Cara Mengatasi Tab Google Chome Auto Refresh (Re-Loading)

Pernah merasa risih ketika tab google chrome tiba-tiba re-loading sendiri, dengan kata lain tampak seperti auto refresh? Sebenarnya, apa penyebab auto refresh pada google chrome? Bagaimana solusi mengatasi dan memperbaikinya?

Kalau masih bingung, mari saya bahas kronologis kejadiannya. Andaikan kita membuka tab A untuk facebook dan tab B untuk membuka email. Suatu saat, kita terlalu lama-lama di tab B ketika mengecek email, setelah kembali ke tab A tiba-tiba tab A loading sendiri. Inilah gambaran kasusnya.

Cara Mengatasi Tab Google Chome Auto Refresh (Re-Loading)

Perlu diketahui bahwa saat ini kita telah menggunakan google chrome dengan versi update terbaru. Ini bukan error, bug atau kesalahan pada software, melainkan adanya fitur terbaru yang disematkan di dalam program aplikasi google chrome yang dinamakan Automatic tab Discarding.

Fitur Automatic Tab Discarding ini pada dasarnya bekerja dengan cara mengurangi penggunaan algoritma sementara pada tab yang tidak digunakan beberapa saat. Setelah kembali ke tab yang sudah ditutup tersebut, maka algoritma akan kembali diperbaharui dan diakses secara penuh.

Nah, adapun pemasangan fitur Automatic tab Discarding terbaru di google chrome ini didasari banyaknya keluhan pengguna google chrome yang mengeluh begitu lambatnya membuka dan menutup chrome ketika digunakan, bahkan kapasitas RAM yang terpakai sangat banyak hanya untuk sebuah program aplikasi, yakni google chrome itu sendiri.

Semoga saja dengan pembahasan diatas bisa membantu teman-teman sekalian yang ingin bertanya atau bingung mengapa atau kenapa google chrome re-load (refresh) dengan sendirinya. Inilah cara mengatasi tab google chrome auto refresh atau re-loading pada tab-tab yang tidak digunakan sementara waktu serta memperbaikinya.

Cara Mengatasi Tab Google Chome Auto Refresh (Re-Loading)


Buka google chrome seperti biasa, masukkan kata kunci chrome://flags ini dibagian address bar atau kolom pencarian yang sudah tersedia. Kita akan melihat sebuah halaman konfigurasi untuk google chrome.

Tekan tombol CTRL dan F secara bersamaan pada keyboard komputer kita, tujuan ini mencari kata tertentu di halaman tersebut. Masukkan kata kunci discarding, silahkan tekan ENTER. Cari sampai kita menemukan Automatic tab Discarding.

Pada judul Automatic tab Discarding Mac, Windows... Silahkan ubah pengaturan Enable menjadi Disable. Ingat, kita hanya harus mengubahnya ke settingan Disable.

Setelah itu, tekan tombol RELAUNCH NOW untuk me-restart program aplikasi google chrome. Sampai disini sudah selesai.

Keuntungan dan Kerugian Automatic tab Discarding

Adapun keuntungan dan kerugian yang dialami oleh kita adalah:

  • Bagi seorang blogger, ini tentu sangat penting karena bisa menambah pageviews bagi blog, web atau situs miliknya
  • Membuat software google chrome tampak lebih ringan dari versi sebelumnya
  • Tidak ada alasan untuk mengirit penggunaan kuota data internet yang kita miliki, maksudnya apabila halaman tab re-fresh kembali maka kuota data juga akan ikut "termakan"; dan
  • Mungkin mau menambahkannya sendiri di kolom komentar?

Mungkin hanya itu saja yang bisa dijelaskan pada artikel ini. Semoga cara mengatasi tab google chrome yang re-loading atau auto fresh ini membantu pengguna google chrome dimana pun dan kapan pun. Wassalam.*

0 Response to "Cara Mengatasi Tab Google Chome Auto Refresh (Re-Loading)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.