2 Cara Mengatasi Komputer Not Responding dan Penyebabnya

Share:

FB Google+ Twitter

Komputer maupun laptop akan bekerja dengan semestinya apabila di dukung dengan sistem operasi yang sehat pula. Sehat yang dimaksudkan disini adalah terbebas dari infeksi virus dan OS tersebut adalah original, bukan OS bajakan.

Meskipun sudah demikian, bukan berarti sebuah program aplikasi atau software yang kita jalankan tidak mengalami Not Responding atau Windows Error. Sebenarnya, apa itu Not Responding?

2 Cara Mengatasi Komputer Not Responding dan Penyebabnya

Pengertian Not Responding adalah sebuah kesalahan atau pesan error yang muncul karena adanya ketidak-beresan sistem dalam mengolah data. Biasanya kita akan diberi pilihan, apakah menutup paksa (end process, end now, send report atau don't send) program tersebut atau menunggu beberapa menit agar kembali normal lagi.

Penyebab Not Responding atau Windows Error diantaranya adalah:

  • Memori RAM sudah penuh
  • Program aplikasi yang kita buka sudah sangat banyak dan sudah melebihi kapasitas RAM
  • Infeksi sebuah virus yang menyerang perangkat PC kita
  • Aplikasi yang berjalan di saat proses Start-Up tidak dikonfigurasi
  • Banyaknya gadgets yang terpasang di halaman home sehingga memberatkan loading OS lalu ujung-ujungnya OS malah crash, serta banyaknya shortcut yang tidak terpakai di laman desktop
  • Sistem operasi Windows terinfeksi virus sehingga banyak data yang menunjang kinerja OS teridentifikasi dan terhapus oleh cara kerja anti-virus yang kita gunakan (seperti Avast! pada Virus Chest)
  • Harddisk mengalami kerusakan; dan
  • Spesifikasi PC yang kurang mumpuni untuk menjalankan Operation System tersebut.

Nah, untuk mengatasi dan menghindari not responding apabila sewaktu-waktu nanti bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, berikut ini adalah cara mengatasi komputer not resopnding atau Windows Error.

2 Cara Mengatasi Komputer Not Responding dan Penyebabnya


#1. Menutup Paksa / End-Task di Task Manager

  1. Silahkan buka task manager, tekan tombol Atl, Ctrl dan Del secara bersamaan
  2. Pilih dan tentukan program aplikasi yang macet atau not responding
  3. Jika sudah dipilih, tekan tombol End Task yang berada di bagian bawah Task Manager
  4. Maka proses program tersebut akan berhenti dan bisa diulangi dari 0 secara manual, selesai.

#2. Memasang Shortcut Taskkill.exe

Shortcut ini pada dasarnya bekerja dengan cara menutup berbagai aplikasi yang dikiranya Not Respoding. Cukup dengan sekali menekan shortcut ini, maka pesan error #NR dan aplikasi tersebut akan di paksa untuk tutup.

  1. Buka laman desktop atau halaman OS seperti semula
  2. Klik kanan > New > Shortcut
  3. Nantinya muncul kotak dialog "Create Shortcut"
  4. Pada kotak browse... masukkan kata kunci ini: taskkill.exe /f /fi “status eq not responding”
  5. Simpan dan beri nama dengan nama shortcut: taskkill.exe > Selesai

Sampai disini, tutorial mengatasi Not Responding sudah selesai untuk dilakukan. Jika sewaktu-waktu muncul pesan error, cukup menekan shortcut ini sekali saja, maka proses #NR tersebut akan ter-close sendirinya.

NOTE:

Apabila pesan error tersebut muncul terus-terusan, maka dipastikan bahwa sistem terkena serangan virus. Manfaatkan anti-virus untuk melakukan scanning agar kita bisa menemukan virus dan menghapus virus tersebut.

Well... Menghapus virus pun tidak serta merta dihapus begitu saja. Kadangkala, apabila virus sudah tersangkut di salah satu file instalasi sebuah program, maka file tersebut pun juga akan ikut terhapus. Dampak dan efeknya adalah program tersebut akan mengalami crash karena sebagian filenya ikut terhapus.

Contohnya seperti ini, ada seekor kambing namun salah satu kakinya terkena virus. Apabila virus tersebut sudah melekat di kakinya, maka mau tidak mau kakinya juga ikut di amputasi karena virus itu sudah menginfeksi kakinya. Maka, kambing itu pun akan berjalan pincang. Maksudnya adalah aplikasi tersebut akan mengalami crash. Mengerti tidak ya? Hehe.

KESIMPULAN

Sebenarnya, ada begitu banyak cara yang bisa kita tempuh, salah satunya adalah melakukan konfigurasi startup ketika Windows baru saja dijalankan.

Konfigurasi ini sejatinya mengatur aplikasi mana yang akan dihidupkan pertama kali sejak awal dan aplikasi mana yang tidak perlu diaktifkan sejak awal komputer dihidupkan. Semoga berguna, wassalam.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Software

Thanks for reading 2 Cara Mengatasi Komputer Not Responding dan Penyebabnya. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "2 Cara Mengatasi Komputer Not Responding dan Penyebabnya"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.