikel yang dianggap spam atau mencakup seluruh halaman itu sendiri.

Dikatakan Google, versi kali ini adalah versi ke 4. Untuk selengkapnya bisa dilihat dibawah ini terkait sejarah update algoritma penguin dari masa ke masa serta bagaimana tingkatan dampak dan efeknya bagi blog:

  • Penguin 1.0 on April 24, 2012 (impacting ~3.1% of queries)
  • Penguin 1.1 on May 26, 2012 (impacting less than 0.1%)
  • Penguin 1.2 on October 5, 2012 (impacting ~0.3% of queries)
  • Penguin 2.0 on May 22, 2013 (impacting 2.3% of queries)
  • Penguin 2.1 on Oct. 4, 2013 (impacting around 1% of queries)
  • Penguin 3.0 on October 17, 2014 (impacting around 1% of queries)
  • Penguin 4.0 & real-time on September 23, 2016

Dikatakan Google, algoritma kali ini akan bekerja secara real time dan pembaharuan algoritma penguin kali ini adalah untuk versi terakhir. Untuk ke depannya, tidak akan ada versi terbaru lagi. Bagaimana, sudah siap menghadapi pembaharuan algoritma Penguin ini? Waspadalah, blog spam.*

2 Responses to "Algoritma Google versi Terbaru, Google Update Penguin 2016"

  1. Makasih banyak atas infonya. Sebelumnya baru tau dari forum blogger indonesia mengenai update google. Harus main jujur aja biar gak panik ya ga bro? Thanks a lot for sharing

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.