4+ Penyebab Request Time Out (RTO) dan Cara Mengatasinya

Share:

FB Google+ Twitter

4+ Penyebab Request Time Out (RTO) dan Cara Mengatasinya
Dalam beberapa kasus, ketika jaringan internet kita tiba-tiba berhenti atau mati, biasanya kita mengecek jaringan melalui PING.

Ping tersebut diakses melalui perintah Command Prompt atau CMD.

Umumnya pun, perintah Cmd dilakukan dengan 2 cara yang berbeda yakni melakukan Ping pada situs atau domain Google (ping google.com); atau langsung mengeceknya melalui alamat IP pada jaringan yang terhubung ke komputer atau laptop.

Kalau jaringan sedang error, terputus-putus; atau kadang tersambung kadang terputus pada jaringan internet, biasanya muncul kalimat "Request Time Out".

Cara Cek Request Time Out (RTO) pada Jaringan Internet

  1. Cari dan cek terlebih dahulu IP Address dari Hub/Switch atau WiFi
  2. Jika sudah, Tap tombol Windows dan R secara bersamaan (CTRL + R)
  3. Isi kata kuncinya: ping 192.168.100.1 -t
  4. Tap tombol ENTER. Ok selesai dan lihat hasilnya

Ciri-ciri jaringan internet sedang RTO adalah muncul tulisan "Request Time-Out" pada kotak Cmd. RTO sendiri dilakukan per detiknya, atau 2 detik sekali muncul pemberitahuan RTO selanjutnya.

Namun kalau tulisannya hanya "Replay from 192.168.100.1" TTL=64" maka jaringan internet baik-baik saja. Nggak bermasalah sama sekali.

Namun ingat... meski pun informasinya baik-baik saja (TTL =64) tapi koneksi internet masih tidak mau jalan, bisa jadi jaringan internet sedang di serang menggunakan Netcut, Cain & Abel, Hacking atau software lainnya oleh salah satu pengguna jaringan dalam satu ruang.

Oh iya IP Address bisa saja berbeda-beda antara satu jaringan WIFI dengan jaringan WIFI lainnya. Coba periksa dulu ya!

Penyebab Request Time Out (RTO) pada Koneksi Internet


Dari sekian banyak yang mungkin saja menyebabkan munculnya pesan peringatan RTO ini, dibawah ini ada 5 penyebab RTO pada koneksi internet yang saya tahu selama ini, diantaranya adalah:

4+ Penyebab Request Time Out (RTO) dan Cara Mengatasinya

#1. Server tidak Bisa di Akses

Perhatikan pada konfigurasi atau setting di koneksi internet. Perhatikan alamat IP apakah terbentuk secara otomatis, terbentuk automatic connection, angka di subnetmask, gateway dan lainnya.

Solusinya kita bisa meminta bantuan kepada teman kita atau orang lain bagaimana angka-angka itu terbentuk. Kita juga bisa melakukan analisa dan melakukan berbagai upaya agar RTO tidak kembali muncul dengan cara:

  1. Membuat IP manual;
  2. Meng-input Network Address pada Value;
  3. Mengubah DNS server addresss

#2. Menganalisa Hardware

Pastikan bahwa kabel LAN tidak terputus, dan apabila kabel LAN masih tampak bagus barangkali kabel di dalamnya yang putus. Kita bisa menganalisa dengan mencoba ganti dengan kabel LAN lainnya.

Perhatikan pula lampu indikator pada Hub atau Switch. Kalau punya LAN Tester yang berfungsi sebagai alat pengecek kabel LAN masih berfungsi dengan baik atau tidak, silahkan manfaatkan alat ini.

#3. Port telah di Tutup

Kita bisa mengecek dan memastikan bahwa proxy tidak dalam kondisi aktif. Atau bisa dengan memeriksa port pada Network.

#4. LAN Card Bermasalah

LAN Card kadang menimbulkan masalah yang tidak kita inginkan. Kita bisa mendiagnosa LAN card ini apakah masih bekerja atau tidak dengan menyala atau tidaknya lampu indikatornya.

Kadangkala LAN card masih baik tapi driver dari LAN card itu sendiri belum ter-install, maka dipastikan LAN card sebaik dan sebagus apapun tidak akan bekerja apabila driver-nya sendiri tidak ter-install.

Silahkan cari driver LAN card ini di situs resmi berdasarkan merek komputer dan Operation System (OS) apa yang digunakan saat ini.

#5. Alamat IP di Serang

Untuk bermain di WIFI bebas, kita harus bersiap-siap apabila alamat IP komputer atau laptop kita di serang. Untuk mengatasi masalah ini, coba untuk terlebih dahulu meng-isntall aplikasi Anti-ARP atau software penangkal serangan pada koneksi internet.

Pastikan, sebelum terhubung ke jaringan Internet, aplikasi tersebut sudah harus aktif terlebih dahulu.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Request Time Out (RTO)


Untuk mengatasi Request Time Out (RTO) agar jaringan internet menjadi stabil, cara yang bisa dilakukan ialah masih dengan metode lama yakni menampilkan Cmd di Desktop.

  1. Buka Cmd (Win dan R secara bersamaan, kata kuncinya: cmd)
  2. Masukkan perintah "ping google.com -t" tanpa tanda petik
  3. Enter saja! Muncul Cmd di background dan biarkan saja (Jangan ditutup)

Selain itu kita juga bisa melakukan restart koneksi wireless pada network yakni dengan cara:

  1. Buka Cmd seperti tadi
  2. Masukkan kata perintah: "ipconfig /release" tanpa tanda petik
  3. Enter dan lihat hasilnya

Bisa juga dengan menggunakan kata perintah "ipconfig -release" tanpa tanda petik.

Selain itu pun kita bisa menggunakan cara lain yakni Disable atau mematikan Wireless Network Connection. Pengaturannya sendiri berbeda-beda dengan berbagai OS Windows.

Yang pasti untuk melakukan Disable ini, nantinya kita akan melakukan Enable (mengaktifkan) kembali Wireless Network Connection.

Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk mengatasi Request Time Out (RTO) pada jaringan internet, bahkan tanpa mengetahui penyebabnya pun kita bisa memperbaiki RTO tersebut. Ok semoga berguna.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Internet

Thanks for reading 4+ Penyebab Request Time Out (RTO) dan Cara Mengatasinya. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "4+ Penyebab Request Time Out (RTO) dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.