3 Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di Youtube

Internet Download Manager atau IDM adalah sebuah program aplikasi yang memungkinkan dan memudahkan kita untuk mendownload sebuah video di Youtube, Ustream, Vidio, Myspace, Aol.on dan masih banyak lagi web penyedia video online.

Permasalahan yang paling sering terjadi pada IDM ini adalah hilangnya tombol IDM untuk download video. Penyebabnya cukup banyak, seperti software IDM yang sudah terinfeksi virus, plug-in yang tidak tersedia,

3 Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di Youtube

Lalu, bagaimana cara mengatasi, menampilkan dan memunculkan tombol download IDM yang hilang di Youtube di Google Chrome dan Mozilla Firefox?

3 Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di Youtube


#1. Update Software Internet Download Manager

Apabila ada laporan dari pengguna yang mengeluh suatu permasalahan terkait error pada IDM, sudah seharusnya di upgrade ke versi terbaru agar aplikasi tersebut tetap digunakan oleh banyak orang.

Jika sewaktu-waktu icon IDM tidak muncul, cobalah untuk meng-upgradenya. Silahkan masuk ke situs resmi IDM disini: Internet Download Manager.

#2. Drag File IDMGCExt.crx

  1. Pilih salah satu peramban browser, baik itu mozilla firefox atau google chrome
  2. Buka Setelan > Ekstensi > Silahkan hapus IDM Integration Module
  3. Kemudian masuk ke My Computer > Local Disk C > Program Files
  4. Cari folder Internet Download Manager > Temukan file IDMGCExt.crx
  5. Tekan file tersebut secara di pendam (drag), drag atau arahkan file tersebut ke halaman ekstensi tadi
  6. Sampai disini sudah selesai

Nantinya, kita akan melihat Pop-Up dari halaman IDM yang mengatakan bahwa, "Internet Download Manager extension for google chrome has been Installed." Close saja halaman ini.

Restart komputer atau laptop seperti biasa. Jika sudah, masuk kembali ke peramban browser yang kita gunakan. Tada! Tombol atau ikon download IDM kembali muncul seperti semula.

Jika masih gagal juga, maka Anda harus mencoba langkah selanjutnya.... (Nomor 3).

#3. Centang OK pada "Allow Access to File Urls

Cara ini tergolong paling mudah, namun masih banyak yang mengalami kegagalan. Saya sendiri tidak tahu kenapa dan apa penyebabnya.

Apabila langkah nomor 2 diatas sudah diterapkan namun masih gagal juga, maka proses selanjutnya adalah dengan mencoba cara dibawah ini:

  1. Masuk ke Setelan Browser
  2. Pilih Ekstensi IDM (Internet Module) > Centang OK pada salah satu pilihan
  3. Izinkan dalam Mode Penyamaran atau Izinkan Akses ke URL File?
  4. Pilih salah satu, nantinya icon download IDM akan kembali muncul secara otomatis

Saya sendiri, memilih pilihan izinkan mode penyamaran, toh tombol download IDM muncul kembali. Sedangkan beberapa pengguna IDM lainnya, sukses dengan memilih izinkan akses ke URL file. Jadi, disesuaikan saja.

INFORMASI KEGAGALAN

Apabila Anda mengalami kegagalan ketika melakukan langkah nomor 2 diatas, kemungkinan terbesar adalah IDM meminta versi terbaru agar tutorial diatas berjalan lancar. Pesan error-nya seperti berikut:

Warning note: advanced browser integration is disabled in IDM, or IDM update is required.

This extension works in cooperation with Internet Download Manager (IDM) software. Thus, if you want to use the extension, you should have IDM installed on your computer, version number 6.23 or newer is required. Advanced browser integration must be enabled in IDM options.

To download a 30-day free trial version, please open IDM Download page.


Maka dari itu, harus di upgrade ke versi terbaru. Jika masih gagal juga, silahkan kirim email Anda ke kolom komentar dibawah ini agar saya kirimkan IDM full version terbaru 2016 beserta patch-nya. Semoga berguna.*

» Terima kasih sudah mau membaca konten 3 Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di Youtube. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

0 Response to "3 Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di Youtube"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.