2 Cara Mengambil Gambar (Screenshoot) pada Layar Komputer

Cara mengambil screenshoot, capture, print screen, mengambil gambar, download, save atau menyimpan gambar di layar komputer dan laptop dengan mudah.

Istilah utamanya adalah screenshoot atau print screen, yakni dimana proses kita mengambil gambar pada suatu aktivitas yang kita lakukan pada layar komputer maupun laptop yang digunakan.

Jika pada saat ini kita sedang bermain game dan menggunakan beberapa trik mengambil gambar pada layar (yang akan dibahas), pada saat itu pula kita akan mendapatkan gambar sesuai dengan apa yang kita inginkan. Lebih dari itu, kita juga bisa screenshoot pada tampilan situs, web blog atau website, layar desktop dan lainnya.

2 Cara Mengambil Gambar (Screenshoot) pada Layar Komputer
Contoh capture seluruh tampilan website
dengan kualitas asli yang memuaskan (Tutorial Kedua).

Beberapa pengguna PC pasti sudah fasih dan tahu bagaimana cara mengambil screenshoot, namun beberapa diantaranya masih belum paham. Maka dari itu, berikut ini adalah cara mengambil screenshoot, capture, print screen, mengambil gambar, download, save atau menyimpan gambar di layar komputer dan laptop.

2 Cara Mengambil Gambar (Screenshoot) pada Layar Komputer


#1. Tutorial Mudah Mengambil Screenshoot tanpa Software

  1. Silahkan tentukan posisi kita saat ini pada layar komputer atau laptop
  2. Jika sudah, tekan tombol PrtSc/SysRq atau Print Screen pada tombol keyboard, atau bisa juga menekan tombol kombinasi ALT dan PrtSc
  3. Buka tools Paint (Windows > All Programs > Accessories > Paint)
  4. Tekan tombol kombinasi CTRL dan V secara bersamaan di ruang putih pada Paint
  5. Simpan dan kini sudah selesai

Untuk tutorial pertama ini, apabila dimungkinkan, silahkan di edit lagi gambar tersebut agar tampilannya lebih bagus dan membuang bagian-bagian (crop) yang tidak penting, bisa menggunakan Photoscape atau Photoshop.

#2. Tutorial Capture Layar Komputer dengan Ekstensi Google Chrome

Dari sekian banyak tools atau ekstensi mengambil screenshoot pada web blog atau situs, menurut saya yang terbaik diantara yang paling terbaik adalah Full Page Screen Capture.

Tools ini bisa kita download secara gratis di ekstensi google chrome. Setelah selesai di download, maka tools siap di pasang dan digunakan pada chrome.

  1. Scroll halaman web blog atau situs sampai ke bawah
  2. Tekan tombol atau icon Full Page Screen Capture yang muncul di bilah sisi kanan bagian atas google chrome
  3. Secara otomatis, aplikasi ini akan bekerja mengambil gambar secara menyeluruh
  4. Download dan simpan, selesai

Download Full Page Screen Capture - Chrome Web Store.

Perhatikan pula untuk menggunakan ekstensi ini, kita wajib mengarahkan layar komputer pada bagian terbawah dari suatu halaman web blog atau situs. Kemudian tekan tombol FPSC, screenshoot pun berjalan.

Aplikasi ini berfungsi mengambil gambar (screenshoot) secara menyeluruh atau total dari bagian bawah sampai ke bagian atas, bukan pada bagian-bagian tertentu. Hasilnya pun cukup memuaskan dan ukuran file gambarnya pun sangat besar, tergantung kualitas tampilan dari halaman web blog atau situs yang di screenshoot.

KESIMPULAN

Sebenarnya masih ada banyak program aplikasi yang mendukung menyimpan gambar di layar komputer, Spining Tool adalah salah satunya. Menurut saya ini tidak bagus, toh kita harus men-download lagi aplikasinya.

Itulah cara mengambil screenshoot, capture, print screen, mengambil gambar, download, save atau menyimpan gambar di layar komputer dan laptop. Semoga berguna, wassalam.*

0 Response to "2 Cara Mengambil Gambar (Screenshoot) pada Layar Komputer"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).