4 Hal yang Penting Dilakukan setelah Install Ulang OS Windows

Sebuah perangkat PC akan bekerja dengan semestinya apabila didukung oleh hardware, software dan brainware yang saling bekerja sama. Apabila salah satunya tidak ada yang benar, maka itu semua tidak akan terjadi.

Nah, agar sebuah komputer maupun laptop berjalan secara maksimal, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan setelah melakukan install ulang OS Windows dengan berbagai versi seperti XP, 7, 8, 8.1 dan 10.

4 Hal yang Penting Dilakukan setelah Install Ulang OS Windows

Hal-hal dibawah ini sangat penting dan wajib dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada sistem, virus yang menyerang secara tiba-tiba, adanya corrupt pada sebuah program aplikasi dan sebagainya.

Apa-apa saja yang harus dilakukan setelah melakukan install ulang OS Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10? Ini dia penjelasan lengkapnya.

4 Hal yang Penting Dilakukan setelah Install Ulang OS Windows


#1. Install Anti Virus

Anti-virus bekerja untuk memastikan perangkat komputer kita terbebas dari berbagai serangan virus. Untuk rekomendasi dari saya, sebaiknya gunakan saja anti-virus Avast! karena dari 5 tahun pengalaman di bidang IT, Avast adalah anti virus gratis dan terbaik yang pernah saya pakai.

Pastikan bahwa anti-virus yang di install adalah versi terbaru dan terakhir. Kalau ingin lebih aman, jangan sesekali download aplikasi anti-virus ini di situs abal-abal, alangkah baiknya langsung menuju ke website resminya.

#2. Download Driver

Harap diperhatikan untuk menggunakan browser default atau browser bawaan pabrik seperti Internet Explorer. Silahkan kunjungi situs atau website resmi perusahaan Microsoft untuk mendapatkan driver ini.

Driver ini wajib di install terlebih dahulu setelah anti-virus karena berkat dukungan driver-lah sebuah hardware bisa bekerja dengan semestinya, di proses oleh driver kemudian diberikan kepada kita (brainware, pengguna) untuk memutuskan dan memberikan perintah terhadap suatu program aplikasi.

#3. Install Google Chrome & Internet Download Manager (IDM)

Selanjutnya adalah meng-install peramban browser eksternal yang bisa kita dapatkan dengan mudah di mesin pencari Google, Bing, Yahoo maupun Yandex, seperti Google Chrome misalnya.

Kemudian jangan lupa download aplikasi IDM untuk memudahkan kita mendownload berbagai aplikasi tambahan lainnya seperti Microsoft Office, WinRar, pemutar video, aplikasi edit foto, CCleaner, TeraCopy dan lainnya.

#4. Mengubah Konfigurasi OS

Jika semua dirasa sudah selesaikan dilakukan, saatnya untuk melakukan berbagai hal atau berekspremen (barangkali?). Kita bisa mengatur proses booting agar lebih cepat, mengoptimalkan kinerja RAM dan masih banyak lagi.

Ini hanya pilihan alternatif saja, kalau ingin dilakukan silahkan, tidak juga bukanlah masalah. Sampai disini, teruslah merawat komputer atau pun laptop kita secara berhati-hati. Jangan sampai terbentur dan jauhi sumber air dimana pun dan kapan pun.

Itulah hal-hal yang wajib diperhatikan setelah install ulang. Semoga berguna, wassalam.*

0 Response to "4 Hal yang Penting Dilakukan setelah Install Ulang OS Windows"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).