2 Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM tanpa Software

Memori RAM adalah perhatian utama kita tepat sesaat sebelum membeli sebuah perangkat komputer atau laptop. Perannya sangat vital sebab ia yang akan mempengaruhi kinerja suatu PC cepat atau lambat.

Kalau beberapa diantara kita masih ada yang tidak tahu perbedaan antara memori RAM dan memori Harddisk, maka perbedaannya adalah memori RAM menyimpan data untuk sementara waktu lalu dieksekusi oleh sistem sehingga muncul suatu aktivitas dengan apa yang kita perintahkan, sedangkan memori Harddisk menyimpan data dan file dalam jangka waktu yang lama, sewaktu-waktu bisa kita hapus sendiri.

2 Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM tanpa Software

Untuk memori RAM sendiri, sebagai gambaran.. suatu saat kita membuka banyak program aplikasi dalam sekali main. Nah, file-file yang tidak kita pakai sementara itu akan tercatat dan tersimpan di memori RAM. Apabila program tersebut dibuka kembali, seluruh kegiatan kita akan kembali semula tanpa harus mengulanginya lagi dari awal.

Perintah - RAM menyimpan data sementara - Eksekusi oleh System

Intinya seperti ini, pengertian RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data untuk sementara waktu, baik ketika aplikasi yang sedang dibuka maupun aplikasi yang tertutup dalam mode Hibernate.

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan dan meningkatkan proses kinerja RAM pada komputer dan laptop tanpa software atau program aplikasi? Yap, tanpa bantuan pihak ketiga, dengan kata lain tanpa aplikasi sedikit pun.

2 Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM tanpa Software


#1. Konfigurasi Startup OS

Pada awal mula ketika PC dihidupkan, maka anti-virus juga akan ikutan aktif kan? Baik, anti-virus memang sudah seharusnya aktif sejak awal ketika OS diaktifkan. Bagaimana dengan aplikasi yang tidak penting, misalnya Microsoft Word?

Cara agar RAM bekerja lebih maksimal adalah dengan cara mematikan salah satu atau banyak program aplikasi yang memang tidak terpakai sama sekali. Seperti MsWord, Game, Google Update, Apple Push dan sebagainya.

  1. Klik tombol Windows + R secara bersamaan
  2. Muncul kotak dialog RUN > Masukkan keyword msconfig
  3. Pilih menu Startup > Hapus centang OK pada beberapa item tidak penting
  4. Simpan & restart PC

Perhatikan pula untuk tidak men-disable beberapa item startup seperti driver-driver yang bekerja mengatur perangkat hardware kita, seperti ctfmon, windowsupdate, synaptics pointer, dan berbagai item lainnya yang bertuliskan Microsoft, ASUS dan berbagai nama merek lainnya (jika ada).

2 Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM tanpa Software

#2. Tidak Membuka Aplikasi secara Berlebihan

Sebenarnya ini adalah tips paling utama agar RAM bisa bekerja secara maksimal. Kita tidak perlu membuka banyak aplikasi dalam satu waktu penggunaan. Apabila sudah selesai, silahkan dimatikan program tersebut.

Jika program tersebut tidak bisa dimatikan, barangkali prosesnya masih berjalan. Solusinya bisa mengandalkan Task Manager untuk melakukan End-Task.

  1. Klik tombol CTRL + Alt + Del secara bersamaan
  2. Muncul kotak dialog Windows Task Manager
  3. Pilih menu Processes > Pilih salah satu item, klik kanan > End Process
  4. Silahkan close atau tutup kotak dialog > selesai.

Well.. cara ini masih perlu diperhatikan lebih lanjut. Jangan End-Task pada beberapa proses yang amat penting seperti explorer.exe, IEMonitor.exe, alg.exe, lsaas.exe, winlogon.exe dan lainnya.

Kalau salah sekali saja, maka sistem operasi tidak akan berjalan dengan lancar dan bisa-bisa mengalami crash (force close, booting, dll).

TIPS & TRIK TAMBAHAN

Berdasarkan observasi yang lakukan secara pribadi pun, tidak cukup hanya 2 itu saja. Apa-apa saja itu?

  • Menon-aktifkan latar belakang atau background bergerak
  • Tidak meng-install banyak aplikasi
  • Menambah RAM barangkali?
  • Menghapus icon-icon tidak penting di layar desktop atau menyatukannya di dalam satu folder (shortcut); dan
  • Masih banyak lagi, mau menambahkannya di kolom komentar?

Mudah-mudah saja untuk meningkatkan, menambah dan mengoptimalkan kinerja dari RAM tersebut. Tergantung bagaimana kita sendiri, apakah bijak dalam penggunaan program aplikasi atau tidak sama sekali.

Yang paling penting adalah selalu rawat RAM yang kita miliki, sebab kalau sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi, maka biaya yang wajib dikeluarkan untuk membeli RAM baru tidaklah murah. Harga RAM itu sangat mahal! Apalagi RAM khusus untuk gaming. Semoga berguna.*

0 Response to "2 Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM tanpa Software"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).