Pengertian Webmaster & Tugas Webmaster Lengkap

Sebuah blog, situs atau website yang berjalan dengan baik dari berbagai aspek tentu tidak terlepas dari dinginnya tangan si webmaster. Yang menjadi pertanyaannya adalah apa itu Webmaster? Apa tugas dan fungsinya bagi website?

Sebelumnya mari kita luruskan perbedaan antara blog dan website. Pada pemahaman dasarnya, memang kedua ini termasuk ke Cybermedia. Yang membedakannya adalah blog itu bersifat personal sedangkan website lebih dari itu.

Pengertian Webmaster & Tugas Webmaster Lengkap

Blog selayaknya seperti kamar-kamar yang ada di dalam rumah, sedangkan rumah tersebut bisa diibaratkan sebagai website. Nah, blog adalah website, namun bukan berarti website itu adalah sebuah blog.

Pengertian Webmaster & Tugas Webmaster Lengkap


Istilah lain dari Webmaster adalah web architect, web developer, site author, website administrator, website coordinator atau website publisher, adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjaga suatu situs atau lebih dari satu situs.

Tugas Webmaster sendiri adalah memastikan bahwa server web, hardware dan software yang beroperasi sudah berjalan dengan benar dan baik, merancang website, menghasilkan dan merevisi halaman web, membalas komentar pengguna, dan memeriksa lalu lintas situs.

Sebagai aturan umum, Webmaster profesional juga harus berpengalaman di bidang perangkat lunak web transaction software, payment-processing software dan security sofware.

Pada umumnya, seorang Webmaster itu biasanya tahu penggunaan bahasa scripting seperti ColdFusion, JavaScript, JSP, NET, Perl, PHP dan Ruby.

Mereka juga mengetahui cara men-setting atau mengkonfigurasikan server web seperti Apache HTTP Server (Apache) atau Internet Information Services (IIS) dan menjadi administrator server.

Namun, kebanyakan peran server biasanya diawasi oleh administrator IT, sedangkan inti dari tanggung jawab Webmaster itu tidak bisa dipastikan sebab tergantung peraturan dan manajemen yang memberikan hak akses pengguna yang berbeda, baik dari situs web atau sistem manajemen konten, penampilan dan pengaturan navigasi website.

Meskipun pembuatan konten bukan di tulis oleh Webmaster, terkait penempatan atau tata-letak konten tersebut adalah tugas seorang Webmaster dimana dirinya lebih berhak untuk melakukan dan menentukannya.

Bagian-Bagian Webmaster


Tugas seorang Webmaster sendiri, terbagi lagi menjadi bagian-bagian penting, seperti:

  • Web Designer, Bertugas untuk mengedit atau mengubah tampilan situs
  • Web Programmer, Bertugas untuk mengedit atau mengubah berbagai bagian terkait bahasa pemograman, ASP, PHP, JavaScript, Ruby dan sebagainya
  • Web Animator, Bertugas sebagai membuat, mengedit atau mengganti sebuah animasi; dan
  • Web Administrator, Bertugas bertanggung jawab terhadap keseluruhan dari situs itu sendiri, seperti mengelola, instalasi, hosting dan domain, menjaga data dalam server, mengatur keamanan (firewall), dan menentukan account, email dan password untuk penerima akses (admin).

Semoga berguna, wassalam.*

0 Response to "Pengertian Webmaster & Tugas Webmaster Lengkap"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.