3 Cara Mengetahui Aplikasi Keylogger yang Terpasang di Komputer

Bagaimana cara mengetahui, mencegah dan menghindari aplikasi keylogger yang terpasang di komputer dan laptop? Itulah yang akan kita bahas kali ini.

Keylogger adalah sebuah program aplikasi yang bekerja dengan cara merekam dan menampilkan aktivitas pada perangkat PC yang sudah dipasangi oleh software ini.

Aplikasi ini sejatinya akan merekam seluruh aktivitas kita seperti ketikan apa yang kita ketik, meng-capture tampilan layar komputer dan laptop selama kita gunakan, situs atau website apa yang kita akses, dan lainnya.

3 Cara Mengetahui Aplikasi Keylogger yang Terpasang di Komputer

Keylogger sangat berbahaya bagi orang awam teknologi karena dengan apabila ada pihak tertentu yang memanfaatkan aplikasi ini, orang yang tidak bertanggung jawab tersebut bisa saja mencuri atau mengambil data yang kita miliki tanpa sepengetahuan kita.

Yang saya tahu sampai saat ini, Keylogger tidak bisa di hapus dan letaknya pun tersembunyi, tidak terdeteksi oleh sistem sama sekali kecuali kita membobolnya sendiri. Saya sendiri tidak tahu bagaimana cara membobol Keylogger ini.

Mungkin tutorial dibawah ini bermanfaat. Berikut adalah cara mengetahui, mencegah dan menghindari program aplikasi keylogger yang terpasang di komputer dan laptop orang lain.

3 Cara Mengetahui Aplikasi Keylogger yang Terpasang di Komputer


#1. Menekan Kombinasi Tombol CTRL, Shift dan ALT

Karena pada dasarnya Keylogger diciptakan untuk tidak diketahui atau tersembunyi, orang yang memasang Keylogger di komputer atau laptop akan memanfaatkan fitur akses-keylogger untuk membuka aplikasi.

Biasanya dilakukan dengan tombol kombinasi CTRL, SHIFT dan ALT yang ditambahkan dengan salah satu tombol yang ada di papan keyboard.

Tekan tombol CTRL, SHIFT dan ALT, dan tekan pula tombol F8 secara bersamaan. Apabila muncul kotak dialog yang memberi arahan untuk memasukkan password, itu menandakan bahwa perangkat PC tersebut sudah dipasang Keylogger.

Lebih dari itu, kombinasi tombol yang digunakan bukan hanya F8 semata. Bisa saja menggunakan huruf A, Z, G, simbol-simbol unik seperti |, {, >, dan angka-angka tertentu. Ini semua tergantung bagaimana si pelaku men-setting mengaksesnya.

Solusi paling Mudah:

Coba tekan tombol CTRL, SHIFT dan ALT, dan tekan semua tombol yang ada di papan keyboard. Jangan takut karena tidak ada efek sama sekali. Namun, apabila muncul sebuah pesan yang menyuruh kita untuk memasukkan password, itulah tanda bahwa Keylogger sudah terpasang di PC tersebut.

#2. Menggunakan OSK.Exe

OSK.exe adalah sebuah pilihan yang bisa kita pilih apabila langkah pertama di atas tergolong sulit atau ribet. OSK.exe merupakan on screen keyboard atau papan keyboard virtual.

  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
  2. Muncul kotak dialog RUN, masukkan kata kunci osk.exe
  3. Tada! On Screen Keyboard sudah muncul. Selesai.

#3. Menipu Oknum yang Memasang Keylogger

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah menipu atau memanipulasi si pemasang Keylogger. Ingat, Keylogger itu akan mencatat seluruh aktivitas kita, termasuk tombol apa-apa saja yang kita ketik.

Apabila ada proses memasukkan password baik itu ketika login facebook, twitter, instagram dan lainnya, masukkan password secara acak namun tetap satu tujuan.

Bingung? Begini. Jika passwordnya adalah mieudang2016, maka password yang kita pasang adalah mie2uda4ng20a16. Selanjutnya, silahkan sortir password tersebut, hapus angka atau huruf yang di rasa tidak penting seperti 2, 4, dan a. Tekan ENTER dan selamat, Anda sukses menghindari Keylogger!

KESIMPULAN

Intinya, aplikasi ini sangat berbahaya.

Jujur saja saya sendiri pernah menggunakan program aplikasi Keylogger di laptop saya. Tanpa ragu saya meminjamkan laptop saya kepada teman saya, lalu teman saya membuka facebook, twitter, instagram dan semacamnya. Alhasil, seluruh email, username dan password-nya ada di "genggaman" saya.

Hanya sekedar iseng saja, tidak merugikan teman. Sekaligus menjadikan pembelajaran bagi saya dan teman-teman saya yang terkena dampak Keylogger :) Good luck!

0 Response to "3 Cara Mengetahui Aplikasi Keylogger yang Terpasang di Komputer"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.