Pengertian Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink

Backlink terbaik adalah backlink yang berasal dari Google Plus, secara Google Plus adalah salah satu produk yang dimiliki oleh Google.

Memang, Google Plus dengan Facebook memiliki PR 9 yang sama, namun catatan pentingnya adalah Facebook bukanlah milik Google sehingga tidak diprioritaskan dibandingkan Google Plus itu sendiri.

Pengertian Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink

Adapun beberapa manfaat yang kita peroleh bagi blog kita sendiri, hasil dari backlink dari google plus itu sendiri adalah:

  • Membantu meningkatkan SERP blog, situs atau website kita di search engine
  • Meningkatkan otoritas akun Google+; dan
  • Apabila nilai +1 semakin banyak, maka akan mempengaruhi artikel atau posting tersebut di search engine, entah itu lebih cepat di indeks maupun lebih mudah memenangkan pageone (halaman pertama) Google.

Perlu diketahui bahwa backlink yang berasal dari Google Plus adalah backlink terbaik dan berkualitas yang pernah ada di muka bumi, mengalahkan berbagai sumber backlink lainnya. Hal ini sudah saya singgung di artikel fakta backlink.

Nah, saya baru menyadari bahwa selama ini saya tidak pernah membahas apa itu backlink dan apa tujuan, manfaat dan fungsi dari backlink itu bagi blog kita. Baik, mari kita ulas!

Pengertian Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink


Apa itu backlink adalah sebuah tautan link yang mengarah ke blog kita hasil dari situs lain. Misalnya, blog A memberikan backlink untuk blog B, maka blog B akan sangat untung besar.

Keuntungan besar itu pun harus diperjelaskan lebih lanjut, kalau blog A adalah blog yang bukan berkualitas, tentu efeknya tidak ada apa-apa. Berbeda kalau blog kita mendapatkan backlink dari situs-situs besar seperti Kompasiana, Detik, Kaskus dan sebagainya. Ya itu tadi, efeknya kurang lebih seperti Google Plus yang sudah dijelaskan diatas.

Nah, catatan yang paling penting adalah backlink tersebut haruslah sesuai topik! Kalau backlink yang didapatkan hasil dari blog yang bukan se-topik atau topiknya tidak sama, backlink jenis ini bukanlah backlink berkualitas, tapi backlink buruk.

Manfaat Backlink bagi Blog

Sudah begitu banyak blog yang membahas tujuan dan manfaat backlink bagi blog kita, misalnya:

  1. Meningkatkan posisi blog kita pada Search Engine Result Page (SERP)
  2. Kalau backlinknya berkualitas (dari blog berkualitas), biasanya bisa mempertahankan posisi SERP, bahkan bisa dengan mudahnya memenangkan SERP
  3. Meningkatkan ranking blog dan masih banyak lagi

Cara Mendapatkan Backlink

Sebenarnya mudah-mudah saja. Kalau artikel yang kita buat berkualitas, apapun topiknya, tentu akan diberi backlink dari arah yang tidak di sangka-sangka. Kaskus adalah ladang terbaik untuk menyisipkan backlink, baik di sengaja maupun tidak di sengaja!

Disini juga, kita membuat backlink sendiri. Sebagai contoh, cobalah membuat tulisan di Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Pada tata letak sumber informasi, silahkan sisipkan (masukkan) link blog kita pada halaman artikel yang sudah kita tulis di Wikipedia tersebut. Perlu di ingat, topiknya harus sesuai dan relevan antara tulisan tersebut dengan topik blog kita.

Banyak juga para blogger yang sengaja menulis ulang di Kaskus dan dibagian bawah artikel, dia secara sengaja menyisipkan link blog miliknya. Ini juga sah-sah saja, saya tidak tahu pasti apakah berbahaya atau tidak. Menurut saya secara pribadi, sepertinya aman-aman saja kok.

KESIMPULAN

Sesuai dengan judul ini, saya pernah mengecek blog saya ini dengan tools SEOquake, menerangkan bahwa blog ini mendapatkan backlink sebanyak 24.000 lebih. Agak ragu sebenarnya, entah saya yang salah melihat entah itu suatu kebenaran. Malas juga untuk mengecek lagi walau pun itu mudah dilakukan hehehe.

Intinya, manfaatkan beberapa pembahasan yang sudah diterangkan diatas dan lakukan sejak sekarang. Ingat, jangan pernah menggunakan Tools Backlink yang sangat merugikan blog kita, konsekuensinya blog kita akan dihapus (dibanned) oleh Google secara pihak karena telah melakukan tindakan ilegal atau tidak alamiah. Good luck!

0 Response to "Pengertian Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.