3 Cara Mempercepat Proses Booting di Windows 7

Share:

FB Google+ Twitter

3 Cara Mempercepat Proses Booting di Windows 7
Cara mempercepat proses booting di Windows 7 sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah kalau mengerti bagaimana rahasianya.

Nah greget-nya ialah meski pun era sistem operasi saat ini sudah berkembang banget, bukan berarti banyak yang meninggalkan Windows XP maupun Windows 7.

Itu semua karena proses OS yang dikembangkan oleh Microsoft tersebut enak dan mudah digunakan, apalagi tata menunya yang mudah dimengerti. Bukan begitu kan?

Terkait booting, memang banyak kasus dimana booting terasa begitu lambat, lemot alias lelet. Padahal kita memerlukan dan ingin menggunakan kompuputer / laptop tersebut dengan segera tapi harus nunggu lagi karena prosesnya booting.

Dibawah ini ada tutorial cara mempercepat booting di Windows 7 tanpa software, melainkan kita akan menon-aktifkan beberapa aplikasi yang tidak terpakai dan berbagai trik percepat booting Windows 7 lainnya.

3 Cara Mempercepat Proses Booting di Windows 7


#1. Setting Startup Aplikasi

Langkah pertama ini adalah mematikan program aplikasi yang tidak terpakai, tepat ketika komputer dihidupkan. Sebagai gambaran, kalau biasanya anti virus langsung ON ketika komputer dihidupkan, bagaimana kalau kita mematikannya secara otomatis ketika PC dihidupkan? Tentu proses booting akan terasa cepat, kan? Ini hanya gambaran saja.

Untuk mempercepat booting, salah satunya adalah menon-aktifkan program yang tidak terpakai. Caranya seperti ikut:

  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan ( WIN R )
  2. Muncul kotak dialog, masukkan kata kunci msconfig
  3. Lihat pada sub-menu, silahkan pilih navigasi menu pada bagian Startup
  4. Silahkan hapus centang pada beberapa item
  5. Simpan dan restart komputer seperti biasa

Perhatikan pula untuk mengkonfigurasikan langkah pertama ini, kita harus memastikan bahwa aplikasi tersebut memang tidak terpakai.

Jangan sesekali menghilangkan centang OK pada beberapa produk OS seperti ASUS, Microsoft, Synaptics Pointer, CTFmon dan berbagai instalasi driver lainnya.

Bagi beberapa pengguna awam komputer atau laptop, alangkah baiknya apabila tidak memikirkan hal ini. Mungkin ada cara lain yang lebih mudah dan praktis untuk diterapkan. Coba lihat langkah selanjutnya.

#2. Disable Driver yang Tak Digunakan

Disable adalah menon-aktifkan aplikasi untuk sementara, bukan menghapus ya. Hal ini bertujuan agar aplikasi lain bekerja lebih maksimal dan cepat sehingga membuat proses booting pada Windows 7 lebih cepat.

  1. Klik tombol Windows
  2. Pada kolom pencarian, silahkan tulis Device Manager

Nantinya kita akan melihat kumpulan atau daftar dari driver-driver yang ter-install di Windows 7. Klik dua kali atau klik kanan, dan silahkan pilih Disable untuk dinonaktifkan. Boot ulang dan lihat perbedaannya.

#3. Advanced Booting

Untuk proses ini, minimal core yang harus miliki adalah multi-core, bukan 1 core. Contohnya adalah dual core, core 2 duo atau quad core (4 inti prosesor).

Jadi apabila core dari PC tidak lebih dari 1, kemungkinan proses ini akan gagal dan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Caranya seperti diatas, masukkan kata kunci msconfig

  1. Pilih menu Boot > Advanced Options
  2. Pada Number of Processors, centang OK dan pilih angka 2 atau 4

Pada pemilihan angka ini harus disesuaikan dengan core perangkat kita. Apabila prosesor kita dual core, silahkan masukkan angka 2, sedangkan apabila quad core maka masukkan angka 4.

Sampai saat ini, hanya itu saja yang saya ketahui selama ini.

Kalau memang punya referensi lainnya, kalian juga bisa menambahkannya di kolom komentar. Semoga berguna.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Software

Thanks for reading 3 Cara Mempercepat Proses Booting di Windows 7. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "3 Cara Mempercepat Proses Booting di Windows 7"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.