3 Cara Mengamankan Data Penting di Komputer dan Laptop

Salah satu cara mengamankan data penting di komputer dan laptop adalah dengan menggunakan program aplikasi ant-virus untuk menjaga perangkat kita agar tidak di serang oleh virus karena pada dasarnya virus bisa merusak segala file yang ada di PC kita.

Lebih dari itu, alasan dan penyebab lain kenapa file kita perlu dijaga selain memasang anti-virus adalah rawannya file dan data kita di curi oleh orang lain. Apalagi sampai perangkat kita juga ikutan di curi, wah bisa bahaya banget dong, guys.


3 Cara Mengamankan Data Penting di Komputer dan Laptop

Untuk mengakali itu semua dan solusinya, inilah cara mengatasi, menghindari atau mengamankan data penting di komputer maupun laptop agar tidak hilang tanpa program aplikasi atau software bantuan.

3 Cara Mengamankan Data Penting di Komputer dan Laptop


#1. Memanfaatkan Hardware Eksternal

Hardware eksternal yang kita maksud kali ini adalah menyimpan data dan file di dalam harddisk eksternal dan flashdisk. Namun, menurut saya yang paling tepat adalah harddisk eksternal. Hal ini karena flashdisk sangat rawan hilang di curi.

Bagi yang belum memilikinya, silahkan di beli di beberapa toko atau situs online atau toko-toko komputer terdekat yang ada di kota Anda.

Pilihlah harddisk eksternal dengan ruang kapasitas penyimpanan yang besar agar semua file yang ingin kita simpan bisa muat seluruhnya. Perhatikan pula budget yang kita miliki, kualitas dan masa garansinya.

#2. Memanfaat Cloud Storage

Cloud Storage adalah sebuah model penyimpanan data dan file di dalam server yang dikelola oleh suatu perusahaan dan didukung dengan hosting berkapasitas besar.

Sampai saat ini, ada begitu banyak situs yang memang khusus menyediakan cloud storage ini, diantaranya adalah:

  • Google Drive
  • Dropbox
  • Box
  • TeamDrive
  • Wuala
  • SpyderOak; dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 4 Situs Media Penyimpanan Data Online Gratis & Terbaik.

#3. Menyimpan di CD/DVD Burning

Pernah dong mendengarkan atau membaca artikel cara membakar (burning) kaset CD/DVD kosong? Yap, CD/DVD kosong yang sudah "dibakar" ini bertujuan untuk menyimpan foto, data dan file penting yang kita miliki.

Kapasitasnya sendiri - yang saya tahu, berbeda-beda. Saya sendiri kurang tahu pasti, perbedaan kapasitas penyimpanan antara CD/DVD adalah untuk DVD itu sendiri sebesar 4.7 GB lebih, sedangkan CD hanya berkapasitas penyimpanan data sebesar 700 MB. Kalau salah mohon di koreksi, guys.

Jadi, dengan memanfaatkan kaset yang sudah di burning ini, seluruh data dan file yang ada akan tersusun dan tersimpan secara rapi tanpa terkena sedikit virus - kecuali apabila dihubungkan ke perangkat yang sudah terinfeksi virus.

Lebih jauh lagi, kita meng-copy kaset ini menjadi lebih banyak untuk berjaga-jaga agar data dan file lebih terjaga dan aman di tangan.

Itulah cara mengatasi, menghindari atau mengamankan data penting di komputer maupun laptop agar tidak hilang tanpa program aplikasi atau software bantuan. Good luck.*

0 Response to "3 Cara Mengamankan Data Penting di Komputer dan Laptop"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.