Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep & Hibernate

Mungkin tutorial cara membuat shortcut shutdown, restart, sleep dan hibernat di Windows ini tidak terlalu penting untuk versi 7 karena langkah-langkahnya sangat mudah, terkecuali untuk versi 8, 8.1 dan 10 karena tata letaknya yang sulit untuk diketahui sebelumnya, biasanya bagi pengguna baru termasuk saya sendiri hehe.

Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep & Hibernate di Windows 7, 8, 8.1 dan 10

Untuk user baru yang penasaran terkait apa-apa saja yang bisa dilakukan adalah kita bisa melakukan dan membuat shortcut-shortcut yang berfungsi untuk mematikan, me-restart, standby dan dalam mode hibernate.

Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep & Hibernate


Perlu diketahui sebelumnya bahwa ada beberapa kode yang berfungsi untuk menjalankan ini semua. Tiap-tiap kode berfungsi dan bekerja dengan caranya masing-masing.

  • Shutdown (Mematikan): shutdown.exe -s -t 00
  • Sleep (Standby): rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0
  • Lock (Mengunci): Rundll32.exe User32.dll,LockWorkStation
  • Hibernate (Semi-Shutdown): rundll32.exe PowrProf.dll,SetSuspendState

Silahkan pilih salah satu yang kita inginkan. Untuk contoh pada artikel ini, saya menggunakan kode shutdown.exe -s -t 00 untuk membuat shortcut shutdown.

  1. Pergi ke halaman home atau desktop
  2. Klik kanan > New > Shortcut
  3. Muncul kotak dialog Create Shortcut
  4. Pada kolom kosong dengan judul "Type the Location of The Item....." masukkan kode shutdown.exe -s -t 00 (sebagai contoh)
  5. Klik tombol Next dan Finish

Bagi yang ingin mengubah icon pada shortcut tersebut, caranya cukup mudah. Klik kanan dan pilih properties, apabila ada tulisan "change icon", itu menandakan bahwa kita bisa mengganti icon shortcut tersebut. Semoga berguna.*

» Terima kasih sudah mau membaca konten Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep & Hibernate. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep & Hibernate"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.