2 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Komputer

Share:

FB Google+ Twitter

Pernah bermasalah dengan flashdisk yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca di komputer maupun laptop? Sebenarnya, apa penyebabnya? Bagian mana yang rusak, apakah software atau hardware-nya?

Flashdisk adalah hardware eksternal yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan file yang kita miliki. Dengan flashdisk pula, kita bisa berbagi file dengan teman-teman lainnya.

2 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Komputer

Namun, adakalanya sebuah flashdisk mengalami masalah atau error, salah satunya adalah ketidakmampuan komputer atau laptop untuk "membaca" flashdisk yang sudah dihubungkan ke komputer.

Inilah penyebab dan cara mengatasi flashdisk yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca di komputer maupun laptop kita.

2 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Komputer


#1. Driver USB Komputer yang Belum Terinstall

Driver memiliki peran yang sangat penting, karena dengan driver-lah sebuah perangkat keras bisa berjalan dengan semesinya. Seperti touchpad yang tidak berfungsi, maka kita harus meng-install drivernya agar touchpad bisa berfungsi.

Untuk mendapatkan driver USB ini, kita bisa mengunjungi situs atau website dari merek komputer kita. Misalnya komputer kita merek Toshiba, maka kita harus mencarinya di situs resmi Toshiba yang menyediakan driver-driver bantuan.

#2. Port USB yang Bermasalah

Port USB yang bermasalah bisa saja terjadi karena kelonggaran terhadap USB, adanya karatan dibagian kuningan port USB, kuningan yang patah atau bengkok, pin socket mengalami kerusakan, adanya kabel yang menghubungkan socket USB tidak terhubung dengan baik, adanya kotoran atau debu, disebabkan oleh virus dan flashdisk memang benar-benar rusak.

Sangat banyak penyebab mengapa flashdisk tidak mau terbaca di komputer. Ya itulah tadi, kita harus melakukan diagnosa terlebih dahulu atau mencari tahu penyebabnya kenapa, jika sudah menemukan penyebabnya, maka selanjutnya adalah perbaikan yang bisa dilakukan sebisa mungkin.

Apabila kita tidak mampu melakukannya atau memperbaikinya, silahkan bertanya ke teman yang lebih ahli di bidang IT. Yang paling penting adalah men-diagnosanya terlebih dahulu untuk memastikan kerusakan yang terjadi.

Itulah penyebab dan cara mengatasi flashdisk yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca di komputer maupun laptop kita. Apabila ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar. Semoga berguna, good luck.*

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Hardware

Thanks for reading 2 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Komputer. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "2 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terdeteksi di Komputer"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.