Efek Mengedit Posting Blog bagi SEO Mesin Pencari

Adakalanya kita ketar-ketir ketika kalah bersaing dengan blog lain di mesin pencari. Padahal, sejak awal pembuatan artikel, segala teknik penulisan seo friendly yang kita ketahui selama ini sudah kita terapkan di dalam posting blog tersebut.

Dalam kasus ini, katakanlah kita gagal bersaing. Lantas, kita mengedit, mengubah dan mengganti isi artikel posting blog tersebut dengan tujuan agar bisa memenangkan SERP lebih baik. Dimana pun, termasuk mengubah judul artikel itu sendiri.

Efek Mengedit Posting Blog bagi SEO Mesin Pencari

Permasalahannya adalah apa dampak dan efek mengedit, mengubah dan mengganti isi artikel posting blog? Apakah berhubungan dengan hasil SERP nantinya? Itulah yang akan kita bahas kali ini.

Efek Mengedit Posting Blog bagi SEO Mesin Pencari


Ini berdasarkan pengalaman blogging saya. Beberapa bulan lalu saya mengikuti kontes seo. Bukan soal hadiahnya yang menggiurkan, melainkan membuktikan seberapa kuat blog seo killer ini bersaing dengan blog papan atas lainnya.

Tepat 4 hari kontes seo resmi diresmikan, saya langsung menulis seperti biasa. Apa yang terjadi setelahnya? Artikel saya berada di halaman kedua, urutan ke 8. Jujur, ini sangat mengecewakan. Padahal, seluruh teknik penulisan posting berdasarkan SEO sudah saya terapkan.

Karena saya pikir mungkin setelah artikel di edit bisa menghasilkan hasil yang lebih memuaskan, saya mencoba mengubahnya. Nah ternyata, artikel yang awalnya berada di halaman ke - 2 malah terlempar ke halaman ke - 9 dan tepat di urutan ke - 9 pula. Kok bisa? Ya, inilah yang terjadi.

Ingat juga kalau pada kondisi ini saya sedang berada di kontes seo, jadi untuk menulis pun harus benar-benar tepat untuk memasangkan berbagai teknik penulisan berdasarkan seo friendly seperti boyd keyword, head keyword, long tail keyword, internal dan eksternal link dan sebagainya telah dioptimalkan sebisa mungkin.

Disini bisa disimpulkan bahwa apabila artikel kita mengalami perubahan baik dari sisi judul, isi maupun mengganti keyword, maka mempengaruhi hasil pencarian yang malah tidak memuaskan sama sekali. Sudah tidak sesuai harapan, di edit, malah menjadi lebih-lebih tidak memuaskan.

Ini pengalaman pribadi saya ketika mengikuti kontes seo.

TAMBAHAN

Sebagai tambahan, ada baiknya apabila sebelum mempublikasikan artikel yang kita buat, coba perhatikan apakah keyword-keyword yang kita pasang sudah sesuai apakah benar, tepat atau tidak sama sekali.

Pernah mengalami masalah seperti ini? Kalau tidak sesuai dengan apa yang saya alami, dengan kata lain beda nasib artikel Anda malah menduduki peringkat yang lebih baik, yuk berbagi pengalaman di kolom komentar dibawah ini.*

2 Responses to "Efek Mengedit Posting Blog bagi SEO Mesin Pencari"

  1. Sama seperti aku gan,tapi artikel ku setelah aku edit jeblog urutannya dan ada juga yang naik pgenya ke hal1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah search engine, susah di tebak mbak. Kadang peringkat naik, kadang ranking pun anjlok :)

      Delete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.