2 Cara Mengatasi Masalah Check Disk (CHKDSK) di Windows

Pernah sedang memainkan komputer atau pun laptop tiba-tiba ter-restart sendiri dan dialihkan ke halaman check disk? Yap, permasalahan umum bagi pengguna OS Windows, termasuk saya sendiri yang pernah mengalaminya.

Kalau berbicara penyebab masalah check disk pada Windows, sebenarnya ada begitu banyak faktor dan penyebab, biasanya file-file dukungan OS mengalami corrupt karena virus, komputer mati secara mendadak, dan berbagai hal lainya. Hal-hal seperti inilah yang membuat OS mengecek kembali sistem. Istilah ini disebut checking file system atau CHKDSK.

2 Cara Mengatasi Masalah Check Disk (CHKDSK) di Windows

Berdasarkan pengalaman saya, checking file system ini hanyalah formalitas yang dilakukan OS untuk mengecek kembali beragam data dan file yang ada di komputer kita karena sebelumnya PC mati secara mendadak. Checking file ini tidak memberikan pengaruh atau efek terhadap komputer kita. Aman, kok.

Bagi pengguna Windows yang merasa terganggu oleh startup ini, kita bisa mematikan fungsi checking file system ini dengan memanfaatkan celah command prompt (cmd).

2 Cara Mengatasi Masalah Check Disk (CHKDSK) di Windows


#1. Mengatasi Masalah Check Disk (CHKDSK) - Tutorial Pertama

Hidupkan komputer seperti biasa, apabila check disk berjalan biarkan saja sampai selesai, sedangkan apabila tidak berjalan, tetap biarkan saja sampai kita benar-benar masuk ke desktop.

  1. Klik tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka kotak dialog run
  2. Pada kotak dialog, ketik kata kunci cmd

Sampai disini ada berapa banyak partisi yang kita gunakan pada saat ini? Partisi biasanya terbagi menjadi 3 bagian, partisi C untuk menyimpan hasil data instalasi program aplikasi, sedangkan partisi D dan E untuk menyimpan dokumen pribadi.

Untuk tutorial kali ini, katakanlah kita menggunakan 3 buah partisi.

Setelah cmd terbuka, masukkan kata perintah CHKNTFS /X C: D: E: (disesuaikan dengan banyaknya partisi). Tekan tombol ENTER dan lihat hasilnya. Selesai.

Apabila hasil yang ditampilkan pada kotak RUN bertuliskan "The type of the file system is NTFS" sebanyak 3 buah kalimat (disesuaikan seberapa banyak partisi), maka proses mengatasi masalah CHKDSK di Windows berhasil dilakukan.

#2. Mengatasi Masalah Check Disk (CHKDSK) - Tutorial Kedua

Kalau tutorial pertama (diatas) tidak berhasil atau mengalami kegagalan, ikuti cara kedua dibawah ini.

  1. Buka tombol run seperti cara pertama diatas
  2. Masukkan kata perintah regedit
  3. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > SessionManager
  4. Pada folder SessionManager, klik kanan pada file BootExecute > Modify
  5. Copas kode autocheckautocheck ini di kolom Valute Data
  6. Simpan konfigurasi yang telah dilakukan, silahkan restart komputer atau pun laptop, Selesai.

Apabila kedua cara diatas mengalami kegagalan, barangkali kita salah menerapkannya. Cobalah untuk melakukannya secara perlahan-lahan, jangan tergesa-gesa. Semoga berguna, wassalam.*

0 Response to "2 Cara Mengatasi Masalah Check Disk (CHKDSK) di Windows"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.