Cara Mengatasi Flashdisk yang Minta Format Sendiri

Setelah sebelumnya membahas layanan cloud storage yang fungsinya hampir sama flashdisk, yakni menyimpan beragam file dan data, kali ini adalah bagaimana cara mengatasi flashdisk yang minta format sendiri serta cara mengambalikan data dan file yang ada di flashdisk tersebut.

Kurang lebih, pesan errornya seperti berikut, you need format the disk in drive F: before you can use it.

Cara Mengatasi Flashdisk yang Minta Format Sendiri

Permasalahan ini memang menjadi hal yang menakutkan bagi banyak orang. Mungkin tidak masalah di format apabila isi dari flashdisk tidak penting, tapi kalau isinya berupa file pribadi atau dokumen pekerjaan kantor, tentunya menakutkan.

Sebenarnya kita tidak perlu khawatir karena kita tetap bisa mengembalikan data dan file yang ada di dalam flashdisk yang meminta format tersebut. Setidaknya ada 3 aplikasi bantuan, yakni:

  • Get Data Back NTFS
  • Easus Data Recovery Wizard Free
  • Recuva Recovery Tools

Untuk tutorial mem-backup data kali ini, saya sendiri menggunakan software Get Data Back NTFS karena langkah perbaikannya sangat mudah. Berbeda halnya dengan Easus, data yang di back-up tidak mencapai 100%. Untuk Recuva, saya sendiri belum pernah mencobanya.

Cara Mengatasi Flashdisk yang Minta Format Sendiri


Silahkan cari program aplikasi dengan nama Get Data Back NTFS di google dan install di komputer atau laptop. Apabila ada petunjuk atau arahan selanjutnya, klik Next.

Sampai disini, cari dan tentukan drive yang di tuju, yakni drive flashdisk. Proses scanning atau pembacaan terhadap file dan data akan berjalan dari 0% hingga 100%. Waktu prosesnya sendiri berbeda-beda.

Pastikan data dan file yang sudah dikembalikan, diletakkan pada partisi atau folder khusus yang ada di komputer. Format flashdisk untuk menghapus virus atau sekedar membersihkannya. Nantinya, file-file tadi copy paste kembali ke dalam flashdisk. Selesai.

Perhatian Penggunaan Aplikasi Get Data Back NTFS

Selama proses scanning, ada baiknya kita tidak melakukan apapun terhadap flashdisk. Kalau perlu, diamkan aktivitas komputer untuk sementara waktu sampai proses pengembalian data ini selesai. Apabila dipaksakan, maka data dan file yang ter-recovery adalah file baru dan bukan file lama.

Semoga berguna, wassalam.*

1 Response to "Cara Mengatasi Flashdisk yang Minta Format Sendiri"

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).