Pengertian Webmaster & Tugas Seorang Webmaster Lengkap

Share:

FB Google+ Twitter

Pengertian Webmaster & Tugas Seorang Webmaster Lengkap
Matt Cutts, The Former
Head of Search Quality at Google

Sebuah blog, situs atau website yang berjalan dengan baik dari berbagai sisi tentu nggak lepas dari dinginnya tangan si webmaster.

Yang menjadi pertanyaannya adalah apa itu webmaster? Apa tugas dan fungsinya bagi situs web?

Sebelumnya kita luruskan dulu perbedaan antara blog dan website. Banyak yang belum tahu nih...

Pada dasarnya blog itulah adalah website, namun website belum tentu blog. Yang membedakan dari kedua jenis ialah blog dipergunakan untuk personal (pribadi) sedangkan website lebih dari itu.

Bisa dikatakan blog itu layaknya kamar, tempat tidur, panci, AC, kulkas dll yang ada di dalam rumah. Sedangkan "Rumah" itu adalah sebuah website. Begitulah sekiranya.

Pengertian Webmaster & Tugas Seorang Webmaster


Definisi webmaster secara umum ialah seseorang yang menciptakan dan mengelola konten dan organisasi dari suatu situs web, mengelola server komputer dan aspek pemrograman teknis dari sebuah situs web atau melakukan kedua hal tersebut.

Istilah lain dari webmaster adalah web architect, web developer, site author, website administrator, website coordinator atau website publisher yang artinya orang yang bertanggung jawab untuk menjaga suatu situs atau lebih dari satu situs.

Tugas webmaster sendiri adalah memastikan bahwa server web, hardware dan software yang beroperasi sudah berjalan dengan benar dan baik, merancang website, menghasilkan dan merevisi halaman web, membalas komentar pengguna dan memeriksa lalu lintas situs.

Sebagai aturan umum, webmaster profesional juga harus berpengalaman di bidang perangkat lunak web transaction software, payment-processing software dan security sofware.

Pada umumnya seorang webmaster itu biasanya tahu penggunaan bahasa scripting seperti ColdFusion, JavaScript, JSP, NET, Perl, PHP dan Ruby.

Mereka juga mengetahui cara setting atau mengkonfigurasikan server web seperti Apache HTTP Server (Apache) atau Internet Information Services (IIS) dan menjadi administrator server.

Namun kebanyakan peran server biasanya diawasi oleh administrator IT, sedangkan inti dari tanggung jawab Webmaster itu tidak bisa dipastikan sebab tergantung peraturan dan manajemen yang memberikan hak akses pengguna yang berbeda, baik dari situs web atau sistem manajemen konten, penampilan dan pengaturan navigasi website.

Pembuatan konten situs sendiri bukan di tulis oleh webmaster. Nah penempatan atau tata-letak konten tersebut adalah tugas seorang webmaster dimana dirinya lebih berhak untuk melakukan dan menentukan apa pun yang ingin dilakukannya.

Bagian-Bagian Tugas Seorang Webmaster

Tugas seorang Webmaster sendiri, terbagi lagi menjadi bagian-bagian penting, seperti:

  1. Web Designer: Bertugas untuk mengedit atau mengubah tampilan situs
  2. Web Programmer: Bertugas untuk mengedit atau mengubah berbagai bagian terkait bahasa pemograman, ASP, PHP, JavaScript, Ruby dan sebagainya
  3. Web Animator: Bertugas sebagai membuat, mengedit atau mengganti sebuah animasi; dan
  4. Web Administrator: Bertugas bertanggung jawab terhadap keseluruhan dari situs itu sendiri seperti mengelola, instalasi, hosting dan domain, menjaga data dalam server, mengatur keamanan (firewall), dan menentukan account, email dan password untuk penerima akses (admin).

#1. Perusahaan Besar

Terkadang seorang webmaster yang bekerja di sebuah perusahaan besar pun bisa berada di posisi puncak sebagai ketua (atau kepala) dalam membuat keseluruhan desain dan kebijakan situs perusahaan, mengatur sumber daya teknis yang diperlukan (bekerja dengan orang-orang yang menyediakan infrastruktur jaringan perusahaannya), dan mengawasi perancangan situs perusahaan (yang sering dilakukan oleh perusahaan luar).

Pada divisi dan tingkat produk, mungkin ada tambahan tugas untuk webmaster seperti mengatur dan mengembangkan konten dan pemrograman situs untuk divisi atau produk mereka.

Selain itu, ada kemungkinan upaya saling terkait untuk membuat desain, organisasi, dan konten situs untuk intranet perusahaan.

#2. Perusahaan Kecil

Di perusahaan kecil, webmaster mungkin bertanggung jawab untuk membuat situs dan meletakkannya di server perusahaan yang terpisah atau menyiapkannya di perusahaan.

Dalam beberapa kasus pun, pada perusahaan kecil - desain dan pembuatan situs dapat dilakukan oleh perusahaan lain yang bergerak di bidang desainer tampilan situs dan diberikan ke petugas webmaster. Selanjutnya petugas webmaster hanya perlu melakukan hal-hal yang dianggap penting.

Dia juga bisa saja mengedit atau mengubah; atau melakukan lebih dari itu seperti membuat atau menambahkan konten agar situs lebih mapan.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Blogger, Internet

Thanks for reading Pengertian Webmaster & Tugas Seorang Webmaster Lengkap. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "Pengertian Webmaster & Tugas Seorang Webmaster Lengkap"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.