2 Kesalahan saat Mematikan Komputer dan Laptop

Memiliki sebuah perangkat komputer maupun laptop bukan hanya digunakan lalu di tutup begitu saja, sebab kita juga perlu merawatnya agar tetap bekerja dengan semestinya dalam jangka waktu yang sangat lama.

Nah, terkait dalam merawat komputer, salah satunya adalah ketika kita mematikan komputer dan laptop ini apakah caranya benar atau tidak. Kalau salah, bisa-bisa hardware mengalami masalah yang serius.

2 Kesalahan saat Mematikan Komputer dan Laptop

Biasanya, orang yang baru saja membeli dan memiliki komputer baru tidak tahu betul tata cara mematikan PC. Untuk lebih jelasnya, inilah 2 kesalahan saat mematikan komputer dan laptop sehingga membuatnya menjadi mudah rusak - yang sering terjadi.

2 Kesalahan saat Mematikan Komputer dan Laptop


#1. Menekan Tombol Power ON-OFF

Menekan tombol power ON dan OFF memang berfungsi menghidupkan dan mematikan komputer, namun untuk mematikannya harus ada kejelasan yang tepat, misalnya komputer macet, hang, tersangkut, dsb. Ini pun sangat jarang terjadi apabila RAM sudah Full sehingga memberatkan kinerja PC.

Nah, kalau memang sedang terburu-buru dan tidak sabar menunggu, lalu mematikan PC tanpa sebab, kita akan mengalami kerugian yang sangat banyak, misalnya seperti:

  1. Perangkat keras (hardware) mengalami kerusakan karena komputer atau laptop mati mendadak, terutama di bagian harddisk atau mainboard
  2. Banyak kinerja yang belum tersimpan atau ter-save seperti di Microsoft Word, Excel, Power Point dsb

Pada kasus pertama ini, ada juga yang langsung mematikan PC dengan cara mencabut kabel power yang terhubung ke colokan listrik. Resiko kerusakannya juga cukup parah, yakni harddisk mengalami "terkejut".

#2. Menghidupkan lalu Mematikan secara Langsung

Pernah mencoba menghidupkan komputer atau laptop lalu tiba-tiba dimatikan secara mendadak dengan alasan tertentu? Apa yang terjadi? Biasanya, proses shutdown akan mengalami proses yang sangat lama dari biasanya.

Hal ini dikarenakan sistem operasi belum keadaan siap untuk dimatikan, saat itu sistem sedang membuka dan membaca seluruh data dan file yang ada di komputer kita.

Solusinya apabila dalam kondisi seperti ini, tunggulah semua shortcut yang ada di desktop sampai muncul semuanya. Apabila sudah, silahkan matikan komputer seperti biasa.

Itulah 2 kesalahan saat mematikan komputer dan laptop yang sering terjadi sehingga membuatnya menjadi lebih mudah rusak. Semoga berguna, good luck.*

0 Response to "2 Kesalahan saat Mematikan Komputer dan Laptop"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.