Pengertian Backlink: Cara Membuat dan Mendapatkan Backlink

Share:

FB Google+ Twitter

Pengertian Backlink: Cara Membuat dan Mendapatkan Backlink
Definisi backlink adalah sebuah tautan link yang mengarah ke blog kita. Contohnya blog agan memberikan backlink ke blog saya, otomatis itu berpengaruh pada SEO blog saya.

Semakin tinggi dan banyak backlink yang didapatkan maka itu semakin bagus bagi ranking blog kita di SERPs.

Contohnya agan menanam link di blog agan sendiri dengan cara memasang Feed artikel terbaru (Recent Posts) widget dari blog saya, dan widget tersebut ditempatkan di sidebar blog agan.

Baca Juga: Content is Still King

Nah ketika seseorang mengklik atau membuka salah satu posting dari daftar artikel terbaru dari widget feed tersebut (posting blog saya), otomatis saya mendapatkan backlink dari blog agan.

Sebenarnya cara memberi backlik bukan hanya dengan cara itu saja.

Bisa dilakukan dalam bentuk Hyperlink atau Anchor Text di dalam konten blog, entah itu sifatnya daftar referensi atau sumber informasi.

Untung dan Rugi Backlink

Sebenarnya pun sebuah backlink mempunyai keuntungan dan kerugian.

Backlink yang bagus dan bernilai tinggi itu merupakan backlink yang berasal dari blog yang topiknya sama dan sesuai dengan blog kita sendiri.

Bisa dibilang, backlink bernilai tinggi itu adalah backlink yang saling relevan. Saling berkaitan. Nggak boleh campur aduk, apalagi nggak sesuai sama topik.

Keuntungannya apabila kedua topik blog tersebut saling relevan, tentunya mempengaruhi ranking blog di SERPs. Sudah banyak para pakar dan ahli SEO yang menyatakan perihal ini.

Sekali lagi. Singkatnya backlink tersebut haruslah sesuai topik.

Kalau backlink yang didapatkan hasil dari blog yang bukan se-topik atau topiknya tidak sama, backlink jenis ini bukanlah backlink berkualitas, tapi backlink buruk.

Fungsi, Tujuan dan Manfaat Backlink Blog

Secara garis besar manfaat dari backlink adalah mempengaruhi ranking situs web kita di SERPs.

Semakin banyak dan bernilai backlink yang didapatkan, semakin bagus ranking blog kita di SERPs. Semakin mudah pula untuk mencapai Page-One atau tempat teratas di hasil pencarian penelusuran.

Baca Juga: Ngerinya Peran Penting Algoritma UX Faktor / Experience

Cara Membuat dan Mendapatkan Backlink


Membuat backlink tergolong mudah. Cukup buat banyak blog, silahkan saling tautkan atau hubungkan dengan metode backlink yang saya katakan diatas tadi.

Kalau untuk mendapatkan backlink ini yang agak sulit menurut saya.

Secara... kalau mau memperoleh backlink, blog kita harus benar2 bagus dan informatif. Bukannya blog abal2 nggak jelas.

Contohnya? Wikipedia tuh, backlinknya mungkin sudah ratusan ribu dari blog2 lain.

Mau mendapatkan backlink tapi dengan cara yang mudah? Bisa dong. Silahkan buat konten tentang topik yang sesuai dengan blog agan di situs Ensikolpedia Bebas: Wikipedia.

Contoh konten yang akan dibuat itu misalnya SEO atau apa gitu.

Nah pada kolom dibawahnya, tulis saja sumber referensinya itu dari blog agan. Ya sudah. Backlink berkualitas lho! Sumbernya dari Wikipedia pula. Keren kan?

Banyak juga kok blogger2 lain yang menulis di Kompasiana, Forum Kaskus dan Forum2 lainnya. Pasti menanam backlink. Itu sih kalau diperbolehkan oleh pemilik website ^^

Backlink Terbaik dan Bernilai Terbaru Saat Ini 2018

Backlink terbaik saat ini adalah Google Plus mengingat Google Plus merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh Google.

Memang secara garis besar Google+ dan Facebook memiliki PR (Pagerank) yang sama yakni dengan nilai 9 (sembilan).

Namun catatan pentingnya ialah Facebook bukan milik Google. Maka dari itu Facebook bukanlah prioritas bagi Google. Google+ lah yang diprioritaskan oleh Google!

Nah hubungannya dengan backlink apa ya?

Sudah baca tulisan diatas secara lengkap kan? Jangan pelit2 share artikel ke Google Plus. Ketika pembaca membuka posting blog kita sedangkan posting tersebut sumbernya hasil dari Share di Google+ tentunya itu bagus banget.

Jumlah Backlink SEOKILLER

Saya pernah ngecek di salah satu tools SEO. Ditemukan bahwa backlink dari blog ini mencapai 24.000 lebih. Sebuah angka yang fantastis menurut saya.

Antara ragu dan nggak percaya, tapi sudah seharusnya saya bersyukur.

Satu lagi pesan saya untuk agan semua. Jangan pernah menggunakan tools yang merugikan blog kita sendiri. Toh backlink sudah mati. Semoga berguna.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: SEO, Tips SEO

Thanks for reading Pengertian Backlink: Cara Membuat dan Mendapatkan Backlink. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "Pengertian Backlink: Cara Membuat dan Mendapatkan Backlink"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.