Arti dan Maksud dari Konfirmasi Email Aplikasi Sosial Media

Share:

FB Google+ Twitter

Arti dan Maksud dari Konfirmasi Email Aplikasi Sosial Media
Pernah bermasalah dengan akun sosial media seperti kehilangan akun gara2 lupa password?

Entah itu Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Hangout, Path, Steemit, Bitcoin, Snapchat, Wechat, Linkedin, BBM dan lainnya.

Terus bagaimana mengembalikan akun yang hilang tersebut? Tentu saja satu2nya cara yang bisa diandalkan adalah melakukan perbaikan melalui email yang terdaftar!

Cara tersebut akan bekerja apabila pendaftaran email dilakukan ketika pertama sekali membuat akun pada aplikasi2 sosial media tersebut.

Singkatnya ketika sebuah akun dari program aplikasi sosial media hilang atau lupa password (atau di hack orang) bisa kita kembalikan ke seperti semula dengan bantuan email yang terdaftar.

Nah apa itu konfirmasi email atau "email confirm"?

Arti dan Maksud dari Konfirmasi Email Aplikasi Sosial Media


Pada awalnya, ketika membuat atau daftar akun terbaru di aplikasi2 tersebut, seringkali kita disuruh untuk memasukkan Username, Email dan Password.

Ketika proses pendaftaran pembuatan akun tersebut selesai dilakukan, kita pasti disuruh untuk melakukan konfirmasi email.

Arti dan Maksud dari Konfirmasi Email Aplikasi Sosial Media

Apa sih konfirmasi email itu? Begitulah pertanyaan yang muncul di benak hati.

Pengertian konfirmasi email yang dimaksud adalah pengkaitan, penyambungan atau menghubungkan suatu aplikasi sosial media ke email tersebut.

Fungsinya ketika sewaktu-waktu akun dari sosial media tersebut lupa password, hilang atau di hack orang lain; bisa kita mengembalikannya dengan bantuan email yang sudah dikaitkan tersebut.

Contohnya ketika membuat akun untuk aplikasi LINE. Setelah proses pembuatan akun LINE, pasti kita disuruh cek dan mengkonfirmasi email.

Nah ketika ada pembaharuan atau update LINE seringkali kita disuruh untuk Log-in kembali. Berhasil dong pastinya karena sebelumnya kita telah mengkaitkan email tersebut.

Namun di sisi lain, ketika update LINE sudah selesai dan disaat Login ternyata nggak bisa, itu karena email tersebut belum dikaitkan. Masalah ini paling sering menimpa pengguna BBM mana pun!

Arti dan Maksud dari Konfirmasi Email Aplikasi Sosial Media

Kesimpulan Singkat

Kenapa saya bikin artikel ini? Karena banyak banget yang menghujat aplikasi2 sosial media seperti LINE dan BBM di komentar Playstore dan AppStore.

Gara2 ketika update sudah dilakukan tapi nggak bisa login lagi.

Sebenarnya kamu nggak salah karena kamu nggak tau apa2 soal pengkaitan email ini. Salahnya di kamu adalah langsung memvonis kalau update itu membuat akun sosmed kamu hilang. Lalu kamu menghujat aplikasi tersebut.

Dengan sangat maaf saya katakan kalau kamu bodoh. HP mahal, kuota banyak, tapi sayang... bodoh.

Memang topik diatas tampak sederhana ya.

Tapi harus diakui, kalau sekalinya email tersebut tidak dikaitkan dengan social media account tersebut; dan sewaktu2 ada update terbaru, kamu disuruh login lagi dan ternyata nggak bisa gara2 belum konfirmasi email, itu bukan salah perusahaan sosial media.

Ok kalau misalkan nggak mau mengkaitkan dengan email, bisa konfirmasi dengan nomor HP kok. Singkatnya, No. HP tersebut alternatif lain dari email yang tidak ingin dikaitkan.

Itu murni salah kamu. Titik. Tolong jangan menghujat aplikasi sosial media. Sudah bagus gratis dan bebas pakai. Masih menghujat pula. Salahnya pun di kamu sendiri. Semoga berguna.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Internet, Program Aplikasi

Thanks for reading Arti dan Maksud dari Konfirmasi Email Aplikasi Sosial Media. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "Arti dan Maksud dari Konfirmasi Email Aplikasi Sosial Media"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.