2 Cara Menghapus EMAIL di Android

Share:

FB Google+ Twitter

Saya yang merupakan salah satu pengguna Android, kadang begitu menyesal ketika terlalu banyak memasang email dalam satu Android. Penyebabnya karena sinkronisasi menjadi tidak teratur, terlalu banyak duplikat nomor HP dan lainnya gara-gara terlalu banyak email dalam satu HP smartphone.

Mungkin tidak masalah bagi gamers yang memiliki banyak ID atau akun game dalam satu game, misalnya clash of clans. Toh, bisa berpindah-pindah akun dalam satu HP, kan? Ini beda lagi permasalahannya, soal ketidaknyamanan banyak email dalam satu Android.

2 Cara Menghapus EMAIL di Android

Untuk bagaimana cara menghapus, mengatasi dan menghilangkan email di Android yang begitu banyak dalam satu HP Android, kita bisa melakukan 2 cara terampuh dan jitu, dan mungkin bisa dianggap paling mudah dan satu-satunya jalan.

2 Cara Menghapus EMAIL di Android


#1. Menghapus Langsung dari Perangkat

  1. Masuk ke pengaturan HP atau setelan Android
  2. Akun (Account) > Google > Preferensi akun
  3. Pilih salah satu akun, klik tombol "Menghapus Akun Google" atau "Remove Account Google"

Nantinya kita akan diarahkan ke browser resmi Google untuk melanjutkan penghapusan email ini. Namun, ada catatan penting disini:

Tutorial pertama ini mengartikan bahwa kita akan menghapus akun google tersebut selama-lamanya. Bukan menghilangkannya sementara, melainkan menghapusnya secara permanen.

Semua data dan file yang tersimpan di akun google ini akan menghilang. Aplikasi-aplikasi yang menggunakan akun google ini juga menghilang, misalnya penyimpanan game clash of clans yang hilang, blogger (web blog) yang juga turut menghilang, no HP, dan semua layanan Google akan menghilang.

#2. Hard Reset atau Factory Reset

Istilahnya hard reset atau factory reset, kalau di Indonesia-kan artinya mengembalikan ke setelan pabrik atau pengaturan pabrik. Sama seperti kita membeli Android baru, semua aplikasi yang ter-install di Android akan menghilang semuanya, itu pun termasuk nomor HP yang hilang, SMS, foto, video, file dan data penting, dan lainnya.

Tapi itu bukan masalah, dong. Karena dengan cara tutorial kedua ini, kita MENGHILANGKAN akun google mail tersebut dari perangkat Android kita. Bukan menghapusnya secara permanen seperti tutorial pertama diatas.

Yang paling penting, kalau mau menempuh cara hard reset atau factory reset ini, pastikan data dan file penting kita sudah diselamatkan terlebih dahulu. Bisa kita pindahkan ke komputer, laptop, harddisk eksternal, flashdisk dan lainnya agar tidak ikut terhapus.

Hard reset atau factory reset smartphone itu berbeda-beda caranya, Lenovo dan Samsung saja berbeda, apalagi seperti Xiaomi, Apple, Nokia, Blackberry, Asus, Oppo, LG dan sebagainya.

Itulah cara menghapus, mengatasi dan menghilangkan email di Android yang begitu banyak dalam satu HP Android dengan mudah namun penuh konsekuensi dan perhitungan. Hehe. Semoga berguna, guys.*

Hanya blogger biasa.

Labels: Android

Thanks for reading 2 Cara Menghapus EMAIL di Android. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "2 Cara Menghapus EMAIL di Android"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.