7 Cara Cerdas Menggunakan Internet dengan Benar

Share:

FB Google+ Twitter

7 Cara Cerdas Menggunakan Internet dengan Benar
Dalam menggunakan internet, kita gak hanya melakukan chating atau komunikasi online semata, sebab kita harus memperhatikan berbagai hal lainnya.

Hal lainnya tersebut seperti apa? Seperti situs web tersebut apakah menyediakan file-file download yang aman dari virus atau malware, dan sebenarnya masih banyak lagi lho...

Kalau misalkan dalam suatu waktu kita gak memperhatikan hal-hal kecil ini, bisa saja data dan file pribadi kita dicuri oleh orang2 yang gak bertanggung jawab.

Lagi pula, kalau data atau file2 tersebut sangat pribadi atau bersifat privasi seperti album foto dan video, atau menyangkut kepemeintahan dimana tempat kita bekerja saat ini, tentunya sangat menakutkan kalau sampai hilang, apalagi dicuri oleh orang lain.

Bisa jadi Anda dipecat oleh instansi tersebut. Maka dari itu, saya tulislah sebuah artikel tentang cara cerdas menggunakan internet yang benar.

7 Cara Cerdas Menggunakan Internet dengan Benar


#1. Mengaktifkan Firewall

Firewall bisa dikatakan "tembok" keamanan yang ada di dalam OS. Fungsi firewall adalah menangkal berbagai kejahatan dunia maya seperti virus worm, spyware dan malware.

#2. Selalu Melakukan Update Anti-Virus ke Versi Terbaru

Antivirus tidak hanya cukup sekali di install lalu dibiarkan begitu saja, sebab anti-virus pun akan mengalami pembaharuan karena akan disesuaikan dengan perkembangan sebuah virus internet.

Kita bisa mengunjungi situs resmi yang menciptakan dan mengembangkan antivirus yang kita gunakan. Silahkan download dan perbaharui software antivirus tersebut.

#3. Memperkuat Password Akun Sosial Media

Apapun sosmed yang kita gunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya, password adalah hal yang paling penting diantara semua itu dan wajib kita perhatikan.

Coba ganti atau ubah password yang lama dengan password yang baru, seperti mengkombinasikannya dengan huruf besar dan kecil yang disertai penambahan angka-angka dan simbol-simbol yang ada di keyboard.

Biasanya, halaman phising tidak akan mendeteksi simbol-simbol yang terpasang di password kita. Inilah pentingnya penggunaan simbol pada password akun sosial media.

Manfaatkan kedua artikel ini, Cara Memperkuat Password Sosmed dan Cara Konfirmasi Email Aplikasi Sosial Media.

#4. Hindari Email Spam

Email spam identik dengan penawaran yang menggiurkan. Oke kalau memang email tersebut benar adanya, kalau tidak benar terus bagaimana?

Ya, jangan diteruskan, dong!

Apabila kita mendapatkan sebuah email yang masuk ke inbox, coba perhatikan apakah itu benar atau tidaknya dengan mengecek email si pengirim.

Perhatikan pula file yang di kirim ke kita, jangan asal di buka, sebab bisa-bisa itu adalah sebuah virus.

7 Cara Cerdas Menggunakan Internet dengan Benar

Apabila di dalam email tersebut kita diberikan sebuah alamat web atau situs, sudah saatnya untuk berhati-hati. Kemungkinan terbesar itu adalah web phising yang akan mencatat username dan password akun kita apabila kita mengetik atau memasukkannya.

Pengertian phising adalah sebuah halaman duplikat yang menyerupai sebuah web, lalu menyuruh kita untuk Login (atau mendaftarkan akun). Phising bekerja dengan cara mencatat apapun yang kita ketik pada laman tersebut.

#5. Menghapus Cache atau History dari Browser yang Digunakan

Kalau kita sering menggunakan warnet untuk berselanjar di dunia online, maka sudah seharusnya kita mulai menggunakan fitur ini. Fitur ini ada di berbagai jenis peramban browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox dan lainnya.

Silahkan tekan tombol Control + Shift + DEL secara bersamaan di keyboard, silahkan centang semua menjadi OK dan hapus semua history yang sudah pernah tercatat.

#6. Melakukan Identifikasi atau Pencarian Aplikasi Keylogger yang Tersembunyi

Keylogger adalah sebuah aplikasi yang akan mencatat seluruh hal apa yang kita lakukan, tepat setelah kita menekan tombol di keyboard untuk pertama kalinya.

Semuanya akan tercatat dengan rapi, seperti input dan output pada keyboard, apa yang sedang kita tonton, situs atau web apa yang kita kunjungi dan berbagai aktivitas lainnya.

Cukup sulit untuk mengidentifikasi keberadaan keylogger ini.

Maka, saran saya adalah jangan sesekali menggunakan komputer atau laptop teman yang jail. Jika terpaksa, tanyakan kepada dirinya apakah PC ini terpasang software keylogger atau tidak.

#7. Berdoa kepada Allah ta'ala

Jika semua cara sudah dilakukan, bukan berarti akun kita akan aman. Silahkan berdoa kepada Allah hehehe...

Teknologi itu sangat luas. Kalau ada celah sedikit saja, itu akan dimanfaatkan oleh para hacker atau pun cracker untuk menembus keamanan atas privasi yang kita miliki.

Ada yang kurang? Silahkan tanyakan dikolom komentar. Semoga berguna.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Internet

Thanks for reading 7 Cara Cerdas Menggunakan Internet dengan Benar. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "7 Cara Cerdas Menggunakan Internet dengan Benar"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.