7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Pengertian Touchpad atau Trackpad, bahasa Indonesianya adalah "bantalan sentuh", adalah peranti penunjuk, kapasitif sensor atau konduktansi penginderaan yang berfungsi menerjemahkan gerakan dan posisi jari penggunanya dari suatu posisi ke posisi lainnya pada layar laptop.

7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi
Touchpad / Trackpad Eksternal

Dalam beberapa kasus, trackpad laptop mengalami kerusakan. Penyebabnya pun sangat banyak, diantaranya adalah:

  • Perangkat laptop terserang virus
  • Adanya debu atau kotoran yang menyelinap di area dalam touchpad
  • Driver touchpad belum ter-install dengan baik karena file ter-corrupt oleh virus atau driver tidak sesuai
  • Hardware touchpad yang sudah mengalami rusak
  • Touchpad yang berminyak sehingga sulit untuk digunakan; dan
  • Masih banyak lagi penyebab kerusakan atau error pada touchpad laptop.

Apabila mengalami hal-hal demikian, tahap pertama kalinya yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mendiagnosa kerusakan terlebih dahulu. Apakah touchpad rusak atau memang ada yang tidak beres.

Inilah cara mengatasi dan memperbaiki touchpad laptop yang tidak aktif, trackpad yang tidak berfungsi, mati dan tidak bisa di klik, di tap atau di ketuk.

7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi


#1. Diagnosa Kerusakan

Ini adalah langkah pertama yang wajib kita lakukan terlebih dahulu. Kita harus mendiagnosa terlebih dahulu untuk menemukan dan memastikan kerusakan apa yang terjadi pada touchpad.

Diagnosa ini sifatnya sangat luas. Kita harus mengecek dengan cara melihat apakah driver touchpad sudah ter-install, membuka laptop dan melihat touchpad apakah ada debu atau kotoran yang tersangkut sehingga touchpad tidak berfungsi, dan tindakan diagnosis lainnya.

#2. Download dan Install Driver Touchpad (Trackpad)

Setelah mengecek (diagnosa) apakah driver touchpad sudah ter-install atau belum, dan Anda menemukan bahwa driver touchpad belum ter-install, silahkan download dan install driver touchpad.

  • ACER : http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers
  • Toshiba : http://support.toshiba.com/drivers
  • ASUS : http://support.asus.com/download
  • Apple : https://support.apple.com/en_US/downloads
  • DELL : http://www.dell.com/support/home/us/en/19/Products/?app=drivers
  • VAIO : http://esupport.sony.com/p/select-system.pl?DIRECTOR=DRIVER
  • AXIO : http://drp.su/drivers/notebooks/?v=AXIOO&l=en

Beberapa kasus, driver sudah ter-install namun touchpad masih tidak berfungsi. Ada 2 kemungkinan, yakni laptop terserang virus sehingga mengubah konfigurasi trackpad pada sistem.. Atau driver sudah terinstall namun sudah corrupt yang disebabkan oleh virus.

Solusinya adalah scanning laptop dengan anti-virus, setelah itu hapus driver touchpad dan install kembali. Silahkan download driver yang diinginkan pada beberapa alamat website yang sudah tertulis di atas.

#3. Mengatasi Touchpad tidak bisa di Klik atau di Tap

Untuk tutorial ketiga ini, sebenarnya saya tidak pernah mengalaminya. Namun, saya sering mematikan fungsi mouse laptop dimatikan untuk kebutuhan ketika mengedit sebuah edit video.

Kita tidak pernah tahu, mungkin kita sendiri yang secara tidak sengaja mengubah setting pada mouse laptop. Solusi perbaikannya sangat mudah, yakni:

  1. Arahkan pointer mouse ke Taskbar dibagian kanan bawah
  2. Klik kanan pada icon mouse > centang OK pada "Tap to Click"

Tutorial ketiga ini berlaku untuk Windows 7.

#4. Menekan Kombinasi Tombol Fn

Sebagai salah satu siswa tamatan SMK, seringkali laptop-laptop kita dijahili oleh teman sekelas, salah satunya adalah membuat mouse laptop mati dan tidak berfungsi.

Solusi perbaikan mouse laptop yang tidak berfungsi adalah dengan cara menekan tombol FN dan F7 secara bersamaan. BERES. Perhatikan, tombol-tombol aktif & non-aktif ini berbeda-beda, tergantung jenis atau merek laptop. Sesuaikan saja dengan logo-logo yang ada pada tombol F1 sampai dengan F12.

#5. Setting Control Panel Mouse Laptop

Pada dasarnya, virus bekerja dengan cara bukan hanya menghancurkan, merusak atau menghapus file dan data yang ada di komputer maupun laptop. Kadang, virus pun dibuat untuk mengubah berbagai konfigurasi atau settingan default pada sistem operasi Windows yang kita gunakan.

  1. Buka Control Panel > Hardware and Sound > Mouse
  2. Pada tab Mouse Properties, pilih sub-menu Device Settings
  3. Ubah Disable menjadi Enable
  4. Apply dan OK

#6. Membersihkan Touchpad dari Debu dan Kotoran

Laptop juga perlu di rawat. Hati-hati dalam membuka casing laptop karena pengunci-nya sangat rentan patah. Kalau perlu, tonton video di youtube tentang cara membuka casing laptop atau membongkar-pasang laptop.

Jika sudah, bersihkan beberapa bagian yang berhubungan dengan trackpad laptop. Gunakan kuas yang lembut ya, guys. Kalau takut kenapa-napa, silahkan suruh buka kepada teman-teman yang lebih paham cara membongkar laptop.

#7. Membeli Touchpad Baru

Nah, kalau dari sekian banyak tutorial diatas satu pun tidak ada yang berhasil, sudah saatnya untuk di bawa ke tempat service komputer dan laptop. Tanyakan kepada ahlinya, perbaiki segera.

Kalau sudah mengikuti ke - 6 tutorial diatas namun masih gagal, jangan ragu untuk membeli touchpad yang baru, toh kita sendiri sudah mencoba memperbaikinya. Lagi pula, diagnosa pun sudah dilakukan.

Tutoral diatas untuk Windows XP, 7, 8, 8.1 dan 10. Beberapa diantaranya tidak sesuai karena sistem OS mengalami perkembangan dan perubahan pada tampilan. Harap disesuaikan, ya.

Itulah cara mengatasi dan memperbaiki touchpad laptop yang tidak aktif, trackpad yang tidak berfungsi, mati dan tidak bisa di klik, di tap atau di ketuk. Semoga berguna, good luck, guys!

0 Response to "7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.