4 Penyebab Keyboard Komputer Mengalami Kerusakan

Ketika mengetik di keyboard sedangkan tangan masih basah terkena percikan air, maka itu adalah salah satu penyebab rusaknya keyboard komputer maupun laptop. Ini wajib dihindari.

Sebenarnya, merawat hardware komputer maupun laptop itu sangat mudah. Yang paling penting adalah teori atau ilmu pengetahuan kita terkait perangkat ini. Jika sudah memahaminya, maka kita juga bisa memperbaikinya dengan sangat mudah. Kalau memungkinkan, kita juga bisa membuka usaha perangkat komputer, dong :)

4 Penyebab Keyboard Komputer Mengalami Kerusakan

Pada dasarnya, cara kerja keyboard adalah meng-input atau memasukkan data ke dalam sistem operasi, baik keyboard internal maupun eksternal. Lalu, apa penyebab keyboard bisa rusak?

4 Penyebab Keyboard Komputer Mengalami Kerusakan


#1. Kotoran: Debu

Sewaktu masa SMK dulu, debu adalah "penyakit" yang paling utama dan wajib dihindari. Debu yang ada di sisi-sisi tombol keyboard menghambat proses input data yang awalnya lancar menjadi macet tak terkendali. Indikasinya sangat mudah ditemukan, seperti tombol tertekan sendiri dan salah satu tombol keyboard tidak berfungsi.

Solusinya adalah dengan membuka bagian keyboard, lalu bersihkan bagian keyboard dengan kuas mini yang lembut atau dengan tisu. Berhati-hatilah penggunaan terhadap alkohol, sebab bisa-bisa cairan alkohol jatuh ke bagian dalam perangkat.

#2. Port USB Bermasalah

Port USB yang menghubungkan keyboard komputer dengan CPU pun kadangkala pun bisa menimbulkan masalah, seperti kabel yang terpotong atau tergigit oleh tikus, atau memang sudah terlalu tua lalu rusak.

Perhatikan! Diagnosa terlebih dahulu. Ambil kabel lainnya dan coba hubungkan, apabila berfungsi maka kabel sebelumnya yang bermasalah. Apabila masih tidak bisa berfungsi juga, maka Port USB yang bermasalah.

Inilah tujuan diagnosa pada perangkat komputer apabila rusak. Dengan cara ini, kita bisa menemukan berbagai masalah yang terjadi pada PC, bukan asal menebak-nebak.

#3. Driver yang Bermasalah

Driver adalah suatu program yang menghubungkan proses kinerja antara perangkat ke sistem. Jika sewaktu-waktu keyboard bermasalah, kadangkala driver-lah penyebabnya.

Apakah sebelumnya driver pernah terdeteksi oleh virus? Lalu dengan terdeteksinya virus pada driver tersebut, kita memasukkan ke bagian Virus Chest seperti cara kerja anti-virus Avast?

Silahkan hapus driver tersebut karena memang sudah terinfeksi. Kunjungi situs atau website resmi dimana kita bisa menemukan driver tersebut dan mendownloadnya. Kalau OS kita Windows, cari di situs Microsoft atau di situs Windows.

#4. Keyboard Wireless, Baterai Melemah

Meskipun saya sendiri belum memilikinya bahkan memegangnya pun tidak pernah, teman saya pernah mengeluhkan perihal bahwa keyboardnya agak sedikit macet.

Setelah ditelusuri, ternyata daya baterai pada keyboardnya sudah mengalami penurunan daya, alias lowbat. Dikatakan bahwa kita harus selalu memperhatikan baterai ini. Jika perlu, ganti baterai sebulan sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah mengetahui berbagai penyebab kerusakan pada keyboard laptop, sudah saatnya kita untuk merawatnya secara berskala. Ingat, jika rusak jangan langsung beli yang baru. Ada baiknya untuk di diagnosa terlebih dahulu. Good luck!

0 Response to "4 Penyebab Keyboard Komputer Mengalami Kerusakan"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.