Pengertian & Tujuan Diagnosa dalam Teknologi (Teknik Informatika)

Dalam pelajaran ilmu pengetahuan teknologi, kita akan dihadapkan dengan berbagai materi yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan teknik informatika, seperti memahami solusi, penyebab dan cara mengatasi berbagai kerusakan pada komponen komputer maupun laptop.

Nah, sebelum memutuskan apakah kerusakan itu memang benar-benar rusak atau adanya penyebab lain, maka langkah pertama yang diambil adalah mendiagnosa terlebih dahulu, lalu memutuskan, sehingga pada akhirnya diperbaiki.

Pengertian & Tujuan Diagnosa dalam Teknologi (Teknik Informatika)

Pengertian Diagnosis dalam Medis

Dalam medis, kita seringkali mendengarkan istilah diagnosis. Pengertian diagnosis dalam medis adalah identifikasi mengenai sesuatu. Diagnosis digunakan dalam medis, ilmu pengetahuan, teknik, bisnis, dll. (Wikipedia).

Nah, istilah diagnosis pun bukan hanya digunakan untuk medis, untuk teknologi pun juga digunakan. Inilah pengertian diagnosis, istilah diagnosa, tujuan, fungsi dan manfaat diagnosa dalam ilmu pengetahuan teknik informatika.

Pengertian & Tujuan Diagnosa dalam Teknologi (Teknik Informatika)


Diagnosa atau diagnosis adalah sebuah proses melakukan pemeriksaan terhadap perangkat teknologi dengan cara dan teknik tertentu yang telah disesuaikan.

Diagnosa ini bertujuan untuk mencari, menemukan dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi, seperti kerusakan pada suatu komponen hardware maupun software yang kita miliki.

Contoh Diagnosa dalam Teknologi

Suatu ketika terjadi kerusakan pada sound pada laptop, dimana suara laptop tidak keluar, hilang, suara kecil, atau memang benar-benar suaranya hilang.

Mungkin, beberapa diantara kita langsung mem-vonis bahwa hardware yang berkaitan dengan sound mengalami kerusakan sehingga kita membeli yang baru. Padahal, sebenarnya kita bisa melakukan diagnosa terlebih untuk memastikan kerusakan apa yang terjadi.

Dengan melakukan diagnosa, kita bisa memecahkan masalah apakah memang hardware-nya yang rusak atau driver instalasi sound yang terserang virus sehingga menyebabkan sound tidak mengeluarkan suara.

Lebih dari itu, pesan Beep yang muncul ketika komputer booting pun bisa dijadikan acuan untuk memastikan kerusakan apa yang terjadi. Masih banyak lagi pesan-pesan error yang bisa saja muncul.

KESIMPULAN

Dalam ilmu pengetahuan teknik komputer dan jaringan, diagnosis ini sangat berperan penting karena dia mampu memecahkan suatu masalah. Kita juga bisa menghemat uang apabila kondisinya seperti contoh kasus diatas.

Itulah pengertian diagnosis, istilah diagnosa, tujuan, fungsi dan manfaat diagnosa dalam ilmu pengetahuan teknik informatika. Semoga berguna, wassalam.*

0 Response to "Pengertian & Tujuan Diagnosa dalam Teknologi (Teknik Informatika)"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.