Cara Mematikan Fungsi Autorun dan Autoplay di Windows 7

Share:

FB Google+ Twitter

Autorun dan Autoplay adalah suatu keadaan dimana perangkat komputer maupun laptop kita membaca suatu sistem yang berasal dari hardware eksternal, seperti harddisk, flashdisk dan lainnya.

Biasanya, setelah perangkat kita dimasukkan flashdisk, muncul sebuah kotak dialog yang bernama Autoplay. Disini kita diberi pilihan untuk mengarah ke berbagai hal seperti Windows Explorer, Media Player, Image Viewer dan lainnya. Kita bisa lihat gambar Autorun dibawah ini:

Cara Mematikan Fungsi Autorun dan Autoplay di Windows 7
Dialog Box Autorun

Nah, memang pada dasarnya fungsi Autorun dan Autoplay ini memudahkan kita sebagai user dalam menjalankan berbagai aktivitas PC. Masalahnya, melalui Autorun dan Autoplay ini pula dimanfaatkan oleh virus untuk menyerang PC kita.

Bisa dikatakan, tutorial cara mematikan fungsi Autorun dan Autoplay di Windows ini adalah salah satu tujuan untuk mengatasi dan menghindari yang namanya virus.

Cara Mematikan Fungsi Autorun dan Autoplay di Windows 7


Untuk menonaktifkan Autorun dan Autoplay di Windows 7 ini, lakukan langkah-langkah dibawah ini secara seksama.

  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
  2. Muncul kotak dialog Run, masukkan kata kunci gpedit.msc
  3. Pilih Computer Configuration
  4. Tekan tombol plus untuk memilih sub-menu Administrative Templates > Windows Components > Autoplay Policies
  5. Klik kanan pada Turn off Autoplay > Edit
  6. Ganti Disable menjadi Enable > OK sampai disini sudah selesai
  7. Apabila ada pesan untuk me-restart komputer atau pun laptop, silahkan di restart agar konfigurasi atau setting tersebut aktif.

Kasus "gpedit.msc" tidak Ditemukan

Dalam beberapa kasus, gpedit.msc mengalami error. Biasanya, dikarenakan file sudah corrupt oleh virus maupun anti-virus dibagian dalam virus-chest atau sebuah fitur yang mengasingkan file untuk diperbaiki sementara waktu.

Apabila gpedit.msc tidak ditemukan di Windows 7, maka saran saya adalah melakukan install ulang pada komputer yang digunakan.

Perlu diketahui pula bahwa proses cara mematikan fungsi autoplay dan autorun di Windows 7 ini memerlukan hak akses sebagai administrator, bukan user biasa. Semoga berguna, wassalam.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Software

Thanks for reading Cara Mematikan Fungsi Autorun dan Autoplay di Windows 7. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "Cara Mematikan Fungsi Autorun dan Autoplay di Windows 7"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.