2 Cara Menghilangkan "Open With" ketika Komputer Dihidupkan

Meskipun saat ini sudah tersedia OS dengan versi Windows 8, 8.1 dan 10, beberapa orang masih beranggapan bahwa Windows 7 masih layak, lebih nyaman dan enak digunakan karena penggunaannya yang jauh lebih mudah.

Sebagai salah seorang yang pernah menggunakan Windows 7, kadang kita dihadapkan suatu permasalahan seperti sering munculnya kotak dialog "open with" atau jendela "open with" yang muncul secara tiba-tiba setelah restart atau komputer dan laptop baru saja dihidupkan.

Dari pengalaman saya, disini ada 2 penyebab munculnya "open with". Salah satu adanya file yang terdeteksi oleh virus namun harus menunggu "konfirmasi" agar virus tersebut bisa bekerja, sedangkan satunya lagi disebabkan karena adanya file yang bekerja secara otomatis tanpa diketahui oleh sistem. Ini yang saya tangkap.

2 Cara Menghilangkan "Open With" ketika Komputer Dihidupkan

Pada kotak dialog "open with" tersebut, biasanya ada tulisan "choose the program you want to use to open this file:" artinya, kita disuruh memilih membuka file tersebut apakah menggunakan Internet Explorer, Notepad, Paint, Windows Media Center dan lainnya.

Biasanya juga muncul sebuah nama file yang akan dibuka. Nama file ini wajib diperhatikan apabila file tersebut adalah file-file bagian dari sebuah program aplikasi atau file yang tidak diketahui.

Kotak dialog startup "open with" ini nantinya akan terbuka secara terus menerus setelah komputer atau laptop mengalami booting atau baru saja dihidupkan.

Nah, dengan alasan dan sebab terganggu, berikut inilah cara mengatasi dan menghilangkan kotak dialog atau jendela "open with" yang selalu muncul ketika komputer dan laptop dihidupkan di Windows 7.

2 Cara Menghilangkan "Open With" ketika Komputer Dihidupkan


Perlu diketahui bahwa tutorial perbaikan dan menghilangkan "open with" ini hampir sama di Windows XP bagi yang masih menggunakan XP. Untuk Win 8, 8.1 dan 10 saya sendiri belum mencobanya.

  1. Tekan tombol START > Folder Startup
  2. Cari kode atau nama file yang tertulis pada kotak dialog tersebut
  3. Apabila ditemukan, silahkan dihapus dan restart

Hati-hati dalam menghapus file ini. Kalau merasa file tersebut tidak penting dan tidak ada hubunganya dengan sistem operasi Windows, silahkan dihapus. Apabila ragu, ikuti tutorial kedua dibawah ini.

  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
  2. Masukkan kata kunci "msconfig" tanpa tanda petik > enter
  3. Pada kotak dialog System Configuration, pilih bilah menu Startup
  4. Cari nama file yang dimaksud, hapus centang OK atau hilangkan centang OK
  5. Silahkan booting PC dan selesai

Sampai disini, tutorial cara menghilangkan "open with" ketika komputer dan laptop dihidupkan sudah selesai diperbaiki. Semoga berguna.*

0 Response to "2 Cara Menghilangkan "Open With" ketika Komputer Dihidupkan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.