7 Cara Cerdas Menggunakan Internet

Dalam berinternet ria, kita bukan hanya melakukan chatting atau komunikasi online semata, karena kita juga harus memperhatikan keamanan, misalnya seperti website apakah website tersebut mengandung virus atau phising, atau tidak sama sekali.

Kalau kita tidak memperhatikan hal-hal demikian, bisa saja data dan file pribadi kita akan dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


7 Cara Cerdas Menggunakan Internet

Bisa saja kan data tersebut sangat pribadi apalagi menyangkut kepemerintahan dimana tempat kita bekerja sat ini. Kalau sampai tersebar, di pecat oleh instansi pun tidak dapat terelakkan lagi. Maka dari itu, kita juga harus tahu cara mengatasi dan menghindari kejahatan dunia online, cybercrime.

Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan dan pengalaman pribadi, berikut ini adalah cara menggunakan sosial media dengan benar, cerdas dan bijak agar keamanan akun lebih terjaga.

7 Cara Cerdas Menggunakan Internet


#1. Mengaktifkan Firewall

Firewall bisa dikatakan "tembok" keamanan yang ada di dalam Operation System. Fungsi firewall adalah menangkal berbagai kejahatan dunia maya seperti virus worm, spyware dan malware.

#2. Update Anti-Virus

Antivirus tidak hanya cukup sekali di install lalu dibiarkan begitu saja, sebab anti-virus pun akan mengalami pembaharuan atau perkembangan karena akan disesuaikan dengan perkembangan sebuah virus internet.

Kita bisa mengunjungi sebuah situs resmi yang menciptakan dan mengembangkan antivirus yang kita gunakan. Silahkan download dan perbaharui software antivirus tersebut.

#3. Memperkuat Password Akun Sosial Media

Apapun sosmed yang kita gunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya, password adalah hal yang paling penting diantara semua itu dan wajib kita perhatikan.

Coba ganti atau ubah password yang lama dengan password yang baru, seperti mengkombinasikannya dengan huruf besar dan kecil yang disertai penambahan angka-angka dan simbol-simbol yang ada di keyboard.

Biasanya, halaman phising tidak akan mendeteksi simbol-simbol yang terpasang di password kita. Inilah pentingnya penggunaan simbol pada password akun sosial media.

#4. Hindari Email Spam

Email spam identik dengan penawaran yang menggiurkan. Oke kalau memang email tersebut benar adanya, kalau tidak benar terus bagaimana? Ya jangan diteruskan, dong :)

Apabila kita mendapatkan sebuah email yang masuk ke inbox, coba perhatikan apakah itu benar atau tidaknya dengan mengecek email si pengirim. Perhatikan pula file yang di kirim ke kita, jangan asal di buka, sebab bisa-bisa itu adalah sebuah virus.

Apabila di dalam email tersebut kita diberikan sebuah alamat web atau situs, sudah saatnya untuk berhati-hati. Kemungkinan terbesar itu adalah web phising yang akan mencatat username dan password akun kita apabila kita mengetik atau memasukkannya.

Pengertian phising adalah sebuah halaman duplikat yang menyerupai sebuah web, lalu kita di suruh Log-in. Phising bekerja dengan cara mencatat apapun yang kita ketik pada laman tersebut.

#5. Menghapus Cache atau History

Kalau kita sering menggunakan warnet untuk berselanjar di dunia online, maka sudah seharusnya kita mulai menggunakan fitur ini. Fitur ini ada di berbagai jenis peramban browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox dan lainnya.

Silahkan tekan tombol Control + Shift + Del secara bersamaan di keyboard, silahkan centang semua menjadi OK dan hapus semua history yang sudah pernah tercatat.

#6. Meng-identifikasi Keylogger

Keylogger adalah sebuah aplikasi yang akan mencatat seluruh hal apa yang kita lakukan, tepat setelah kita menekan tombol di keyboard untuk pertama kalinya.

Semuanya akan tercatat dengan rapi, seperti input dan output pada keyboard, apa yang sedang kita tonton, situs atau web apa yang kita kunjungi dan berbagai aktivitas lainnya.

Cukup sulit untuk mengidentifikasi keberadaan keylogger ini. Maka, saran saya adalah jangan sesekali menggunakan komputer atau laptop teman yang jail. Jika terpaksa, tanyakan kepada dirinya apakah PC ini terpasang software keylogger atau tidak.

#7. Berdoa kepada Allah

Jika semua cara sudah dilakukan, bukan berarti akun kita akan aman. Teknologi itu sangat luas. Kalau ada celah sedikit saja, itu akan dimanfaatkan oleh para hacker maupun cracker untuk menembus keamanan akun kita.

Ada yang kurang? Silahkan tambahkan di kolom komentar yang telah disediakan. Semoga berguna.*

0 Response to "7 Cara Cerdas Menggunakan Internet"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.